Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Developer Properti Rumahan Yang Dipercaya

Developer adalah perusahaan atau perorangan yang bertugas mewujudkan rencana produksi yang menghasilkan sesuatu. Bila berhubungan dengan developer properti rumahan, maka bisa diartikan sebagai perusahaan atau perorangan yang mewujudkan rumah hasil desain. Dari disini, perlu cara menjadi developer properti rumahan yang dipercaya.

Cara Menjadi Developer Properti Rumahan Yang Dipercaya
Sumber:archistar.ai
 

Biasanya, pihak developer melakukan rencana perumahan atau desain perumahan. Developer akan menentukan bahan-bahan untuk pembangunan sesuai desain. Hal ini berkaitan dengan tawaran rencana properti rumahan kepada calon pembeli.

Mengapa Cara Menjadi Developer Harus Bisa Dipercaya?

Sebelum membangun, developer menawarkan rumah dengan DP karena perumahan belum jadi. Artinya, ini sebagai langkah kesuksesan pembangunan properti perumahan yang bisa terjual sebelum jadi. Bila tidak banyak terjual di awal, bisa saja merugi ke depanya, karena tidak ada yang berminat setelah perumahan jadi.

Banyak developer yang memanfaatkan uang DP alias uang muka tetapi pembangunan properti perumahannya bodong atau tidak sesuai harapan. Sebagai konsumen pun banyak yang bersikap hati-hati terhadap pengembang perumahan yang nakal.

Berpengalaman Menjadi Agen atau Broker Profesional

Cara menjadi developer properti perumahan yang bisa dipercaya adalah banyak pengalaman menjadi agen atau broker properti profesional. Hal ini sebagai nilai plus juga ketika berniat menjadi developer properti rumahan.

Pembeli rumah pun akan melihat pengembang alias developer properti perumahan mengenai rekam jejaknya. Setidaknya, ada beberapa orang tahu bahwa si pengembang sudah dipercaya sebagai agen atau broker.

Punya Target Serah Terima Rumah Dengan Cepat

Developer properti perumahan nakal biasanya lambat dalam serah terima rumah. Artinya, perumahan tidak memiliki target pencapaian. Karena memang ingin memperlambat target pencapaian. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk tujuan yang tidak baik, seperti memanfaatkan uang DP-nya saja.

Untuk itu, developer alias pengembang terpercaya harus memberikan target serah terima rumah. Kebiasaan serah terima rumah biasanya 1 tahun.

Selama proses pembangunan harus sesuai apa yang diproyeksikan, apa yang didesain dari awal. Bahkan, bahan-bahan perumahan seharusnya dicantumkan dalam penawaran di awal sehingga menuntut realisasi di dalam pembangunan properti perumahan.

Memenuhi Syarat Menjadi Developer Properti Perumahan Subsidi

Disini, syarat menjadi menjadi developer properti perumahan bersubsidi. Bila ingin menjadi developer, harus memenuhi syarat adminstrasi usaha dan perizinan selayaknya bisnis pada umumnya. Kemungkinan, perizinan yang sama juga berlaku untuk developer perumahan tanpa subsidi.

Beberapa syarat untuk menjadi developer properti perumahan yang dipercaya, sekalipun untuk perumahan bersubsidi:

  • Memiliki SIUP,
  • surat/sertifikat tanah properti,
  • IMB,  
  • Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan
  • Pengesahan Dokumen Rencana Teknis dan Perizinan Pengesahan Site Plan.
  • dan yang lainnya


Intinya, dengan memenuhi syarat menjadi developer properti perumahan, ada rasa keamanan, kenyamanan kedua belah pihak. Juga, bagi pengembang ada rasa tanggungjawab pada lingkungannya.

Developer Properti Terpercaya Memberikan Harga Yang Pantas

Developer yang perlu dicurigai adalah developer  yang memberikan harga yang terlalu murah di saat penawaran fasilitasnya spesial. Bisa saja, rumah berhasil diserah-terima sesuai waktunya. Tetapi kualitas bangunanya tidak maksimal untuk menjadi rumah awet. Pembeli merasa tertipu karena tidak sesuai dengan penawaran fasilitasnya.

Jadi, cara menjadi developer adalah menentukan harga sesuai rancanganya. Inilah alasan mengapa menjadi broker atau agen dalam jual-beli properti. Biasanya, agen atau broker paham betul harga propetinya. Hal ini untuk menentukan harga jual properti rumahan.

Memiliki Tim Pengembang Properti Perumahan Sendiri

Developer properti rumahan adalah pecipta perumahan, bukan arsitektur perumahan. Jadi, tugasnya mengeksekusi apa yang sudah dirancang arsitektur. Pengembang juga bukan pembuat bangunan, karena beberapa pekerja bangunan akan membangun perumahan sesuai keinginan pengembang. Pengembang memang penjual properti tetapi properti hasil produksinya.

Nah, cara bila mau menjadi developer atau pengembang tentunya harus memilik tim yang bekerjasama membangun proyek propertinya. Semakin bagus pilihan tim yang akan bekerja membangun properti, hasil propertinya juga akan semakin bagus.

Memiliki tim pengembang tentu tidak mudah. ibarat kata, menjadi pengusaha itu tidak mudah dalam merekrut tim. Setelah pengalaman matang tentang properti, tentu harus memiliki modal. Jadi, tugas developer hanya bagian bagaimana mengelola modal sesuai pengalaman untuk kebutuhan membangun perumahan komersil.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Developer Properti Rumahan Yang Dipercaya"