Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mencari Rumah Kontrakan Murah

Ada alasan tersendiri mengapa mereka lebih memilih mencari rumah kontrakan murah daripada apartemen murah. Tentunya, memiliki rumah kontrakan bisa memiliki nilai plus yang tidak dimiliki apartemen. Biasanya, mereka ingin menikmati waktu harianya dengan mengurusi taman atau bersosialisasi dengan tetangga, warga sekitar. Bisanya, rumah kontrakan akan berdampingan dengan rumah lainnya.

Tips Mencari Rumah Kontrakan Murah
Sumber:Kompas.com

 

Mencari rumah kontrakan berharga murah bisa sebagai solusi bagi mereka yang sedang merencanakan membangun rumah sendiri dengan planing minimal 5 tahun selesai. Penghasilan bulanan pun mendukung untuk kebutuhan memiliki rumah kontrakan. Penyewa bisa memilih rumah kontrakan yang seharga tidak lebih dari 60 juta per tahun atau sekitar tidak lebih dari 5 juta per bulan.

1. Memilih Rumah Kontrakan Layak Huni

Rumah kontrakan yang layak huni memang menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menginginkan rumah kontrakan. Mengeluarkan biaya besar harus diimbangin dengan kelayakan rumah itu sendiri.

Anda termasuk orang yang menginginkan rumah kontrakan yang layak huni. Namun, anda masih kesulitan mencari rumah kontrakan yang bisa dilihat layak atau tidaknya rumah yang akan di huni. Anda jangan hanya tertarik pada tampilan luar saja, yang mungkin foto lama rumah.

Bila bingung memilih rumah kontrakan layak huni namun berharga murah, anda bisa melakukan sebagai berikut:

  • Memilih rumah kontrakan di lokasi pembangunan perumahan kontrakan
  • Memilih rumah yang menampilkan banyak foto dalam penawaran rumah di internet
  • Mengandalkan agen kepercayaan


2. Rumah Kontrakan Dikelilingi Tempat Yang Memenuhi Kebutuhan Hidup

Sebaiknya, tidak memilih rumah kontrakan yang jauh dari tempat untuk kebutuhan hidup. Walaupun ini jarang terjadi, namun anda perlu memastikan bagaimana lokasi sekitar rumahnya. Tujuan mengkontrak rumah tentu karena ingin dimudahkan dalam kebutuhan hidup.

Bagi mereka yang setiap minggu beribadah di tempat ibadah seperti gereja, masjid dan lainnya, tentunya, tidak mau jauh dari tempat penting ini. Tempat ibadah yang jauh bisa menghalangi kelancaran beribadah.

Anda sering menginginkan sesuatu secara cepat seperti ke minimarket dan warung sembako terdekat. Tentunya, rumah kontrakan anda harus berada di area tempat seperti ini.

3. Memilih Rumah Kontrakan Murah Di Bawah Penghasilan Bulanan

Definisi rumah kontrakan murah bisa dimasukkan dalam kategori penghasilan seseorang. Bila harganya lebih rendah dari penghasilan bulanan, ini masuk dalam kategori murah. Misal, gajinya di atas 10 juta, harga bulanan rumah kontrakannya 5 juta. Ini sudah dianggap sebagai harga rumah kontrakan yang murah.

Tentunya, memilih harga rumah kontrakan seharusnya di bawah gaji/penghasilan bulanan anda. Setidaknya, kebutuhan akan rumah kontrakan setelah kebutuhan primer dan sebagian kebutuhan sekunder terpenuhi. Setelah itu, anda bisa menentukan harga rumah kontrakan yang seperti apa.

4. Mencari Di Internet Dengan Melakukan Perbandingan Rumah dan Harga

Mencari rumah kontrakan rumah murah bisa mengandalkan teknik perbandingan harga. Ketika ada rumah kontrakan yang lebih murah dari rumah yang lain, ini bisa dianggap sebagai rumah kontrakan murah. Karena, ada pembanding harga yang lebih mahalnya. Pastinya, kondisi rumahnya dalam kondisi seimbang, atau diperkirakan seimbang, seperti ukuran luas dan tingginya.
    
Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencari di internet. Misal anda menginginkan rumah di area Denpasar. Bisa mengetik kata kunci “Cari rumah kontrakan di Denpasar”. Nanti akan muncul pilihan. Barangkali ada penawaran “Rumah dikontrakan Sesetan Denpasar”, anda bisa melihat penawaranya. Tentunya, anda bisa mencari lagi. Barangkali ada lagi rumah kontrakan di Denpasar, bisa sebagai perbandingan.

5. Pastikan Bisa Mengecek Secara Langsung Ke Rumah Yang Tawarkan

Penawaran rumah kontrakan di internet bukan langkah final. Tetapi, sangat efektif untuk menghilangkan rasa ketidaktahuan untuk sementara. Ketika anda tertarik penawaran secara online, bisa untuk sebagai pelanjut transaksi. Untuk langkah final, anda bisa mengunjungi rumah untuk memastikan bahwa rumah sesuai yang diperlihatkan secara online.

Posting Komentar untuk "5 Tips Mencari Rumah Kontrakan Murah"