Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecat Tembok Rumah Sendiri Tanpa Tukang

Cara mengecak tembok khususnya mengecat sendiri memang tidak membutuhkan cara khusus yang rumit. Hanya butuh niat besar. Sekalipun tidak membutuhkan cara rumit, anda tetap butuh cara mengecet tembok sendiri tanpa tukang karena ada beberapa hal penting soal mengecet tembok rumah.
 

Sumber: Liputan6.com

Kegiatan mengecet biasanya untuk memperindah rumah. Atau, mengecet rumah sebagai persiapan dalam menjual rumah atau sewa rumah. Tentunya agar pandangan pertama properti rumah terkesan menarik di mata orang yang mau menyewa atau membeli properti rumah.

1. Menyiapkan Warna Cat Yang Cocok Untuk Tembok Rumah

Sebelum membeli cat tembok rumah, anda bisa mencoba cara mengecet dengan media aplikasi. Sekarang ini, banyak aplikasi desain rumah yang cocok untuk sampel desain. Sebagai misal, anda ingin mengecet dengan kombinasi warna dengan kode warnanya. Nah, cara yang bisa anda lakukan adalah mengecet tembok rumah secara digital menggunakan aplikasi desain rumah.

Masalah warna cat terlihat sepele. Tetapi bila salah memilih warna yang serasi, rumah anda terlihat jelek. Sebagian besar orang memiliki selera atas warna rumah. Pastikan bahwa warna yang dipilih sudah dianggap cocok.

Setelah itu, anda membeli cat tembok rumah beberapa warna sesuai hasil desain di aplikasi. Ada baiknya, membeli cat pada merek perusahaan yang profesional mengatur warna. Bila hasil desain warna berasal dari aplikasi perusahaan merek cat, anda bisa membeli ke perusahaan yang dimaksud.

2. Beberapa Alat Yang Dibutuhkan Untuk Mengecet Tembok Rumah

Cara agar anda bisa mengecet tembok sendiri di rumah tentu harus memiliki alat mengecatnya. Anda tidak bisa meminjam alat mengecat tembok ke beberapa tukang bangunan yang terbiasa mengecat. Kalau sudah beli, anda harus rajin mengecet tembok sendiri di rumah.

a. Gunakan roller cat

Anda bisa memilih roller cat yang tidak memiliki ketebalan yang memang bisa nyaman untuk mengecet. Tujuan roller cat untuk untuk bisa mengjangkau pengecetan tembok bagian atas. Hanya saja, bila mau mengecat atap, anda membutuhkan tangga lebih.

b. Jangan melupakan kuas

Keberadaan roller cat bukan sebagai pengganti kuas sepenuhnya. Kuas masih dibutuhkan untuk mengecat bagian tepi jendela dan pintu, bagian bawah tembok.

3. Proses Mengecat Tembok Rumah

Mengecat tembok rumah sendiri memang mudah. Namun, kalau tidak tahu caranya, bisa jadi anda mengecet tembok rumah dengan cara yang salah.

Pastikan tembok dalam kondisi tidak rusak. Biasanya, rumah lama sudah ada lapisan adukan semen yang mengelupas.

a. Bersihkan tembok

Membersihkan tembok dibutuhkan bila tembok digunakan untuk menggantung sesuatu. Area yang sulit dijangkau mungkin yang tidak bisa dibersihkan walaupun bisa diupayakan dengan bantuan tongkat panjang.

b. Lapisi lantai dengan plastik

Tetesan cat pasti ada walaupun tidak banyak. Anda bisa memberikan lembaran plastik di atas lantai untuk mencegah cat jatuh di lantai. Ada beberapa cat yang bermasalah bila terkena lantai seperti cat minyak.

c. Mengecet dengan arah yang sama

Cara mengecet tembok rumah dengan arah gerakan yang sama bagian dari seni mengecet tembok. Hasil dari mengecet sebenarnya tidak ada pengaruh asalkan hasil polesannya rapih.


Biasanya, arah gerakan mengecetnya dari bawah ke ke atas untuk meminimalisir beban tangan dan mencegah cat yang menetes. Cara mengecet seperti ini bisa untuk kuas atau roller cat. Hanya saja, bila memakai kuas, posisi telapak tangan dianjurkan menghadap ke atas untuk mengurangi beban di otot bahu.

4. Mencegah Cat Rumah Rusak Saat Musim Hujan

Cat rusak biasanya akibat terkena air, terlepas airnya darimana. Tetapi, biasanya cat rusak karena terkena air hujan. Hal ini yang sering dikeluhkan banyak pemilik rumah. Rusak cat di tembok bisa seperti luntur warnanya atau mengelupas.

  • Gunakan cat khusus eksterior rumah yang bisa ditanyakan ke penjual cat
  • Lebih baik mengecet pada waktu musim kemarau
  • Gunakan cat sesuai petunjuk yang ada dalam kemasan cat


5. Cara Mengatur Kegiatan Mengecet Tembok Sendiri

Bila mengecet tembok rumah sendiri, ada baiknya untuk mengecat bagian dalam terlebih dahulu. Tentunya, anda bisa memilih, di ruangan mana yang lebih diperlukan untuk mengganti warna cat. Kalau hari lebaran, biasanya di ruangan tamu. Intinya, anda harus melihat kondisi cat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengecat Tembok Rumah Sendiri Tanpa Tukang"