Ibu kota negara pindah keluar pulau Jawa

Apa kaitannya dunia properti dengan Ibu kota negara pindah ke luar pulau Jawa , Tentu Peta pergerakan properti / real estate di Indonesia akan mengalami pergeseran pelan pelan ke tempat Ibu kota pemerintahan yang baru. Masih menjadi bahan perbincangan , kota mana di Kalimantan yang akan menjadi Ibo kota negara Indonesia.

Perpindahan Ibu Kota dan perangkat pendukungnaya tersebut sudah pasti akan mendorong peningkatan permintaan hunian di luar Jawa, terutama pada kota tujuan Ibu Kota baru.

Ibu kota negara pindah keluar pulau Jawa

Ibu kota negara pindah keluar pulau Jawa
Ibu kota negara pindah keluar pulau Jawa

Adapun berdasarkan pemaparan Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, ada empat kandidat wilayah Ibu Kota baru di dua daerah di Kalimantan Tengah dan Timur yang masih belum ditentukan, yakni Palangkaraya, Bukit Soeharto, Tangkiling, serta Pulang Pisau.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun lalu menyebutkan bahwa kontribusi Kalimantan 8,2 persen dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 3,91 persen.

Adapun untuk kriteria penentuan lokasinya pertama adalah Ibu Kota diharapkan berada di lokasi strategis yang berada di tengah wilayah Indonesia. Kemudian, wilayah yang memiliki lahan luas milik pemerintah BUMN perkebunan untuk mengurangi biaya investasi dan aman dari bencana. Selain itu, juga harus minim konflik sosial dan memiliki budaya terbuka untuk menerima pendatang dan perubahan.

Kemana Ibu kota negara akan pindah ?


Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan bahwa kota di Kalimantan menjadi lokasi yang cocok jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) benar-benar menginisiasi rencana pemindahan ibu kota.

Ali menjelaskan ada beberapa alasan yang membuat kota di Kalimantan cocok sebagai lokasi ibu kota baru.
Aman dari jalur gempa
Aman dari jalur gempa

Indonesia akan memiliki kota pemerintahan dan kota bisnis yang terpisah seperti Amerika Serikat (AS) dan China apabila ibu kota negara jadi berpindah. Namun, ia menyoroti biaya yang harus dikeluarkan jika pemerintah hendak berpindah rumah.

"Jakarta pasti tetap sebagai kota bisnis. Yang harus dipikirkan masalah biaya yang sangat tinggi dan pembentukannya harus terencana dengan baik. Jangan seperti Jonggol yang berhenti di tengah jalan," ungkapnya kepada Liputan6.com,

Kalimantan dari geografis cukup bagus karena ada di tengah-tengah (Indonesia) sekaligus untuk pemerataan di kawasan timur. Kondisinya juga tidak rawan gempa karena tidak dilalui patahan.

Jokowi memiliki pertimbangan tersendiri sehingga menolak ibu kota tetap di Jakarta atau dipindahkan di sekitar Pulau Jawa. Jakarta atau Pulau Jawa disebut sebagai kawasan rawan macet dan banjir. "Ada pencemaran yang berat juga. Ini di Pulau Jawa, sungai-sungai di Pulau Jawa merupakan 10 sungai yang paling tercemar di dunia," ujarnya.



Negara yang sudah sukses memindahkan pusat pemerintahannya

Memindahkan pusah pemerintahan suatu negara tidak lah gampang, banyak unsur yang harus dipenuhi selain dari segi keuangan. Berikut ini negara negera yang sudah sukses memiliki Ibu kota negara yang baru :


  • Myanmar - Dikutip dari BBC, penguasa militer Myanmar memindahkan ibukota 320 km (200 mil) utara dari Rangoon (Yangon) pada 2005, ke sebuah situs yang saat itu tidak dibangun secara resmi dinamai tahun berikutnya sebagai Naypyidaw.
  • Brasil - Brasil merampungkan kota yang dibangun dengan tujuan khusus dan terletak di pusat, yakni Brasilia. Brasilia dibangun untuk menggantikan Rio de Janeiro sebagai ibu kota pada 1950-an.
  • Tanzania - Masih dari BBC, ibu kota baru Tanzania, Dodoma diselesaikan pada pertengahan 1980-an oleh arsitek AS James Rossant.  Transisi tidak selalu dianggap berhasil. Ketika majelis nasional dalam sesi itu masih berada di Dodoma, sebagian besar kementerian pemerintah berikut kedutaan asing  tetap di ibukota lama Dar es Salaam.
  • Afrika Selatan - DIkutip dari Mental Flos, Afrika Selatan memindahkan pusat pemerintahannya di tiga ibu kota. Pretoria berfungsi sebagai ibu kota administrasi negara, sementara pengadilan berada di ibu kotanya sendiri, Bloemfontein. Cape Town bertindak sebagai ibukota legislatif Afrika Selatan. Tiga ibu kota adalah peninggalan Afrika Selatan pada tahun 1910.  Empat koloni yang sebelumnya terpisah berkumpul untuk membentuk serikat, tetapi mereka tidak bisa berhenti bertengkar tentang mana yang akan mendapatkan modal. Untuk menyelesaikan argumen itu, tiga dari empat koloni mendapat ibukota masing-masing, sementara koloni keempat, Natal, mendapat kompensasi uang tunai untuk hal-hal yang nyata.
  • Pantai Gading - Negara yang sebelumnya dikenal sebagai Pantai Gading telah melihat sejumlah ibu kota sejak zamannya sebagai koloni Perancis, tetapi pada tahun 1933, Abidjan menjadi pusat pemerintahan. Sikap pemerintah setempat ini masuk akal mengingat Abidjan adalah kota terbesar di negara ini dan pusat ekonomi utama. Namun, pada tahun 1983, Presiden Felix Houphouet-Boigny memutuskan mungkin Abidjan bukan pilihan terbaik dan memindahkan ibu kota ke Yamoussoukro, tempat ia menghabiskan 300 juta dollar untuk membangun gereja terbesar di dunia.



  • Sumber berita : 

    Belum ada Komentar untuk "Ibu kota negara pindah keluar pulau Jawa"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel