Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi Tanah

Di masa pandemi seperti sekarang ini, ke hati hati an dalam menggunakan uang adalah yang utama . Investasi di tanah sangat baik , karena kegunaan bangunan yang akan kita bangun sangat fleksibel , bisa kita gunakan sebagai Sewa Garase, bisa rumah, toko tergantung dengan tempat dan luasannya . 

Berikut ini 5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi Tanah, Selain rumah dan apartemen, tanah juga bisa dijadikan instrumen investasi yang menguntungkan. 

5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi Tanah

5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi Tanah

Lokasi Tanah

Nomer satu sampai tiga adalah LOKASI , LOKASI dan LOKASI . 
Sebelum investasi tanah, hal yang sangat perlu anda perhatikan adalah Lokasi, apakah lokasi yang akan anda beli tersebut merupakan lokasi yang primer 

Lokasi yang strategis akan menentukan value / nilah harga / investasi jangka panjang nya . Cek apakah lokasi nya tersebut sering banjir atau tidak, apakah tanah tersebut memiliki akses jalan untuk mobil atau  kendaraan roda dua saja . 

Kelengkapan dan Ke absahan Surat surat Tanah

Nomer empat adalah Sebelum membeli tanah, Anda harus memeriksa dan memastikan keabsahan surat-surat kepemilikannya. Pastikan jika nama yang tertera dalam sertifikat tersebut adalah nama pemilik tanah itu sendiri agar proses berikutnya lebih mudah. Jika tanah tersebut berstatus girik, maka Anda harus memastikan keabsahannya ke petugas kelurahan dan kecamatan.

Anda juga bisa memastikan kebenaran ukuran tanah yang bisa Anda tanyakan kepada petugas BPN untuk menentukan batasan-batasan tanah yang jelas. Jika semuanya sudah terbukti benar dan sah menurut hukum, maka Anda bisa menjatuhkan pilihan. Jangan lupa untuk melengkapi transaksi dengan AJB (akte jual beli) dan proses balik nama , bisa bawa ke Notaris jika anda memiliki kesibukan lainnya .

Bentuk Tanah yang Ideal dan pas

Nomer lima / Yang terakhir adalah Anda harus mengetahui bentuk tanah. Bentuk tanah juga sangat berpengaruh terhadap nilai investasi itu sendiri, semakin ideal bentuk tanah maka investasi akan lebih menguntungkan dan juga sebaliknya. Secara ilmu investasi tanah, biasanya rumus yang bisa digunakan adalah lebar muka tanah berkisar antara 40 % hingga 75 % dari panjang tanahnya. Misal 15m x 20x, 12m x 20m, 9m x 20m, atau 6m x 15m.

Bentuk lain tanah yang banyak diminati dan ideal untuk dijadikan investasi adalah bentuk trapesium. Yaitu sejenis bentuk persegi, yang bagian depannya memiliki ukuran yang lebih sempit dibandingkan bagian belakangnya. Bentuk tanah ini jika dipergunakan untuk pembangunan rumah, maka akan memberikan tampilan rumah yang terlihat lebih lebar daripada bagian depannya.

Sumber : Lamudi.com
Untuk para master dan suhu, silahkan komen dibawah dengan meng klik POSTING KOMENTAR, masukan dan sarannya sangat kami butuhkan 

Posting Komentar untuk "5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi Tanah"