Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membeli Ruko Untuk Usaha yang Menguntungkan

Membeli ruko adalah salah satu alternatif memilih rumah. Hanya saja, membeli rumah yang bisa untuk kebutuhan usaha yang menguntungkan. Daripada membeli dua properti, rumah dan tempat penjualan, lebih baik membeli ruko. Hanya saja, jumlah ruko jumlahnya terbatas. Hal ini karena menggunakan rumah harus selaras dengan kelancaran usaha di sebuah rumah. Lalu, bagaimana cara membeli ruko untuk usaha yang menguntungkan?

Sumber:Kompas.com

 

Hal yang harus dikorbankan adalah berpindah tempat tinggal. Anda harus siap berpindah ke rumah toko alias ruko. Karena, anda tidak bisa mendapatkan ruko dengan mudah yang dekat dengan tempat tinggal anda.

1. Memiliki Konsep Usaha Sebelum Membeli Ruko

Ada baiknya, anda sudah memiliko konsep usaha yang menguntungkan. Jadi, anda tidak sedang mencoba usaha. Kalau sudah membeli ruko, lantas usahanya tidak menguntungkan, anda bisa rugi besar.

Cara yang terbaik adalah:
  • Usaha di ruko sebagai cabang atau pindahan usaha sebelumnya
  • Sudah memiliki banyak pelanggan dari berbagai wilayah
  • Rumah di ruko dipakai gudang barang sekaligus tempat tinggal

2. Memperhatikan Kondisi Ruko

Sebelum membeli ruko, cara yang terbaik adalah memperhatikan terlebih dahulu rukonya. Jadi, memilih ruko seperti hanya anda memilih rumah pada umumnya. Apakah ruko masih layak atau tidak ditempati untuk hunian? Mungkin anda membeli ruko dari seseorang yang sudah menempati lebih dari 5 tahun. Hal ini yang mengharuskan anda melihat kondisi ruka.

Bila memang ruko sudah tidak layak huni menurut selera anda, banyak yang rusak dan lainya, anda bisa pertimbangkan: beli dengan harga murah atau mencari ruko kembali.

Berbeda bila anda memilih ruko baru, anda tidak perlu mempertimbangkan kondisi ruko.

3. Perhatikan Transportasi di Sekitar Ruko

Mungkin, anda mau membeli ruko lama. Banyak lalu-lalang kendaraan dan parkiran kendaraan di area ruko. Bila memang menghambat pengunjung ke area ruko, lebih baik untuk tidak membeli ruko.

Masalah yang sering terjadi, banyak pedagang kecil di area trotoar yang menutup akses ke area ruko. Jelas, ini bisa mempengaruhi penjualan. Ruko yang belum banyak pelanggan bisa membuat usaha anda tidak berjalan lancar. Anda pun tidak bisa mengusir pedagang kecil di area trotoar karena bukan tanah anda.

4. Pastikan Status Ruko Tidak Bermasalah

Yang jelas, ruko memiliki surat izin dan surat legalitas lainnya. Jadi, sebelum membeli ruko, ada baiknya anda memahami peraturan dalam ruko. Jangan sampai anda dituntut dikemudian hari. Bila memang mau membeli ruko, ada baiknya memilih ruko yang punya beberapa ruko tetapi satu pemilik. Hal ini untuk meminimalisir permasalahan.

5. Lingkungan Sekitar Ruko Mendukung Usaha

Berpindah tempat usaha atau membuka cabang di tempat baru tentu harus beradaptasi terlebih dahulu. Hal ini beresiko bila anda sudah membeli ruko. Pasalnya, anda tidak bisa membatalkan kembali pembelian ruko. Kalau masih menyewa, anda bisa berpindah tempat jika lingkungan ruko tidak bisa mendukung usaha anda.

Jadi, anda harus banyak menganalisa lingkungan yang ada di area ruko. Bila ruko di lingkungan pendidikan, perkantoran dan mal, usaha toko kelontong tidak cocok berada di tempat ini. Anda harus memilih ruko yang bisa mendukung usaha anda.

6. Membeli Ruko Sistem Sewa atau Menyewa Ruko

Ada alasan tersendiri mengapa anda membeli ruko. Tetapi, membeli ruko punya beberapa resiko, salah satunya usaha yang belum tentu laku atau menguntungkan.

Kalau anda mau memaksa membeli ruka, pastikan yang bisa diawali dengan menyewa. Hal ini untuk memastikan, apakah usahanya bisa menguntungkan atau tidak. Walaupun cara ini mungkin belum tentu ada.

Anda bisa menyiasati dengan menyewa ruko saja. Anda bisa mencoba untuk satu-dua bulan membuka usaha. Bila kurang menguntungkan, bisa berpindah ke tempat lain. Yang pastinya, biaya ruko bisa dibayar bulanan.

Posting Komentar untuk "Cara Membeli Ruko Untuk Usaha yang Menguntungkan"