Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Cicil Rumah Tanpa Masalah

Karena anda mencari cara cicil rumah tanpa masalah, tentunya anda sudah memahami aturan cicilan rumah yang sudah disepakati. Kalau belum memahami, tentunya anda harus tahu bagaimana aturan cicil rumah yang harus anda lakukan. Bila sudah tahu, anda hanya melakukan upaya cicil rumah agar bisa selesai tanpa masalah.

 

Sumber: Kompas.com



Sebagian besar orang memang memiliki masalah keuangan, sampai mempengaruhi kewajiban untuk cicil rumah. Pemilik rumah pada dasarnya tidak mau mengalami masalah dalam upaya cicil rumah.

Bagaimana cara cicil rumah tanpa masalah sampai lunas sesuai aturannya sesuai yang dilansir Lamudi.com?

1. Cara Cicil Rumah Sistem Cash Keras

Cash keras adalah cicilan yang harus diselesaikan dalam waktu cepat, yakni kurang lebih 1 bulan. Bila anda memilih cara cicil sistem cash keras, anda harus menyiapkan dana besar yang berpotensi lunas dalam waktu cepat. Solusi cicil rumah seperti ini bila anda sudah memiliki bekal uang dalam jangka waktu sebulan.

Bisa saja, anda merencanakan peminjaman ke tempat tertentu yang bisa untuk membayar lunas rumah dalam waktu cepat. Namun, anda sudah memiliki penghasilan bulanan yang besar untuk menutupi cicilan hutang di tempat peminjaman uang.

Keuntungan cicilan rumah sistem cash keras:

  • Mendapatkan diskon besar
  • Bisa saja tidak ada bunga
  • Tidak perlu pusing memikirkan waktu dan jumlah cicilan


2. Cara Cicil Rumah Sistem Cash Bertahap

Sistem cicil hutang model cash bertahap sama seperti cash keras dalam segi jumlah angsurannya. Hanya saja, pembayarannya bisa bertahap sesuai namanya. Konon, tahapan cicil rumah bisa sampai 12 bulan atau lebih. Cuma, sebagai awal cicil rumah, membutuhkan biaya besar.

Sistem cicil rumah memang cocok untuk mereka yang tidak memiliki penghasilan bulanan. Biasanya, mereka yang bermain proyek besar. Sekali mendapat proyek, bisa untuk membantu cicil rumah.

Keuntungan cicilan rumah sistem cash bertahap:

  • Mendapatkan diskon besar walaupun di bawah cash keras
  • Tidak perlu memikirkan jumlah cicilan dan bunganya


3. Cara Cicil Rumah Sistem KPR

KPR atau disebut Kredit Pemilikan Rumah memang berguna untuk para karyawan yang berpenghasilan kurang lebih 5 juta per bulan. KPR memang bagian dari program pemerintah untuk membantu pemenuhan rumah bersubsidi atau rumah yang berharga murah.

Aturan bayar lunas rumahnya, seperti yang dilansir Lamudi.com, diserahkan terlebih dahulu oleh pelunasan rumah oleh pihak bank untuk dibayarkan ke pihak developer. Namun, anda diwajibkan membayar hutang ke pihak bank dengan sistem cicilan.

Konon, biaya pelunasan kecil. Karena kecil di saat rumah berharga lebih dari 100 juta, otomatis pelunasannya pun lama. Bisa saja lupa. Tetapi, anda berada pada aturan hutang di bank. Jangan sampai anda teledor agar perumahannya tidak disita.

Solusi cicil rumah lewat KPR tentu dengan mengambil separo dari gaji bulanan. Lalu, anda bisa menyiapkan dana cadangan suaktu-waktu ada permasalahan keuangan, tidak mengganggu uang cicilan anda.

Solusi lain, ketika anda tidak bisa membayar di bulan berikuntnya, bisa mengandalkan pinjaman online atau menggadaikan sesuatu. Asalkan, anda bisa membayar dobel untuk KPR dan pinjaman online-nya.

Keuntungan cicil rumah sistem KPR:

  • Biaya cicil lama bisa sampai 25 tahun
  • Biaya cicil rumah sesuai kemampuan
  • Menyediakan asuransi jiwa
  • Minim resiko hukum dengan perlindungan bank


4. Cara Cicil Rumah Sistem Balloon Payment

Istilah cicilan rumah sistem ballon payment memang kurang familiar di kalangan masyarakat secara umum. Kemungkinan, sistem cicil rumah ballon payment berguna untuk para investor yang akan memanfaatkan rumahnya untuk penyewaan atau menjual kembali rumah di masa cicilan. Aturan hutangnya adalah cicilan di awali dengan cicilan yang kecil, lalu berangsung menjadi cicilan yang besar.

Keuntungan balloon payment:

  • Cocok untuk kebutuhan investasi properti menghasilkan pasif income atau keuntungan lebih besar
  • Uang muka dan cicilan kecil


Bagaimana? Anda mau memilih cara cicil rumah seperti apa agar tidak mengalami masalah dalam cicilannya?

Posting Komentar untuk "4 Cara Cicil Rumah Tanpa Masalah"