Kisah Inspiratif Jack Ma

Berikut ini Kisah Inspiratif Jack Ma yang kami kutip dari Idntimes.com , Tahun baru 2018, semangat baru, dan tentunya harapan-harapan baru pun selalu diharapkan bagia setiap  orang. Setiap orang pasti ingin sukses, namun sukses itu harus diusahakan bukan hanya diimajinasikan.

Di tahun yang baru ini tidak ada salahnya kita melirik untuk mencoba peluang baru dengan berbisnis. Ternyata kendala dalam meraih kesuksesan ada di dalam pikiran kita.

Menurut sosok Jack Ma dapat menginspirasi kita dalam meraih kesuksesan untuk memulai bisnis. Bagi pria kelahiran 10 September 1964 ini, kesuksesan yang ia raih bukanlah dengan mudah, melainkan melalui suatu proses dan mengalami banyak kegagalan dan penolakan.

Kisah Inspiratif Jack Ma

Kisah Inspiratif Jack Ma

Berikut 7 pola pikir orang sukses dari seorang Jack Ma yang dapat menginspirasi.

1. Pintar membaca peluang

Di tahun 1990-an, China mengalami minim infrastruktur sehingga berdampak pada sulitnya pengusaha-pengusaha di Cina untuk mengembangkan bisnisnya. Kendala dianggap Jack Ma sebagai suatu peluang.

Ia menciptakan ide dengan mendirikan Alibaba, sebuah perusahaan e-commerce yang dapat membantu para pengusaha untuk menjalankan bisnisnya. Visi dari Alibaba yakni sebagai suatu wadah yang mempertemukan penjual dan pembeli, sehingga para pengusaha dapat bergabung di Alibaba dan menjual produknya di satu marketplace tanpa perlu memperdagangkannya sendiri.


2. Fokus

Bagi Jack Ma, kesetiaan pelanggan adalah kunci kesuksesan. Persaingan di dunia bisnis online marketplace sangat ketat.

Kompetitor ada di mana-mana dan akan selalu membuat berbagai cara untuk dapat mengalahkan kita. Melihat hal tersebut, Jack Ma tidak pernah takut terhadap kompetitor-kompetitornya.

Baginya, ia dapat bertahan berkat pelanggannya.

Ketika krisis melanda, para pemegang saham Alibaba pada pergi begitu saja, sementara para pelanggan dan pegawai tetap setia di sisi kami,

Hal inilah yang membuat Jack Ma selalu menomorsatukan pelanggan. Baginya, Alibaba bisa sukses kalau ia berhasil mempertahankan kepercayaan pelanggannya. Dengan pelayanan terbaik, pelanggan mana pun akan setia.


3. Tidak peduli 'haters'

Dalam perjalanan bisnisnya, Jack Ma pernah berinisiatif untuk menciptakan Alipay, sebuah mekanisme pembayaran khusus bagi pelanggan Alibaba. Respon yang diterima bukan respon positif tapi banyak cibiran dari pengusaha e-commerce lain.

Mereka menganggap kalau Jack Ma sudah gila karena bisnis yang dijalankannya. Namun, Jack Ma tidak peduli. Ia mengabaikan komentar para haters dan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan Alipay.

4. Inovatif dan kreatif

Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang memiliki pemikiran kritis, kreatif dan selalu menciptakan ide. Jangan ragu dan menunda!

Saat ide muncul, Jack Ma pun langsung mengimplementasikan ide-ide tersebut. Tidak berhenti sampai disitu, Jack Ma pun mencari cara dan ide yang lebih brilian lagi demi kemajuan bisnisnya.

Salah satu pemikiran Jack Ma, saat ia melihat kendala menjadi peluang dan mengolah peluang menjadi suatu ide, yakni  peluang pemanfaatan internet. Pada saat itu teknologi tersebut masih baru. Dia melihat adanya peluang besar dari pasar internet.

Inovasi lainnya, ia mendirikan platform pembayaran sendiri. Pembeli yang mau belanja di Alibaba menyetorkan deposit ke situs yang digunakan untuk membayar belanjaan di Alibaba.

Metode ini lebih disenangi karena lebih simpel dibandingkan melakukan pembayaran dengan sistem kartu kredit atau transfer.


5. Tidak mudah menyerah

Bagi Jack Ma, untuk bisa sukses, tidak hanya mengeluh, tapi mencari cara bagaimana kendala tersebut bisa teratasi. Kesuksesan yang diraih saat ini pun dimulai dari kegagalan dan penolakan yang tidak hanya sekali. 

Saat memasuki sekolah, sejak SD sampai SMA, Jack perlu berkali-kali tes karena tidak hebat secara akademis. Ma juga pernah gagal masuk universitas ternama, ia kuliah setara program D-3 di Sastra Inggris Hangzhou Normal University, lulus tahun 1988.

Kegagalan lainnya, ia pernah gagal saat melamar di KFC cabang cabang Hangzhou dan gagal menjadi polisi. Ma memiliki prinsip, gagal berarti menyerah.

6. Memperbanyak lingkaran pertemanan sosial

Jack Ma adalah seorang periang dan punya banyak sahabat. Bahkan Istrinya pun adalah sahabat di kampus, Zhang Ying.

Memiliki banyak teman, ia tidak menyia-yiakan. Ia pun menjaring teman-temannya untuk meraih dukungan mewujudkan ide perdagangan virtual.

7. Banyak belajar dari yang telah sukses

Zack Ma belajar dari keberhasilan Amazon dan eBay. Ia mendirikan Alibaba bukan meniru tapi belajar pola bisnis yang telah sukses.

Ia pun mendirikan sebuah perusahaan perdagangan melalui internet seperti Amazon ataupun ebay, namun yang membedakannya adalah Alibaba tidak memiliki persediaan atau menjual barang. Perusahaan ini hanya menjadi perantara, sehingga mampu mengumpulkan komisi atas jasa-jasanya.

Semoga bermanfaat bagi semua orang untuk tetap semangat mengejar impian dan meraih kesuksesan, komentar anda sangat kami butuhkan dibawah : 

Sumber : idntimes.com

Belum ada Komentar untuk "Kisah Inspiratif Jack Ma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel