Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Properti di Bali masih memiliki prospek yang Bagus

Meskipun dihantam wabah pandemi corona 19, Properti di Bali masih memiliki prospek yang Bagus . Walaupun tidak hanya Bali yang terdampak, dunia pun ikut terdampak terkait dengan wabah corona ini. Hampir seluruh dunia mengalami kelesuan ekonomi, dan bahkan Resesi . 

Properti di Bali masih memiliki prospek yang Bagus


Harga properti turun corona, harga rumah turun akibat covid, harga rumah turun covid, properti covid . Harga sewa properti juga turun di Bali, akibat sepi nya pengunjung Tamu luar. Hampir semua hotel atau penginapan banting harga. 



Selain bisnis pariwisata, Provinsi Bali ternyata juga masih prospek untuk bermain properti walaupun dihantam pandemi Covid-19. Terlebih nilai investasi properti yang berdampingan dengan area pusat komersial bikin modal lekas pulih. 

Hal itu telah dibuktikan oleh pengembang properti Waskita Realty yang terus menggenjot investasi propertinya di Bali.Bahkan saat ini, Waskita Realty tengah menggarap bisnis perumahan kluster Dhama di proyek Vasaka Bali.

Properti di Bali

Akhir akhir ini perkembangan properti di Bali tidak bisa dibilang stagnan, karena untuk urusan kavlingan tanah dengan harga miring, dilihat dari pasar selalu habis terjual.  Misalkan harga tanah sebelum covid Rp. 750 juta / are dan sekarang akibat covid19 ini harga tanah bisa menjadi Rp. 350 juta / are . Oleh investor tentu harga seperti itu akan langsung ditutup . 

"Kalau di sektor pariwisata turun dalam, namun untuk di sektor properti kita masih tumbuh positif di tengah pandemi COVID-19," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho saat menyampaikan sambutan pada Diseminasi Hasil Survei Bank Indonesia Perkembangan Sektor Properti di Bali secara virtual di Denpasar, Jumat.

Perkembangan harga properti residensial primer di triwulan I-2020 tumbuh 0,22 persen (yoy), sedangkan pada triwulan IV-2019 sebesar 0,16 persen. 

Dibandingkan dengan data nasional yang sebesar 1,68 persen (yoy) pada triwulan I-2020, Bali yang harga properti residensial primernya tumbuh sebesar 0,22 persen juga masih lebih baik.

Bali masih memiliki prospek yang Bagus

Sementara itu, perkembangan harga properti residensial pasar sekunder untuk wilayah Denpasar dan Kuta Selatan menunjukkan perlambatan pertumbuhan harga. Adanya penyebaran COVID-19 sejak triwulan I-2020 juga menyebabkan perlambatan harga yang lebih dalam.

"Untuk properti yang komersial pada triwulan I-2020 di Denpasar mengalami perlambatan dengan level yang lebih dalam nasional. Perlambatan tersebut terutama berasal dari penurunan biaya sewa untuk hotel dan apartemen karena memang permintaan yang turun seiring menurunnya pariwisata akibat COVID-19," ujarnya.

Oleh karena itu, Trisno pun mendorong Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali jika ada proyek-proyek fisik yang sudah ada alokasi dananya dan mendapatkan persetujuan untuk segera dilaksanakan sehingga dapat menggerakkan perekonomian.

Dengan proyek fisik tersebut, lanjut dia, akan mengaktifasi kegiatan ekonomi yang lainnya, seperti tukang kayu, tukang lampu, tukang kabel, lukisan, dan sebagainya sekitar 170 sektor lain yang terkait akan tergerak.

di Tahun 2021 Bali masih memiliki prospek yang bagus untuk perkembangan properti dan Real estate . Tidak perlu khawatir yang berlebihan terkait dengan wabah corona ini, tetap saja untuk mengikuti Protokol Kesehatan

  • Selalu mencuci Tangan
  • Selalu menggunakan Masker
  • Selalau menjaga jarak dan Hindari kerumunan massa yang besar 
  • Tambahan, selalu membawa Handsanitiser kemana pun bepergian
Seperti apa yang pernah kita ketahui, Bali sudah beberapa kali mengalami penurunan pengunjung wisatawan domestik dan manca negara . Tepat saat bom Bali satu dan bom Bali dua, tidak berlangsung lama waktu itu, properti di Bali langsung bangkit lagi . 

Bali memiliki "TAKSU" , istilah keren nya Bali adalah tempat dimana selalu ngangenin . Baru-baru ini sebuah situs travel planning and booking TripAdvisor telah menetapkan Bali sebagai tujuan wisata terbaik di dunia, mengalahkan 25 destinasi wisata lainnya di dunia termasuk Paris dan Turki. Bali dinobatkan sebagai pemenang penghargaan Travellers 'Choice untuk kategori destinasi terbaik di seluruh dunia.

Perkembangan Pariwisata di Bali 


Perkembangan pariwisata di Bali sangan berdampak kepada pertumbuhan dan prospek perkembangan properti di Bali . Perkembangan Pariwisata Bali semakin berkembang dengan dukungan dari segala aspek potensial yang dioptimalkan. 

Budaya dan keunikan adat istiadat Bali serta alamnya yang asri dengan berbagai keindahan pada masing-masing potensi yang dikelola dengan berbagai kemasan membuat Pariwisata Bali semakin berkembang.

Jika pariwisata Jatuh, Properti juga akan jatuh . 

Selain keindahan alamnya , Bali memiliki kebudayaan dan kesenian yang sangat menunjang perkembangan pariwisata . Bali sangat bertumpu pada sektor pariwisata. Hampir sepertiga dari seluruh hasil penjualan barang dan jasa di Bali berasal dari sektor penginapan, makanan dan minuman, atau setara dengan Rp 58,7 triliun.

Selama pandemi ini  pemutusan hubungan kerja terhadap 800 orang dan 46,000 pekerja formal dirumahkan karena perusahaan yang sudah tidak memiliki kemampuan untuk membayar karyawannya. Belum lagi dampak terhadap pelaku sektor informal.

Untuk anda yang telah membaca tulisan ini, silahkan komen pada kolom komentar dibawah nggih ...

Posting Komentar untuk "Properti di Bali masih memiliki prospek yang Bagus"