Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menteri Agraria dan Tata Ruang : Warga Negara Asing (WNA) tidak diperkenankan memiliki tanah di Indonesia

Sebagaimana  yang tercantum di dalam UU Cipta Kerja, Menteri Agraria dan Tata Ruang : Warga Negara Asing (WNA) tidak diperkenankan memiliki tanah di Indonesia. Tentu saja hanya boleh memiliki Hak Guna Bangunan (HGB) yang diperuntukkan bagi apartemen atau rumah susun (Rusun) sebagai tempat tinggal sementara selama melakukan pekerjaannya di Indonesia.


Menteri Agraria dan Tata Ruang : Warga Negara Asing (WNA) tidak diperkenankan memiliki tanah di Indonesia

Seperti yang tercantum dalam aturan tersebut, pemakaian HGB memiliki waktu pakai selama 20-30 tahun penggunaannya. Setelah melewati batas waktu, WNA dapat memperjanjang melalui instansi pemerintah yang memiliki kewenangan.

"Rumah untuk orang asing kita tidak ada perubahan apapun. Sesuai dengan ketentuan yang ada dalam peraturan tentang agraria bahwa orang asing hanya boleh memiliki hak pakai saja," ujar Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil pada Konferensi Pers Penjelasan UU Cipta Kerja, Rabu (7/10/2020).

Menurut Menteri Agraria dan Tata Ruang, aturan tersebut telah ada dalam aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sejak dahulu. Dan dalam perundangan Omnibus Law Cipta Kerja tidak akan diperkenankan sedikit pun kepada Warga Negara Asing untuk memiliki tanah di dalam negeri meskipun dengan luasan hanya 1 meter.

"Misalnya, WNA pemilik HGB di atas tanah 1000 meter luasnya dari apartemen tidak bisa memiliki tanah bersama seluas 1 meter pun. Sesuai dengan aturan tidak diperbolehkan memiliki tanah bersama tersebut," tuturnya.

Adanya perundangan ini, lanjut Sofyan, merupakan upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan bagi para WNA yang menjadi investor di dalam negeri. Dengan begitu, para tenaga kerja asing tersebut mendapatkan jaminan memiliki tempat tinggal yang layak selama menjalankan tugasnya.

"Undang-undang ini secara umum adalah sebenarnya kebijakan pemerintah yang terbaik selama ini," pungkasnya.

  untuk saran dan masukan dipersihlahkan mengisi kolom komentar di bawah ngih guys :)

 Sumber : InfoPublik



Posting Komentar untuk "Menteri Agraria dan Tata Ruang : Warga Negara Asing (WNA) tidak diperkenankan memiliki tanah di Indonesia"