Proses dalam Transaksi Jual Beli Tanah

Legalitas dalam transaksi properti wajib diperlukan, proses dalam transaksi jual beli tanah, Pembayaran harga tanah nya dahulu secara lunas atau tanda tangan AJB ( akte jual Beli ) nya dulu ?

Proses dalam Transaksi Jual Beli Tanah 

Orang awam biasanya bingung dengan kondisi seperti ini, terutama yang melakukan pembelian tanah dengan cara mencicil / KPR . Pada prinsipnya AJB ( akte jual beli ) tanah / properti bisa dilakukan jika telah terjadi pelunasan pembelian secara TERANG dan TUNAI

Proses dalam Transaksi Jual Beli Tanah


Terang artinya Transaksi tanah harus dilakukan dihadapan PPAT Kantor notaris ( Pejabat pembuat akte tanah ) , anda bisa juga melakukan VIA Transfer. Sewajibnya penjual dan pembeli melakukan dan atau mendatangi PPAT Notaris secara bersama sama.

Tunai artinya Pembayaran tanah harus dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan tanda tangan AJB ( akte jual Beli ) 

Jika harga tanah dilakukan secara mencicil , maka sebelum dilakukan penanda tanganan AJB, maka akan dilakukan terlebih dahulu PPJB ( perjanjian pengikatan jual beli ) di Kantor PPAT Notaris . Dalam PPJB ini akan tercantum termin pembayaran yang sah, disertai dengan sanksi sanksi yang akan dikenakan oleh kedua belah pihak .

Secara hukum PPJB ( Perjanjian Pengikatan Jual Beli ) Memiliki dua fungsi : 

  • Sebagai dasar bagi pembeli untuk melakukan pembayaran harga tanah
  • Untuk  melindungi harga pembayaran tersebut secara hukum
Sebelum melakukan AJB ( akte jual beli ) tanah , pembeli dan penjual harus terlebih dahulu melakukan pelunasan PAJAK Transaksi penjual dan pembeli.

Penjual wajib membayar Pajak penghasilan ( Pph ) ,  dan pembeli wajib membayar Bea perolehan hak atas tanah dan Bangunan ( BPHTB )

Untuk lebih jelasnya dapat anda tonton video dibawah ini, seperti apa yang saya kutip dari chanel youtube legal akses

Baca juga : Seluruh properti tips disini

Mungkin bagi anda ada yang masih bingung, jika melakukan pembayaran secara cash.

Dari pengalaman saya melakukan jual beli tanah, pembelian dan penjual menghadap ke notaris, di kantor notaris yang ada plank PPAT nya dilakukan penandatanganan AJB, dan saya tinggal sebentar ke bank untuk melakukan transfer, setelah itu saya bawa bukti transfer ke kantor notaris dimana penjual sudah menunggu di kantor notaris untuk melakukan penandatanganan Akte jual Beli.

Jika ada yang kurang jelas, silahkan anda tanya pada kolom komentar dibawah ya ...

2 Komentar untuk "Proses dalam Transaksi Jual Beli Tanah "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel