Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menata rumah kecil biar rapi

Berikut ini cara menata rumah kecil biar rapi . Barang berserakan dimana mana, sehingga membuat rumah menjadi semakin sempit dan kecil. Menyiapkan sebuah kamar yang akan dijadikan sebagai gudang nantinya adalah merupakan hal yang sangat penting. Barang yang sudah ada dirumah, yang sudah terlanjur Tua akan berserakan di dalam rumah. 

Pemilihan warna dan pengaturan letak furnitur juga berpengaruh cukup besar dalam menata rumah kecil. Hal ini terkadang membuat kita frustasi, menata rumah menjadi hal yang menjengkelkan karena rumah tak kunjung rapi.

Cara menata rumah kecil biar rapi

Jika dipelajari dan selalu senang membaca artikel orang lain, maka ilmu dalam penataan ruangan pun akan bertambah, yuk ... guys kita simak beberapa tips dalam menata rumah yang super kecil dan agar terlihat Rapi .

Simpan Barang pada tempatnya

semua barang di rumahmu harus punya tempat penyimpanan yang tetap.Selain lebih rapi, kamu juga tidak akan kesusahan mencari ketika membutuhkannya. Sediakan laci atau wadah, bahkan sebuah kabinet khusus pada tiap ruangan untuk benda-benda mudah hilang seperti kunci, gunting, atau uang receh.

Setelah digunakan, langsung kembalikan ke tempatnya. Berusahalah disiplin, sekali kamu meletakkannya sembarangan, berantakan segera dimulai. Akibatnya menata rumah jadi lebih melelahkan.

Rajin dan Selalu rutin membersihkan Rumah

Buatlah jadwal rutin dan giliran bersama anggota keluarga lainnya untuk menbersihkan rumah secara tuntas. Bersihkanlah rumah terutama dari kotoran dan debu minimal satu minggu sekali.

Membersihkan rumah bukan hanya menyapu dan mengepel, tetapi juga mengosongkan keranjang cucian, menyikat kamar mandi, menggunakan bahan pembersih kimia atau membersihkan rumah secara alami, dan mengelap perabotan. Jika rutin dilakukan, hal ini akan terasa ringan.

Jika kamu tinggal sendirian, usahakan bersihkan rumah pada pagi hari di akhir pekan. Hal ini bisa membuat kamu bebas melakukan kegiatan lain di sisa hari.

Pemilihan perabotan yang simpel

Pilihlah perabot dan furnitur multifungsi meski berukuran besar, misalnya kasur lipat dan lemari. Pilihlah kasur dan dipan lipat sehingga bisa diturunkan saat ingin digunakan dan dinaikkan saat tidak dipakai. Gunakan lemari dengan banyak ruang sehingga semua barangmu bisa masuk dan tidak tercecer di luar lemari.
Cara menata rumah kecil biar rapi



Hindari penggunaan ornamen tebal atau bulat, karena akan membuat perabot tampak berat. Selaraskan warna perabot dengan tembok ruangan. Terlalu banyak warna dalam satu ruangan akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

Menata Furniture 

Furnitur lipat bukan berarti tidak bagus dipandang. Kalian bisa pilih meja atau kursi lipat di ruang makan dan jika sudah tidak dibutuhkan bisa dilipat dan simpan. Kamu juga dapat memindahkan furnitur tersebut ke ruangan apapun di rumah mu yang kamu mau. Ruangan pun terlihat lebih besar

Memasang Wallpaper  

Dalam menata rumah kecil, pilihlah warna-warna netral atau terang seperti putih, biru, hijau, atau kuning agar ruangan tampak lebih lapang. Warna-warna gelap tidak direkomendasikan karena cenderung membuat ruangan terasa sempit.
Dalam menata rumah kecil

Baca juga : Tips menata rumah minimalist 

Sebaiknya sesuaikan warna cat dengan warna furnitur pada ruangan. Hal ini karena lebih mudah mencari warna cat dinding ketimbang warna furnitur. Agar dinding ruangan tidak mudah kotor, kamu bisa menggunakan cat waterproof.

Selain memilih warna cat dinding, kamu juga dapat menata rumah dalam memperindah ruangan dengan menggunakan wallpaper dinding. Coraknya yang beraneka ragam akan membuat dinding rumahmu akan terlihat lebih cantik dan rapi.

Menata Rumah dengan Membuat Ruangan Multifungsi

Membuat Ruangan menjadi multifungsi akan menghemat fungsi ruangan. kamu bisa menggabungkan dapur dan ruang makan dalam satu ruangan, atau menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga. Menata rumah seperti ini juga memudahkanmu dalam membereskan perabotan. Manfaat lainnya dalam penyatuan ruang ini adalah kamu dapat menghindar dari terantuk furnitur. Penggunaan furnitur pun jadi lebih optimal.

Penggunaan Cermin

Cermin adalah cara termudah untuk membuat ruangan tampak lebih besar. Meskipun tidak perlu menggunakan kaca di setiap ruangan, kamu dapat menggunakan kaca sebagai statement piece di dalam suatu ruangan yang dapat membuat cermin itu juga sebagai aksesoris di ruangan tersebut.

Cermin adalah cara termudah


    Saya kira beberapa tips diatas akan sangat membantu dalam Menata rumah kecil biar Rapi , penggunaan beberapa element yang simple dan multifungsi sangat menarik untuk diterapkan. 

Sumber dari tulisan ini adalah  : 
https://www.tokopedia.com
https://www.dekoruma.com

Untuk teman teman yang sudah berpengalaman dalam menata dan design ruangan kami juga meminta masukan dan tambahan untuk membuat artikel ini menjadi lebih baik, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ya ...

3 komentar untuk "Cara menata rumah kecil biar rapi"

Unknown 4 Desember 2020 12.33 Hapus Komentar
terima kasih atas info nya, ijin share ndan
Unknown 10 Desember 2020 12.51 Hapus Komentar
THANKS INFO BOS, IJIN COPAS
Pasek Wisuda 16 Desember 2020 13.08 Hapus Komentar
kalau tidak punya rumah gmn min //