Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kelebihan Investasi Tanah Dalam Jangka Panjang

Ada 6 kelebihan investasi tanah dalam jangka panjang. Apakah anda mau melakukan investasi tanah? Investasi tanah memang sebagai dasar untuk investasi properti, kalau pengertian properti sebagai perumahan, gedung atau bangunan. Kalau tanpa tanah, pengembang tidak bisa membangun properti. Sekalipun tidak harus mengandalkan tanah sendiri. Intinya, ketika ada tanah, ini sebagai modal investasi berikutnya.

Kelebihan Investasi Tanah Dalam Jangka Panjang
Sumber: thebaliestate.com

 
Namun, bagaimana bila investasi tanah sampai menjadi tuan tahan? Tentunya, enaknya menjadi tuan tanah berbarengan dengan kelebihan-kelebihan investasi tanahnya. Tetapi, membutuhkan modal besar untuk menjadi tuan tanah.  


1. Membangun Rumah Untuk Keturunannya

Bila mau investasi tanah, pastikan untuk kebutuhan dasar terlebih dahulu. Bisa untuk kebutuhan rumah sendiri atau keturunanya. Tetapi, sebagai tuan tanah, bisa menarget untuk kebutuhan keturunanya. Hal ini bisa sebagai harta waris. Ketika didiamkan, tanah bisa menjadi mahal untuk 10 tahun ke depan.

Bisa saja, si anak akan menentukan pilihan lokasi rumahnya sendiri. Bila seperti ini, ada kemungkinan tanah warisan dijual. Tanah milik tuan tanah menghasilkan keuntugan bila melebihi harga pembelian.


2. Bisa Untuk Penyewaan Tanah Sebagai Sumber Penghasilan

Ada orang yang berkeinginan bisnis dalam sektor pertanian atau disebut agribisnis. Namun, ia memiliki kendala tanah. Bila seseorang membeli tanah, butuh modal yang tidak murah. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sang pemilik/tuan tanah sebagai pasif income-nya.

Dengan kerjasama bagi-hasil, si penyewa dan si pemilik tanah bisa membangun agribisnis. Setiap panen, bisa berbagi hasil. Si pemilik tanah pun berhak memberikan aturan bagi hasilnya.

Mungkin, tuan tanah memiliki tanah yang hanya cocok untuk dijadikan pertanian. Biasanya tanah di area pertanian.

3. Bisa Menentukan Pembangunan Properti Komersil Sesuai Lokasinya

Karakter tanah untuk kebutuhan pembangunan properti tentu bergantung lokasinya. Bila tanah berada di tempat wisata, karakter tanah lebih cocok untuk hunian sewa seperti vila, kamar penginapan dan sebagainya.

Berbeda bila tanah di kawasan perkantoran, perdagangan. Tanah bisa dibangun menjadi kios, ruko, mal, bahkan gedung. Bisa juga dikawasan ini untuk kebutuhan hunian sewa seperti hotel, rumah kontrakan, dan kos-kosan.

Bila menjadi tuan tanah, tentu bisa menghasilkan bangunan atau investasi properti dengan berbeda jenis propertinya. Barangkali tanah miliki tuan tanah memiliki karakter yang berbeda.

4. Harga Jual Tanah Setabil, Tidak Terpengaruh Jenis Propertinya

Properti rumah bersubsidi dengan properti penyewaan vila tentu harga jualnya berbeda sekalipun harga jual tanahnya sama. Hal ini menyangkut biaya pembanguanya. Kalau tanah harganya tetap stabil apapun jenis propertinya. Tanah tidak memiliki nilai kerusakan sekalipun tanpa diurus. Bahkan, cenderung lebih aman bila tanpa dimanfaatkan.

5. Bisa Mengamankan Uang Untuk Jangka Panjang

Ada baiknya, uang berlebih jangan disimpan semua di bank dalam berbentuk tabungan. Bisa dimanafaatkan untuk investasi tanah. Hal ini untuk mengamankan uang dari penurunan nilanya.

Kalau di simpan dalam bentuk tanah seharga 100 juta, bisa saja tanah mengalami kenaikan. Setidaknya, tanah naik menjadi 150 juta. Nilai uang 100 juta bisa saja turun seiring terjadi kenaikan harga.

Cara pengamanan uang dengan tanah dan dengan tanah yang sudah dibangun properti tentu berbeda. Sekalipun investasi tanah tidak mendapatkan profit besar, tetapi lebih banyak amannya untuk aset masa depan, sekalipun di era pandemi sekarang ini.

6. Bisa Sebagai Jaminan Hutang di Bank

Ada cara unik bila ingin membangun investasi properti tanpa modal. Caranya, dengan mendapatkan modal dari bank. Tentu, bank tidak bisa dengan mudah mencairkan uangnya. Salah satu syaratnya, bisa mengajukan tanah sebagai jaminan pinjamannya. Padahal, tanah yang dijadikan jaminan untuk kebutuhan membangun properti. Terlepas cara ini benar secara hukum atau tidak.

Itulah keuntunganya bila menjadi tuan tanah, sekaligus kelebihan investasi tanahnya. Langkah ini ditempuh kalau sudah bisa mengalirkan uangnya lewat bisnis untuk investasi tanah.

Posting Komentar untuk "6 Kelebihan Investasi Tanah Dalam Jangka Panjang"