Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prediksi Perkembangan properti di Tahun 2021

Seiring waktu berjalan tanpa henti, Tahun 2020 telah berganti menjadi 2021 . Flash back Perkembangan properti di tahun 2019 menurut data dari pengembang properti sudah mengalami peningkatan. tepat di kwartal pertama tahun 2020, Pandemi Virus Corona 19 disease sampai di Indonesia tepatnya di bulan maret 2020. Siapa pun tidak bisa menyangka akan terkena dampak yang sangat serius dalam perkembangan properti di Indonesia dan global Dunia . 

Pada kwartal kedua , ketiga dan kwartal ke empat tahun 2020 , pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami penurunan yang drastis , sampai dengan minus 5 % .

Prediksi Perkembangan properti di Tahun 2021


Prediksi Perkembangan properti di Tahun 2021

Sebenarnya perkembangan properti di tahun 2020 belum mencapai minus , terjadi penurunan dari 2.7% menjadi 1.5% di kwartal ke empat tahun 2020 . 

Rate suku bunga bank menurun

Sudah terjadi trend penurunan suku bunga bank dari kuartal ke dua tahun 2020, hal ini akan terus menjadi trend penurunan sampai di akhir tahun 2021 . 

Hal ini sangat bermanfaat untuk pengguna KPR perumahan rakyat yang baru , atau and user pemula yang memulai untuk membeli properti pertama mereka . Pemulihan kondisi perbankkan akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan properti di Indonesia . 

Vaksinisasi Virus Corona19

Seperti yang direncakan oleh pemerintah Indonesia, Penyaluran Vaksin akan diberikan secara gratis . Hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan Vaksin kepada Petugas KEsehatan , karena sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi ini . dan menurut pemerintah akan dilakukan pada bulan Januari s/d bulan Maret 2021

Vaksin kedua akan dilakukan untuk petugas pelayanan publik, seperti misalnya : Staff pelayanan di Disdukcapil setempat, sepertinya akan dilakukan kepada Aparatur Sipil Negara ( ASN )

Vaksin ke Tiga baru akan dilakukan setelah yang pertama dan yang kedua, sampai maret 2022 . Dan kemungkinan untuk warga yang produktif di prioritas kan . 

Vaksinisasi ini juga akan sangat berdampak terhadap perkembangan properti di tahun 2021. Bagaimanapun juga kemungkinan setelah sebagian  warga di Vaksin, maka akan menggeliatkan pertumbuhan Ekonomi Indonesia . 

Berita terbaru yang saya dengar di Media sosial dan televisi terkait dengan terdapatnya Virus baru , hasil perubahan sel genetik dari virus corona di Inggris juga akan membuat dampak yang keras terhadap perekonomian Global . 

Harga properti menurun

Setelah diserang dengan Pandemi corona virus di Bulan Maret 2020, Banyak terjadi penurunan harga properti . 

Misalkan, Dulu sebelum pandemi harga Rumah di kawasan Denpasar Bali dijual dengan harga 1.5 M tapi setelah pandemi masuk selama 10 bulan, dan kemungkinan juga owner properti tersebut terlilit Hutang yang sangat susah untuk pembayaran angsuran kredit nya, maka harga rumah di kawasan denpasar Bali tersebut menjadi 750 Juta . 

Hampir sebagian properti mengalami penurunan yang drastis, hal ini akan sangat berpengaruh dengan tingkat pembelian properti di tahun 2021 . Kemungkinan di tahun 2021 adalah saat nya Investor yang memiliki uang dingin untuk melakukan investasi / membeli properti - properti murah tersebut . 

Faktor External 

Yang dimaksud dengan faktor external adalah faktor perkembangan ekonomi di luar Indonesia. Misalkan kita lihat perkembangan ekonomi China sudah mengalami perbaikan dan perkembangan yang sangat signifikan sebesar 4.8% . 

Amerika serikat yang merupakan saingan / lawan dagang dari China juga mengalami pertumbuhan yang baik. 

Kedua negara tersebut , Amerika dan China adalah Transenter pertumbuhan ekonomi Dunia saat ini . Perang dagang yang tidak sehat antara kedua negara besar tersebut sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia, berpengaruh karena Ekspor yang Indonesia akan lakukan, apalagi di terpa dengan pandemi covid 19 virus ini . 

---------------------------------------------------------------------------------------------

KESIMPULAN : Dari beberapa Faktor diatas saya meyakini bahwa Prediksi perkembangan properti di tahun 2021 akan mengalami peningkatan di Kwartal ke 2 tahun 2021 . 

Saya sangat ingin membaca komen komen saudara yang sudah membaca artikel saya diatas, anda dapat menulis komentar dibawah ya ... 

Posting Komentar untuk "Prediksi Perkembangan properti di Tahun 2021"