Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pantai terbaik di Barat Nusa Penida Bali

Berikut ini Mimin sampaikan 5 Pantai terbaik di Barat Nusa Penida Bali . Petualangan di mulai dari penyebrangan boat di Sanur. Tiket kurang lebih 75 ribu one way, menuju Nusa penida. Sebaiknya Pagi , agar ombak dan angin tidak terlalu kencang . Perjalanan cukup satu hari untuk mencari 5 pantai ini, pagi berangkat, nginap satu malam di bungalow dan besok pagi balik lagi ke Sanur , Bali . 

5 Pantai terbaik di Barat Nusa Penida Bali

Berikut ini pantai pantai barat Nusa Penida Top Destination  menurut Admin dari dijualrumahtanahbali.com  : 

1. Kelingking Beach

Awal petualangan mencari spot foto pantai terbaik di Nusa dua adalah Kelingking beach, perjalanan dekat dengan Pura Peluang ( pura mobil ) . 

Kelingking Beach adalah salah satu spot Nusa Penida yang paling terkenal. Situs perjalanan besar menggunakan fotonya untuk mengiklankan Bali dan bahkan terkadang Indonesia. Tempatnya memang sangat spektakuler dan sungguh menakjubkan. Batuan Pantai Kelingking terlihat seperti tulang punggung dinosaurus yang akan minum di laut. Dan omong-omong, di Google Map teluk itu disebut T-Rex Bay. Jika beruntung, Anda bahkan dapat melihat ikan pari manta dari atas tebing.

Kelingking Beach Nusa penida

Pemandangan yang menghadap ke batu sekarang sangat populer di kalangan wisatawan dan pilot drone. Inilah salah satu tempat yang berkontribusi terhadap perkembangan wisata pulau Nusa Penida terutama melalui jejaring sosial. Kelingking juga seperti jari kelingking. Tapi itu sedikit lebih rumit untuk memahami mengapa. Atau butuh banyak imajinasi untuk itu.

Kelingking Beach

Daya tarik utama di Pantai Kelingking adalah viewpoint dari atas tebing. Tebing di bagian pantai pulau Nusa Penida ini memang sangat spektakuler, tapi yang satu ini istimewa! Selfie di depan T-Rex adalah suatu keharusan. Tetapi Anda tidak akan menjadi satu-satunya yang memposting foto Anda di Instagram. Pada akhir Januari 2018, sudah ada lebih dari 13 ribu foto yang diposting dengan hashtag #Kelingking dan lebih dari 25 ribu dengan #kelingkingbeach. Pada bulan September 2020 sekarang ada lebih dari 110 ribu foto dengan #kelingking dan lebih dari 310 ribu dengan #kelingkingbeach!

Jika Anda memutuskan untuk pergi ke pantai (dan saya menyarankan Anda untuk melakukannya!) berhati-hatilah saat menuruni tebing. Ambil air untuk menghindari dehidrasi. Kenakan topi untuk menghindari sengatan matahari. Dan yang terpenting, ambillah sepatu yang bagus. Pertama kali saya turun, saya memakai sandal jepit. Itu bukan ide yang bagus. Sekarang ada tangga yang layak untuk bagian pertama jalan setapak sehingga jauh lebih mudah daripada beberapa tahun yang lalu.

Tinggi Tebing Kelingking Beach

Tebing Kelingking tingginya sekitar 150 meter.

Setelah turun, Anda akan menemukan pantai yang sangat indah. Memang menggoda untuk berenang tapi hati-hati dengan ombak yang bisa sangat kuat. Dan juga arus yang bisa menyeret Anda ke lepas pantai di lautan. Pantai Kelingking telah mengalami beberapa kejadian karena tenggelam, jadi peringatan itu nyata. Mungkin lebih baik tinggal di air dangkal jika Anda bukan perenang yang baik.

Dibutuhkan 20 menit untuk sampai ke Pantai Kelingking. Penting untuk memakai sepatu yang bagus dan memberi perhatian khusus pada langkah Anda. Tanda-tanda menunjukkan bahwa akses ke pantai adalah tanggung jawab Anda sendiri. Dan biarkan 30 menit untuk mendaki kembali dari pantai.


2. Angel billabong & 3. Broken Beach

Broken Beach dan Angel Billabong berada di pantai barat daya Nusa Penida di Bali. Tidak jauh dari Crystal Bay. Tetapi untuk pergi ke sana dengan skuter atau mobil Anda harus melakukan tur besar. Jalan yang dulunya adalah yang terburuk dari semua jalan di pulau Nusa Penida tapi sekarang hanya 100 meter terakhir yang bisa membuktikannya! Anda juga dapat berjalan kaki ke Broken Beach dari Crystal Bay. Tetapi jalurnya tidak mudah ditemukan dan membutuhkan waktu 2 jam untuk mendaki.

Kenapa disebut Broken Beach?

Broken beach

Tempat itu dinamai Broken Beach karena merupakan akibat dari runtuhnya sebagian tebing. Bagian yang roboh berbentuk lingkaran. Dan sebuah lengkungan terbentuk di bagian tersempit yang berbatasan dengan laut. Seluruh tempat terlihat seperti teluk melingkar dengan lengkungan yang menghadap ke laut. Tapi lebih baik dari penjelasan, 


Angel’s Billabong


Anda mungkin akan berkeliling teluk dan Anda mungkin akan mengambil banyak foto. Tapi waspadalah terhadap selfie! Banyak turis yang ceroboh telah melangkah terlalu jauh untuk mengambil gambar mereka dan jatuh (dari ketinggian). Sejak itu, tanda-tanda memperingatkan pengunjung agar tidak mengambil risiko selfie!

