Minggu, 24 Desember 2017

Cara merawat Rumah agar lebih menarik

Didunia property rumah yang kurang menarik, cenderung akan jatuh harga sewa dan atau harga jual nya jika dilihat oleh konsumen property. Jika rumah selalu tampil kinclong, orang melihat pun akan menjadi tetap menarik.

Rumah yang terawat dan menarik juga akan berpengaruh pada rejeki dan kenyamanan dari sang pemilik rumah.

Menurut pendapat saya ada 2 faktor yang dapat menyebabkan Rumah yang ditempati menjadi Rusak, yaitu :



  1. Faktor Internal
    Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam Bangunan itu sendiri. Misalkan, bentuk bangunan, susunan masa bangunan, sirulasi udara, pencahayaan, 
  2. Faktor Eksternal
    Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar bangunan, misalkan : Faktor Cuaca, Rayap, listrik PLN, dan post mayor ( bencana alam )
Cara merawat Rumah agar lebih menarik


Misalkan dalam bangunan terdapat banyak rayap, maka yang akan cepat rapuh adalah segala fungsi media yang berbentuk Kayu, kusen, jendela dan lemari. Begitu juga dengan cuaca, ruangan yang kekurangan pencahayaan dan sirkulasi udara akan berdampak pada kelembaban ruangan dan kemungkinan akan bisa berjamur pada dinding dan plafond. Nah , dibawah ini saya simpulkan beberapa cara merawat rumah agar lebih menarik : 

  • Membuat jadwal pembersihan rumah secara berkala
    dengan membuat jadwal berkala, pemilik rumah dengan keluarga kecilnya bergotong royong untuk melakukan general cleaning , misalkan setiap sebulan sekali, dan usahakan diambil setiap minggu pertama awal bulan.
    Selain menjaga dan merawat rumah kegiatan ini juga akan menjada kekompakan team dalam rumah tangga, Suami istri dan anak anak.
    .
  • Membuka jalur jalur sirkulasi udara dan cahaya secara berkala.
    Misalkan dirumah ada jendela dan ventilasi yang jarang dibuka karena menggunakan AC, maka sebaiknya jalur sirkulasi udara dan cahaya dibuka secara los, untuk mengurangi tumbuhnya jamur dalam dinding rumah.
    .
  • Penyemprotan anti termit ( anti rayap ) setahun sekali
    Nah hal ini sangat jarang saya lihat dilakukan dirumah pribadi, semua jenis kayu yang ada di dalam rumah anda adalah makanan empuk bagi sang rayap. Rayap bisa berupa, pemakan kayu, kecoa, tikus, semut dan yang lainnya.
    .
  • Cat Ulang secara berkala
    Pengecatan ulang secara berkala sangat berpengaruh kepada keindahan bangunan rumah, bisa anda lakukan untuk di dalam ruangan dengan Cat Wheater Shield. Ubah sesekali warna ruangan anda sesuai dengan warna yang anda inginkan.
    .
  • Tempatkan Barang-barang yang tidak terpakai di sebuah ruangan khusus ( gudang )
    Pemindahan barang barang yand tidak anda pakai akan sangat berpengaruh pada penglihatan mata anda. Semakin sedikit barang yang ada dalam ruangan, semakin enak mata memandangnya.
    .
  • Amankan sambungan Listrik
    Maksud dengan amankan sambungan listrik adalah, usahakan dalam ruangan agar tidak ada di stop kontak tersebut terdapat cuk t dengan banyak aliran kabel keluar. Selain untuk keindahan, hal ini juga bertujuan untuk mencegah korsleting listrik dan juga akan dapat mencegah kebakaran.
    .

Mudah - mudahan dari enam cara merawat rumah diatas dapat membantu Bangunan rumah tinggal yang anda tempati sekarang ini menjadi lebih menarik dan lebih terawat.

Cara merawat Rumah dan tips : 

  1. Tips Merawat peralatan rumah tangga 
  2. Tips membersihkan Toilet rumah


Kami sangat mengharapkan masukan, mungkin ada yang kelupaan, silahkan tulis di kolom komentar ya, ... Indahnya berbagi ...

Related Posts

Cara merawat Rumah agar lebih menarik
4/ 5
Oleh