Panduan menjadi properti agen pemula Bali

Menjadi Broker properti tidak lah segampang yang dibayangkan, dan tidak juga terlalu sulit untuk dikerjakan. Banyak agen properti freelance yang bekerja asal asalan, dan resiko nya , kena tikung oleh agen / broker yang lebih ahli atau yang lebih senior . Sikap hati hati dalam dealing properti / real estate sangat lah diperlukan, ke absahan dokumen properti, surat surat pendukung lainnya sangat diperlukan dalam menjalankan usaha properti agen.

Banyak yang tertarik untuk menjadi agen properti. Karena selain minim modal (atau bahkan tanpa modal sekalipun), menjadi agen properti juga bisa dilakukan oleh siapa saja, asal ada niat dan tekun menjalankannya. Menjadi agen properti memang bisa dibilang gampang-gampang susah, namun hasil yang akan didapat lumayan banyak. Komisi yang akan didapatkan oleh seorang agen properti biasanya adalah sebesar 2% dari harga jual properti. Misalnya jika Anda mampu menjual rumah seharga 500 juta, maka komisi yang akan Anda dapatkan adalah 10 juta. Lumayan bukan? Bagaimana jika Anda menjual rumah seharga 1 milyar? Wah, pasti komisi yang akan Anda dapatkan juga lebih banyak.

Apa itu Properti Agen


Properti agen / Broker / Maklar : Adalah Orang / perorangan / Badan usaha / Perusahaan properti yang menghubungkan antara pemilik properti / Rumah / tanah dan Pembeli / pemilik Uang / dana untuk melakukan transaksi Jual Beli, dan atas jasa nya properti agen diberikan imbalan prosentase, besaran prosentase tergantung kesepakatan antara properti agen dengan pemilik properti / penjual. Bisa jadi besaran prosentase antara 1 % sampai dengan 5 % dari harga jual properti / real estate tersebut.

Berikut ini merupakan prosentase deal transaksi jual-beli-sewa rumah, tanah, apartemen, ruko,gudang, dan semua jenis properti lainnya. Broker/Agen properti bersertifikat biasanya perusahaan menetapkan standar komisi yang pasti, yaitu :


  • Komisi 3% untuk harga properti = 0 – 1 Milyar.
  • Komisi 2,5% untuk harga properti = 1- 3 Milyar.
  • Komisi minimal 2% untuk harga jual lebih besar dari 3 Milyar
  • Komisi 5% untuk untuk sewa dan kontrak properti.


Jika Anda ingin menjadi agen properti perorangan, Anda bisa memulainya dengan mencari rumah yang dijual dan menawarkan diri kepada pemilik rumah untuk menjadi makelar atau agen untuk rumah yang dijual tersebut. Lakukan kesepakatan dengan pemilik rumah terkait harga jual rumah dan komisi yang akan Anda dapatkan jika Anda mampu mendapatkan pembeli untuk rumah tersebut. Jika sudah deal, Anda bisa memulai untuk mengiklankan rumah tersebut di media sosial maupun di koran dan menawarkannya kepada calon pembeli. Dan jika rumah tersebut terjual, maka Anda akan langsung mendapatkan komisi.

Jika Anda ingin terlihat seperti agen properti profesional, Anda bisa bergabung dengan agensi properti/broker yang mempunyai reputasi yang bagus. Anda tidak perlu membuat agensi properti sendiri karena pasti membutuhkan modal yang tidak sedikit. Setelah Anda bergabung menjadi bagian dari agensi properti tersebut, Anda bisa mulai mengiklankan, menawarkan, dan mencari calon pembeli untuk rumah, perumahan, ruko, atau apartemen milik orang lain. Jika Anda mampu mencapai target penjualan, bisa jadi Anda tidak hanya digaji tapi juga mendapat bonus dari agensi properti tersebut. Keuntungan menjadi bagian dari agensi properti adalah Anda akan lebih dipercaya karena agensi properti pastilah sudah mempunyai lisensi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman sehingga apabila suatu ketika Anda ingin membangun agensi properti sendiri, Anda sudah memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman yang cukup.



