Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Rumah Menjadi Rumah Kontrakan

Mungkin anda menginginkan penghasilan pasif income dari bekas rumah yang sudah tidak dipakai lagi. Daripada dijual, lebih baik diubah menjadi rumah kontrakan. Tentunya, cara mengubah rumah menjadi rumah kontrakan bukan persoalan gampang bila ingin diminati penyewa. Kebanyakan orang memilih rumah kontrakan di area yang memang ditempati rumah-rumah kontrakan.

Sumber: Kompas.com
 

Namun, tidak ada salah bila memang anda menginginkan mengubah rumah menjadi rumah kontrakan sekalipun bukan di area rumah kontrakan atau area permahan. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam mengubah rumah, setidaknya agar anda percaya diri memperkenalkan properti rumah, baik melalui media iklan atau lewat relasi.

Mengukur Tingkat Strategis Lokasi Sebelum Mengubah Rumah

Peminat yang rela mengeluarkan uang untuk mengontrak rumah tentu harus dipenuhi hal-hal yang berhubungan di luar rumah seperti minimarket, tempat pendidikan, pasar dan sebagainya. Semakin jauh dari kedua hal ini maka peminatnya semakin sedikit.

Bagaimana tingkat strategi lokasi rumah anda bila memang mau mengubah rumah menjadi rumah kontrakan? Pastikan lokasi rumah anda berada di area yang strategis dekat dengan tempat-tempat penting.

Bagaimana bila memang tidak berada di tempat strategis? Simak penjelasan berikutnya.

Mengubah Rumah Anda Menjadi Lebih Menarik

Apakah rumah anda sudah ramah lingkungan? Artinya, rumah memiliki taman yang membuat pemandangan menjadi indah dan sejuk. Masalah sirkulias udara rumah apakah lancar atau tidak. Bila memang belum ramah lingkungan, bisa mengandalkan tenaga ahli bagian desain interior dan eksterior yang akan mengubah rumah menjadi rumah ramah lingkungan.

Soalnya, sekarang ini banyak peminat rumah yang berkonsep “green living” alias rumah ramah lingkungan yakni rumah yang banyak pepohonan di area taman dan sebagainya.

Tetapi, langkah terbaik adalah mengubah rumah yang tidak mengeluarkan banyak modal. Terpenting rumah dalam kondisi terbaik:

  • Menggunakan cat dengan beberapa warna yang serasi
  • Tidak mengalami kerusakan bangunan
  • Tidak ada cabang pohon di atas genting
  • Tidak mengalami banjir di dalam rumah
  • Rumah dalam kondisi bersih, rapih, dan tidak bau
  • Dan kondisi rumah yang berkualitas baik lainnya
 

Menghitung Biaya Rumah Kontrakan

Sebelum menghitung biaya kontrakan, harga rumah sudah ditentukan terlebih dahulu. Untuk menentukan harga rumah, bisa mengandalkan agen properti atau yang memang tahu betul mengenai harga kontrakan rumah. Atau, anda bisa menentukan harga rumah sendiri dengan menghitung harga tanah dan harga bangunan.

Setelah itu, berapa biaya perbaikan ketika mau mengubah rumah menjadi rumah kontrakan? Setelah dihitung, total biaya perbaikan rumah bisa ditambah dengan harga rumah.

Anggap saja seperti ini: 5000.000+150.000.000 = 155.000.000

Jika anda menginginkan pasif income mendapatkan keuntungan setelah 10 tahun, berapakah biaya kontrakan rumahnya? Tentunya, anda bisa membagi 155.000.000 : 10 = 16.000.000

Anda bisa menentukan harga sewa rumah per tahun seharga, kurang lebih 16.000.000

Mungkin anda akan lambat mendapatkan untung. Tetapi, anda sudah mendapatkan uang cicilan per tahun sebesar 16 juta. Asalkan penyewa lancar menempati rumah kontrakan, anda sudah mendapatkan untung.

Siapkan Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Jangan sampai melupakan surat perjanjian sewa rumah bila berniat mengubah rumah menjadi rumah kontrakan alias rumah sewa. Jangan sampai ada hal-hal yang diinginkan.

Hal penting yang ada dalam surat perjanjian sewa rumah:

  • Identitas kedua belah pihak
  • Masa berlaku dan harga
  • Hal-hal lain: masalah yang ada di  rumah kontrakan seperti beban, penjagaan barang berharga (bila ada) dan lainya.
  • Perawatan dan Lingkungan (bertetangga)
  • Tambahan: seperti saksi, dan lainnya.
  • Tanda tangan, materai, lampiran


Cara Beriklan Rumah Kontrakan

Mengubah rumah menjadi rumah kontrakan memang mudah. Yang menjadi sulit setelahnya adalah bagaimana rumah anda diminati penyewa?

Perhitungannya laku rumah anda bukan soal lokasi yang strategis atau tidak. Perhitungannya adalah apakah rumah anda layak huni atau tidak di saat anda memberikan harga tawar kontrakan yang murah. Karena masing-masing market memiliki alasan tersendiri menempati rumah.

Maka catatan dalam menawarkan rumah kontrakan:

  • Menarget market wilayah terdekat
  • Menonjolkan rumah layak huni
  • Menonjolkan harga murah rumah kontrakan
  • Memberikan foto-foto untuk menguatkan


Selanjutnya, anda tinggal mengandalkan situs perikanan properti. Hal ini pencariannya banyak.

Bila permodalannya ingin murah, hanya bermodal di bawah 50.000 saja, anda bisa mengandalkan Facebook Ads atau Google Ads.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Rumah Menjadi Rumah Kontrakan"