Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Undang Undang Cipta Kerja Omnibus Law

Terjadinya kerusuhan para demonstran di beberapa tempat di Indonesia, akibat di sah kanya Undang Undang Cipta Kerja Omnibus Law , Pembahasan RUU Cipta Kerja oleh pemerintah dan DPR untuk disahkan jadi UU Cipta Kerja ini terbilang kilat dibandingkan dengan pembahasan RUU lain. Bahkan, awalnya RUU Cipta Kerja bisa selesai sebelum 17 Agustus meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Peresmian pembahasan RUU ini diklaim demi kemudahan investasi di Indonesia. Sidang-sidang pembahasannya dilakukan siang malam bahkan hingga larut malam, meskipun dibahas di tengah masa reses dan pandemi.


Undang Undang Cipta Kerja Omnibus Law


Pemerintah dan Baleg DPR RI memang sempat menunda pembahasan Klaster Ketenagakerjaan ini setelah mendapat perintah resmi dari Presiden Joko Widodo pada 24 April lalu. Hal ini untuk merespons tuntutan buruh yang keberatan dengan sejumlah pasal dalam klaster tersebut.

Dengan segera disahkannya omnibus law RUU Cipta Kerja menjadi UU Cipta Kerja, diharapkan bisa mendorong peningkatan investasi, terutama investasi asing di Indonesia.

Peningkatan investasi, menurut pemerintah, akan mengatrol pertumbuhan ekonomi sekaligus menciptakan peluang kerja lebih banyak terutama di masa pandemi virus corona (Covid-19)

Banyak terjadi Demo di beberapa tempat di Indonesia : 


Di jakarta, Medan, Surabaya, Jogja dan Denpasar sebagian besar Demo berujung ricuh, pemahaman yang tidak tepat akibat banyak nya berita berita hoax di media sosial dan Internet membuat para demonstran tersulut emosi nya.

Klaim Pemerintah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengklaim, omnibus law RUU Cipta Kerja akan bermanfaat besar untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional dan membawa Indonesia memasuki era baru perekonomian global.

RUU Cipta Kerja akan mendorong reformasi regulasi dan debirokratisasi, sehingga pelayanan Pemerintahan akan lebih efisien, mudah, dan pasti, dengan adanya penerapan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) dan penggunaan sistem elektronik.

Penolakan serikat buruh

Adapun serikat pekerja menyatakan kecewa dengan hasil pembahaan RUU Cipta Kerja antara lain FSPM dan FSBMM, SERBUK Indonesia, PPIP, FSP2KI dan FBTPI. Ketua Umum SERBUK Indonesia Subono menilai, pekerjaan baru yang dijanjikan oleh omnibus law ini bukanlah pekerjaan nyata.

Menurut dia, pekerjaan baru yang dijanjikan pemerintah adalah pekerjaan berupah murah dan bersifat sementara. Bahkan dia berpendapat, pemulihan ekonomi tidak akan datang dari investasi asing yang masuk ke Indonesia.

Kita tidak dapat pulih secara ekonomi dengan dasar upah murah dan pekerjaan yang tidak terjamin. Hanya pembelanjaan (konsumsi) domestik dengan dasar pekerjaan tetap dan upah layak yang dapat membantu Indonesia pulih dari pandemi

Download Undang Undang Cipta Kerja Omnibus Law 

Nah, agar anda bisa membaca dengan seksama terkait dengan Rancangan undang undang cipta kerja omnibus law, dapat anda klik di dua tempat, yaitu dibawah ini :
Pasca demo yang terjadi di beberapa kota di Indonesia, mari kita dengarkan sedikit pidato dari Bapak Presiden RI dibawah ini :

Nah, mengacu dari beberapa data diatas, mari kita BERFIKIR SECARA POSITIF , terkait dengan Undang undang Cipta kerja omnibus law . 

1 komentar untuk "Undang Undang Cipta Kerja Omnibus Law"

Pasek Wisuda 15 Oktober 2020 10.38 Hapus Komentar
Berarti tidak perlu untuk demo ...