Properti agen legal


Menurut menteri perdagangan Republik Indonesia Yaitu Mari Elka Pengestu telah menerbitkan sebuah peraturan baru NO. 33/M-DAG/PER/8/2008 tentang perusahaan perantara perdagangan properti. Ada banyak sekali hal yang diatur dalam Permendag No 33 tahun 2008. Antara lain yang paling penting adalah “Setiap perusahaan broker harus memiliki Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (SIU-P4). Izin tersebut telah di keluarkan oleh Direktur bina usaha dan pendaftaran perusahaan departmen perdagangan. SIU-P4 harus di daftarkan ulang setiap 5 (lima) tahun sekali.

Untuk mendapatkan SIU-P4 ada beberapa syarat yang wajib di penuhi yaitu, memiliki paling sedikit dua orang tenaga ahli sebagai pimpinan perusahaan dan seorang broker properti. Semua bentuk legalitas perusahaan bisa mengajukan SIU-P4, baik berbentuk PT, CV, Koperasi, Firma, maupun perorangan, jadi BT (broker tradisional) juga di akomodir dalam peraturan ini.

Setelah memegang SIU-P4, setiap perusahaan wajib menyampaikan laporan kegiatan usahanya, baik berupa laporan penjualan tahunan yang diajukan kepada Direktur bina usaha dan pendaftaran perusahaan departmen perdagangan, yang dilakukan setiap satu tahun sekali.



Panduan menjadi properti agen pemula Bali

Berikut ini kami share tentang tata cara dan panduan untuk menjadi Broker handal,
Panduan menjadi properti agen pemula Bali
Panduan menjadi properti agen pemula Bali


  1. Persiapkan Senjata untuk perang ( peribahasa )
    1. Nomer Telpon / Nomer WASaya sangat menyarankan jika memang anda memiliki beberapa ponsel, sediakan beberapa jenis operator, saya sendiri juga menggunakan 3 nomer (simpati, im3,axis) agar memudahkan klien saat ingin berkomunikasi dengan anda, karena kebanyakan klien ingin menelfon nomer yang sesama operatornya agar hemat pulsa hehe (maklum pelit mungkin).
    1. Kamera Kenapa harus membawa kamera? Untuk mempermudah proses dokumentasi properti milik klien, karena dengan visualisasi gambar/video bisa membuat properti tersebut lebih menarik. Ambil foto/video sebagus mungkin untuk mendukung proses pemasaran anda kedepannya.
    2. Website Personal AgenKenapa harus membuat website pribadi juga? Karena jaman sudah berubah, data terakhir yang saya dapat di tahun 2016 ini 70% orang Indonesia saat ini sudah mencari properti via online/melalui internet jika anda anda tidak beradaptasi dengan perkembangan jaman ini maka anda akan punah seperti dinosaurus. Saya sangat yakin di tahun-tahun berikutnya pasti jumlah pencari properti akan mencapai 100% tunggu saja tanggal mainnya. 
    3. Kartunama :Fungsi dari kartunama sendiri adalah untuk mempermudah klien mengingat dan menghubungi anda di kemudian hari kelak (agar disimpan di dompetnya, ciee masuk dompetnya klien haha). Kartunama juga berfungsi saat anda menyebarkan brosur promosi pada suatu even properti. Ada 3 hal penting yang wajib anda cantumkan agar calon klien bisa mengenal anda secara profesional. Yaitu : Logo Perusahaan, Nama perusahaan, Foto anda, situs anda, dan semua kontak anda.
    4. Buku Alamat :Mulai saat ini anda harus membiasakan diri untuk mengelola semua database informasi yang anda dapat, fungsi buku alamat ini adalah untuk menyimpan data dan informasi dari klien ataupun jaringan pemasaran anda.
    5. Buku Listing dan Permintaan (request klien)Buku ini berfungsi untuk menyimpan semua informasi dari properti-properti yang sedang anda pasarkan dan semua request klien. Simpan data ini secara terstruktur untuk mempermudah klarifikasi data yang masih valid dan yang tidak valid. Dengan bekerja secara terstruktur maka anda sudah berhasil menjalani pola kerja efisien & efektif.
    .
  2. Persiapkan karakter diri yang tangguh
    Menjadi properti agen tidak lah mudah, perlu karakteristik manusia yang tangguh, misalkan jika kita mengantar Klien dan tidak deal, jangan patah semangat. Biasanya kita sering down waktu tidak terjadi deal, tapi kita telah berbuat banyak, bukan begitu ?
    Sikap / Karakter diri yang harus dimiliki adalah :
    1. Profesional : On time ( Tepat waktu dalam pertemuan )
    2. Pantang menyerah : Tetap semangat yang membara
    3. Iklas dan tawakal : Tetap berserah kehadapan Tuhan yang maha Esa, Jika dapat rejeki ingat Sisihkan 10% untuk ber SEDEKAH / Charity 
  3. Mengumpulkan listingan properti
    Untuk menjadi agen properti, kumpulkan dulu listing properti yang akan dipasarkan. Anda bisa mencarinya secara offline misalnya dengan mencari rumah yang memasang spanduk ‘dijual’. Temui pemilik rumah dan tawarkan kerjasama di mana Anda akan membantu mencari calon pembeli serta menguruskan proses transaksi jual beli. Jangan lupa membahas pula soal imbalan berupa komisi jika transaksi berjalan dengan sukses. Kemudian minta agar spanduk ‘rumah dijual’ tersebut mencantumkan nomor telepon Anda sebagai contact person.
    Anda juga bisa mendapatkan listing dari developer atau pengembang properti yang tengah memasarkan produknya, baik yang siap huni maupun unit inden (memesan). Disini Anda akan menjadi tenaga pemasar lepas (sales freelance) yang bersedia memasarkan unit dan mendapat komisi yang disetujui bersama.
  4. Melakukan pemasaran ( Manfaatkan Media online dengan maksimal )
    Dikutip dari laporan Google dan NAR, sekitar 90 persen calon pembeli rumah mencari proyek properti lewat media online. Untuk itu sangat penting memanfaatkan media online sebagai salah satu media pemasaran proyek properti Anda.
    Langkah awal yang bisa dilakukan ialah dengan membuat blog atau memasang iklan melalui portal website seperti Rumah.com atau bisa langsung pasang properti disini. Sebagai agen baru, portal properti seperti Rumah.com dapat membantu Anda menjangkau calon pembeli prospektif dalam 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.
  5. Melakukan Sales after Servis
    Melakukan penataan dan pendataan setalah melakukan penjualan adalah hal yang sangat penting, kumpulkan klien klien yang pernah dealing dengan anda. Apa gunanya ? ... Misalkan jika ada perayaan hari hari besar ke agama an anda bisa mengirimkan SMS / WA ucapan selamat hari raya kepada klien klien anda.
    Kemungkinan klien yang anda handle untuk kembali lagi mempercayain anda sangat besar, dan biassa nya hal ini lah yang akan mendatangkan keuntungan yang besar pada profesi Broker / properti agen .
Semoga  Artikel Panduan menjadi properti agen pemula Bali dapat berguna bagi anda yang benar - benar ingin untuk menjadi properti agen pemula. 

Jika ada masukan / Kritik / saran / Tambahan, silahkan anda tulis pada kolom komentar dibawah ya 


Sumber Tulisan ini : 

  1. https://www.rumah.com/berita-properti/2017/3/147806/8-panduan-untuk-memulai-karir-sebagai-agen-properti
  2. https://iqbalazhari.com/agen-broker-properti-terbaik-sukses-indonesia/
  3. https://yukbisnisproperti.org/2017/03/cara-menjadi-agen-properti-profesional-bagi-pemula/
  4. https://www.dijualrumahtanahbali.com/2019/06/panduan-menjadi-properti-agen-pemula.html

Belum ada Komentar untuk "Panduan menjadi properti agen pemula Bali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel