Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program BSPS Bersamaan Dengan Program Pengetasan Kawasan Kumuh

 

Program BSPS Bersamaan Dengan Program Pengetasan Kawasan Kumuh

Program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau sering disebut dengan bedah rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga diarahkan juga untuk menjadi program pengentasan kawasan kumuh di daerah-daerah. Karena itu Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Bersamaan Dengan Program Pengetasan Kawasan Kumuh ini telah dimaksimalkan oleh berbagai pemerintah daerah.

Program tersebut merupakan peran aktif pemerintah daerah juga dibutuhkan untuk bersama-sama mendorong prorgam perbaikan rumah tidak layak huni sekaligus pengentasan kawasan kumuh. Di sisi lain, sifat program yang mendorong keswadayaan dan anggaran yang bersifat tunai (cash for work) juga bisa menggerakkan perekonomian di daerah-daerah sehingga meningkatkan perekonomian nasional yang terkendala karena pandemi Covid-19.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, program BSPS merupakan salah satu wujud nyata kehadiran pemerintah untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan huniannya yang layak. Ada anggaran Rp20 juta untuk setiap unit rumah yang mendapatkan bantuan program ini.

“Kami ingin rumah-rumah masyarakat bisa semakin layak dan kawasan kumuh bisa dihilangkan salah satunya melalui program perumahan BSPS. Nilai anggaran yang diberikan memang tidak seberapa, tapi dengan model keswadayaan yang merangsang kegotongroyongan masyarakat program ini juga bisa signifikan hasilnya,” ujarnya. 

Di masa Pandemi seperti saat ini yang membuat banyak orang berkegiatan dari rumah juga menjadikan hunian harus terjamin kesehatan maupun kelayakan huniannya dan karena itu program ini sangat tepat. masyarakat mengharapkan program penataan kawasan kumuh pemkab yang juga terus didorong pelaksanaanya untuk menciptakan kawasan yang lebih baik dan sehat. Pemerintah akan terus berupaya dan bekerja keras agar masyarakat lebih sejahtera. Adanya program BSPS yang langsung bisa dirasakan dampaknya oleh masyarakat ini juga menjadi penyemangat kami untuk terus memperbanyak masyarakat yang huniannya menjadi lebih baik. Saat ini masih ada 2.000 RTLH yang tersedia dan kami berharap program BSPS bisa terus tersalurkan. 

 

 Sumber : Rumah.com

 

 


Untuk saran dan masukan bisa mengisi Kolom Komentar di bawah ngih Guys :) 

 



 


Posting Komentar untuk "Program BSPS Bersamaan Dengan Program Pengetasan Kawasan Kumuh"