Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencari Properti Saat Pameran

Apakah anda tertarik mencari properti-properti baru? Tentunya, banyak yang tertarik dan mencari properti, dalam hal ini properti rumah. Apalagi, properti bisa menghasilkan pasif income. Mereka biasanya mencari properti saat ada pameran. Dengan memiliki properti saat pameran, biasanya harga properti masih segar, belum ada kenaikan harga. Ini jauh lebih bisa dijangkau. Tetapi, anda butuh tips mencari properti saat pameran.

pameran properti
Sumber:tribunnews.com

1. Tentukan Anggaran Sesuai Tipe Rumah

Anda bisa membawa anggaran sesuai tipe rumah yang anda inginkan. Cara menentukan anggaran, anda bisa menghitung dari beberapa contoh properti yang sudah anda ketahui. Paling tidak, anda membawa anggaran untuk properti yang menawarkan DP.

Yang lebih diperhatikan adalah bagaimana tipe rumah yang anda inginkan? Ada banyak tipe yang bisa jadi membuat anda bingung menentukan pilihan.

2. Tentukan Lokasi Properti

Mungkin, anda berniat untuk investasi properti saja. Tetapi, anda harus menentukan lokasi properti yang tepat agar investasi menghasilkan keuntungan. Bila memang sekalian untuk digunakan, misal untuk tempat tinggal, bisa memilih properti yang memang dekat dengan tempat tinggal anda.

Intinya, penentuaan lokasi berguna untuk meringkas kegiatan anda mencari properti saat pamerian. Anda tidak sedang menonton properti sehingga tidak perlu menunggu waktu lama dalam mencari properti.

3. Solusi Membeli Rumah Inden dan Rumah Jadi

Saat pameran properti, beberapa pengembang menawarkan secara berbeda, menawarkan rumah inden dan juga rumah jadi. Anda perlu mencari properti yang sesuai rencana anda bila mencari properti jadi. Bila mencari properti inden, perlu menyesuaikan dengan tawaran di lapangan.

a. Pembelian rumah inden

Mencari properti rumah inden yang ditawarkan saat pameran biasanya rumah sketsa yang biasanya dibuat dengan bangunan miniatur. Tentunya, ada lembaran penjelas mengenai rumah yang akan dibangun. Hal ini untuk meyakinkan pembeli mengenai rumahnya.

Anda bisa membelinya asalkan:
  • Mencari pengembang properti yang sudah dipercaya, biasanya sudah berbentuk perusahaan
  • Uang DP-nya kecil
  • Gambaran rumahnya jelas dan detail
  • Memberi garansi pembangunan 1 tahun

b. Pembelian rumah jadi

Karena sudah berbentuk rumah jadi, anda hanya mencari rumah yang cocok. Lihat juga keterangan rumahnya. Harganya pun jauh lebih mahal bila membeli rumah jadi. Pembelian rumah jadi di saat pameran biasanya pembayarannya kontan. Jadi, anda harus menyiapkan anggaran yang siap untuk pembelian.

4. Menyiapkan Kelengkapan Berkas

Saat pameran properti, beberapa propeti rumah ada yang ditawarkan dengan menggunakan sistem KPR atau disebut Kredit Pemilikan Rumah. Bila anda berniat mencari properti sistem kredit, biasanya rumah jadi, anda bisa membawa seperti:
  • Pas foto suami dan istri (kalau sudah nikah)
  • Fotokopi e-ktp
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi kartu nikah (kalau sudah nikah)
  • PNWP
  • Slip gaji bagi karyawan
  • Laporan keuangan bagi pengusaha

5. Mencari Properti Saat Pameran Sambil Berlibur

Konon, saat pameran, banyak pengembang yang menawarkan properti. Ada baiknya, mengunjungi pameran saat menjalankan liburan. Jadi, anda bisa pergi ke tempat pameran saat hari libur. Pameran pun biasanya diselenggarakan di hari libur bekerja. Sambil mencari properti rumah di pameran, anda juga berlibur. Karena berlibur, anda harus menyiapkan bekal lain selain bekal untuk membeli properti.

6. Jangan Mencari Properti Sendirian Saat Pameran

Ajak pasangan anda untuk membantu mencari properti yang layak. Pastikan, rencana pencarian properti anda sudah matang, minimal rencana lokasi dan pembiayan properti. Untuk rencana lainnya, bisa anda mendiskusikan dengan pasangan anda ketika sudah ada dilapangan saat pameran properti. Biasanya, ada saja yang merubah rencana. Asalkan tidak merubah rencana yang sudah dimatangkan, tidak ada masalah dengan berubah rencana.

Posting Komentar untuk "Tips Mencari Properti Saat Pameran"