Angel’s Billabong

Billabong adalah istilah Australia yang biasanya mengacu pada kolam terpencil yang ditinggalkan setelah aliran sungai berubah. Di sini, ini adalah kolam alami yang tertanam di tebing. Itu diisi dengan air jernih saat air pasang. Dan kolam alami muncul saat air surut. Airnya sangat jernih dan cukup asyik untuk berenang saat air surut. 


Broken beach nusa penida

Tetapi ketika air sedang pasang, atau ketika ombak besar, segera setelah gelombang pertama memasuki kolam, Anda harus segera keluar. Saya melihat turis tidak seimbang dengan ombak. Dan mereka beruntung tidak tersapu ombak di luar kolam, karena dengan begitu hampir mustahil untuk kembali. 


4. Chrystal Beach

Crystal Bay adalah pantai yang menakjubkan di pulau Nusa Penida, Bali. Pantai ini mudah diakses dengan skuter dari Pelabuhan Toyapakeh dengan jalan baru. Matahari terbenam di depan pantai adalah salah satu yang paling spektakuler di Nusa Penida. Crystal Bay juga merupakan tempat yang terkenal untuk scuba diving atau snorkeling Untuk semua alasan ini Crystal Bay termasuk di antara 5 tempat teratas untuk dilihat di pulau Nusa Penida.

Panorama Chrystal Beach

Crystal Bay, bersama dengan Gamat Bay, merupakan salah satu tempat snorkeling terbaik di pulau Nusa Penida. Anda bisa menyewa semua peralatan snorkeling di pantai untuk menemukan terumbu karang dan biota laut Crystal Bay. Anda bisa melihat penyu secara teratur. Dan banyak ikan dan karang dengan banyak warna. Namun berhati-hatilah karena arusnya bisa sangat kuat, seperti hampir di semua tempat di Nusa Penida. Jangan lupakan sirip Anda dan jangan pergi terlalu jauh dari pantai. Untuk membuatnya pendek, jangan melewati titik tambat perahu yang diparkir di teluk. Dan jangan mencoba untuk mencapai batu di tengah teluk. Bahkan jika tergoda untuk pergi dan melihat kuil kecil yang dibangun di atas batu.

Chrystal beach nusa penida

Pantainya sangat indah sepanjang hari, di atas kursi geladak di bawah naungan payung. Ini adalah pantai Nusa Penida yang paling mudah diakses. Anda juga bisa memesan minuman, kelapa atau makanan ringan. Dimungkinkan pada tahun 2016 untuk makan malam di sana, tetapi pemerintah menjalankan operasi komando dengan tentara, polisi, dan buldoser. Semua bangunan yang dipasang secara ilegal dihancurkan dan dibakar. Penduduknya jelas agak trauma.

Dua interpretasi berlaku pada saat itu: beberapa melihatnya sebagai tanda bahwa pihak berwenang ingin menegakkan hukum dan melestarikan karakter asli pulau itu. Yang lain melihat keinginan untuk memberi ruang bagi pemasangan hotel mewah. Yang kedua sepertinya mendekati kenyataan karena pembangunan resor besar telah dimulai pada tahun 2020. Untuk saat ini pantai masih terjaga, jadi mari kita nikmati !

Matahari terbenam di Crystal Bay

Waktu terbaik lainnya di Crystal Bay adalah saat matahari terbenam, mulai pukul 5.30 sore. Matahari tidak selalu terbenam di tempat yang sama di teluk, karena tergantung musim. 

Matahari terbenam di Chrystal beach


Namun jika beruntung, Anda dapat mengambil foto matahari terbenam sejajar dengan lengkungan batu kecil di tengah teluk! Setelah matahari terbenam, langit sering diwarnai dengan warna merah, pink dan oranye.


5. Smoke beach

Smoke Beach Nusa Penida berada di kawasan Nusa Penida, Bali. Nusa Penida Bali merupakan pulau kecil di kawasan Bali yang terkenal akan batas kawasannya dengan laut sehingga banyak pantai-pantai di Nusa Penida.

Akses Jalan menuju Smoke Beach

Akses jalan yang kurang bagus ke tempat lokasi pantai smoke beach, semoga bisa menjadi atensi yang besar untuk pemerintah daerah Bali . 
Smoke beach Nusa penida


Pantai ini memiliki deburan ombak yang besar yang menghantam tebing dan naik ke atas seperti asap, maka dari itu disebut dengan Smoke Beach oleh para turis.Karena deburan ombak ini juga para penduduk lokal menyebutnya dengan nama Pasih Andus, dimana dalam bahasa Bali memiliki arti pantai yang airnya menyembur. Pasih memiliki arti pantai, dan Andus berarti semburan air.

Pantai yang unik dengan deburan ombaknya yang menyerupai asap menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis. Anda dapat menunggu beberapa saat kemudian ombak tersebut akan menghantam tebing tinggi dan percikan air laut akan menyembur tinggi dimana semburannya dapat mencapai ketinggian 10 meter.

------------------------------------------------------------------ > Sumber : Nusapenida

Itulah diatas 5 pantai terbaik menurut admin yang berada di wilayah barat Nusa Penida Bali . Dibawah ini sekilas Video youtube yang kami rekam untuk petualangan 3 hari 2 malam di Nusa penida, dengan penuh kenangan terindah.

Jika anda memiliki komentar , silahkan tulis dibawah ya .....

Posting Komentar untuk "5 Pantai terbaik di Barat Nusa Penida Bali"