Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Akte Notaris itu

Tidak Banyak yang tau Apa Akte Notaris itu ... Bagi pengusaha properti tentu sudah setiap transaksi akan berhubungan dengan kantor notaris.

RumahCom – Secara garis besar, notaris merupakan pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik dan kewenangan lainnya sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang (Pasal 1 angka 1 UUJN).


Apa Akte Notaris itu 


Ketentuan mengenai kewenangan Notaris untuk membuat akta otentik ini diatur dalam Undang-Undang No. 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 2 Tahun 2014 (“UUJN”).


Pengertian atau Definisi Akta Notaris

Pengertian atau definisi Akta Notaris adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh notaris menurut KUH Perdata pasal 1870 dan HIR pasal 165 (Rbg 285) yang mempunyai kekuatan pembuktian mutlak dan mengikat.

Perlu dibedakan juga antara pengertian surat dan akta. Surat yang dikeluarkan oleh Notaris bukanlah akta, tapi surat. Notaris biasa mengeluarkan surat untuk kepentingan administrasi dan surat menyurat, seperti surat keterangan (cover note), surat laporan ke Kementerian Hukum dan HAM, dan sebagainya.

Akta Notaris adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh notaris menurut KUH Perdata pasal 1870 dan HIR pasal 165 (Rbg 285) yang mempunyai kekuatan pembuktian mutlak dan mengikat.

Mengenai akta notaris ini, hukum yang mendasarinya adalah Pasal 1868 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUH Perdata”) yang berbunyi:

Suatu akta otentik ialah suatu akta yang dibuat dalam bentuk yang ditentukan oleh undang-undang, dibuat oleh atau di hadapan pegawai-pegawai umum yang berkuasa untuk itu di tempat di mana akta dibuatnya.

Akta Notaris merupakan bukti yang sempurna sehingga tidak perlu lagi dibuktikan dengan pembuktian lain selama ketidakbenarannya tidak dapat dibuktikan.

Berdasarkan KUH Perdata pasal 1866 dan HIR 165, akta notaris merupakan alat bukti tulisan atau surat pembuktian yang utama sehingga dokumen ini merupakan alat bukti persidangan yang memiliki kedudukan yang sangat penting.


Macam-macam Akta Notaris


Menurut Pasal 1 angka 7 UU 2/2014, Akta Notaris adalah akta autentik yang dibuat oleh atau di hadapan Notaris menurut bentuk dan tata cara yang ditetapkan dalam Undang-Undang. Dan berikut adalah penjelasan macam-macam akta notaris, yakni:

Akta yang dibuat oleh notaris (akta relaas atau akta pejabat)
Akta ini disebut juga akta berita acara, yaitu akta yang dibuat oleh notaris. Memuat uraian secara otentik dari notaris mengenai suatu tindakan yang dilakukan, atau suatu keadaan yang dilihat, atau disaksikan oleh notaris di dalam menjalankan jabatannya sebagai notaris.

Misalnya:

Akta berita acara/risalah rapat RUPS suatu perseroan terbatas,
Akta pencatatan budel,
dan lain-lain.

Akta yang dibuat di hadapan notaris/akta pihak (akta partij)
Yaitu akta yang dibuat di hadapan notaris yang memuat uraian dari apa yang diterangkan atau diceritakan oleh para pihak yang menghadap kepada notaris. Misalnya perjanjian kredit dan sebagainya.



Contoh Akta Notaris


Perlu diketahui, berikut adalah beberapa contoh akta yang bisa dibuat di notaris, mencakup:


  • Pendirian Perseroan Terbatas (PT), perubahan juga Risalah Rapat Umum Pemegang Saham
  • Pendirian yayasan
  • Pendirian badan usaha lainnya
  • Kuasa untuk menjual
  • Perjanjian sewa menyewa, perjanjian jual beli
  • Keterangan hak waris
  • Wasiat
  • Pendirian CV termasuk perubahannya
  • Pengakuan utang, perjanjian kredit dan pemberian hak tanggungan
  • Perjanjian kerjasama, kontrak kerja
  • Segala bentuk perjanjian yang tidak dikecualikan kepada pejabat lain



Sumber : Wahyu Ardiyanto Rumah.com

Posting Komentar untuk "Apa Akte Notaris itu "