Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Denah Rumah Sederhana

Sebelum membahas cara membuat denah rumah sederhana, lebih baik memahami terlebih dahulu pengertian denah. Denah sendiri gambaran untuk menunjuk ke lokasi atau tempat tertentu. Pengertian ini, pada umumnya sering dipakai pada undangan dengan kata “denah lokasi”. Artinya, gambaran lokasi. Tetapi, bila untuk rumah, pengertian denah lebih ke gambaran rancangan untuk rumah.

5 Cara Membuat Denah Rumah Sederhana

Ketika membahas cara membuat denah rumah entah sederhana atau rumit, harus memiliki tujuan atau petunjuk tentang rumah yang akan dibangun. Denah rumah bisa memiliki manfaat sebagai merancang bangunan rumah. Sehingga, ukuran, bentuk lahan, dan kondisi lokasi pun bisa diperhatikan dengan baik.

Bagaimana cara membuat denah lokasi sederhana yang bisa anda buat sendiri tanpa perlu bantuan jasa desain interior atau seorang arsitektur?


1. Cara Membuat Denah Rumah Berdasarkan Kondisi Lokasi

Kondisi lokasi tanah bisa menentukan bagaimana membuat rumah. Tentunya, hal ini yang akan menentukan bagaimana membuat denah rumah. Bila tanah diapit beberapa rumah, bagaimanakah seharusnya cara membuat denah rumah agar pas? Nah, dengan memperhatikan lokasi terlebih dahulu, anda bisa membuat denah rumah dengan benar.

2. Menentukan Ukuran Rumah Sebelum Membuat Denah Rumah Sederhana

Denah adalah gambaran rancangan. Bahkan, denah yang mewakili rumah aslinya. Karena mewakili rumah aslinya, cara membuat denah rumah seharusnya memenuhi aturan ukuran rumah. Bisa membuat denah dengan rumus skala. Bila tidak memahami rumus skala, terpenting membuat denah memang untuk ukuran aslinya.

Solusi yang bisa dilakukan adalah melihat kondisi rill tanahnya. Misal, luas tanah akan dibuat 4 ruangan dengan ukuran meter sekian per ruangan. Apakah bisa dibuat 4 ruangan dengan luas tanahnya? Bila bisa, anda tinggal memasukkan pada proses membuat denah rumah sederhana untuk tahap selanjutnya.

3. Mencari Inspirasi Denah Rumah Sederhana Yang Bisa Diterapkan

Cara berikut dalam membuat denah yang mudah adalah dengan mencontoh denah rumah yang sudah jadi. Anda bisa mencari di Google Image atau ditempat manapun dengan kata kunci “denah rumah”. Bisa juga mencari dengan kata kunci “desain rumah” dan bahasa lainnya.

Anda bisa memilih contoh denah rumah yang sederhana agar bisa untuk ditiru. Karena tidak semua contoh denah rumah bisa ditiru. Hal ini berurusan dengan kondisi lokasi dan luas tanahnya.

Denah rumah yang sederhana biasanya ada di rumah minimalis. Anda bisa mengerjakan sendiri untuk denah rumah minimalis.

4. Menentukan Ruangan di Dalam Denah Rumah

Setiap ruangan memiliki ukuran dan kepentingannya sendiri. Bila sulit menentukan berapa ruangan, anda bisa menentukan ruangan utama terlebih dahulu.

Secara umum, ruangan utama adalah:
  • Ruangan depan: tempat tamu
  • Ruangan keluarga: rencana untuk kumpul keluarga, kamar tidur
  • Dan ruangan belakang: rencana untuk dapur, kamar mandi umum dan lainnya
Biasanya 3 ruangan di atas untuk denah rumah minimalis karena kesederhanaanya.

Yang menjadi permasalahan berikutnya adalah mengenai jumlah kamar. Belum lagi ada ruangan lainnya. Anda mau membangun berapa ruangan untuk kamar dan lainnya? Menentukan kamar bisa saja mempersempit ruangan utama.

Nah, anda bisa membuat denah rumah untuk menentukan jumlah yang pantas. Setelah itu bisa ditentukan bagaimana bentuk denah rumahnya, baik arah pintu, jendela, tempat parkir, kamar mandi, area sekelilingnya dan sebagainya.

5. Membuat Denah Rumah Sesuai Karakter Rumah Yang Ideal

Membuat denah rumah sekalipun sederhana, bisa saja bukan langkah akhir. Artinya, bisa saja di kemudian hari ada penambahan ruangan untuk mengisi rumah, seperti membuat kamar tambahan.

Bila memang membuat denah rumah tidak untuk pesiapan rumah untuk masa depan, tidak ada lagi ruangan tambahan. Padahal, anggota keluarga bertambah yang membutuhkan pertambahan ruangan.

Jadi, ada baiknya, membuat denah rumah yang bisa memiliki karekter ideal. Berikut karakter rumah yang ideal:
  • Ruangan rumah bersifat fleksibel, bisa dirubah-rubah, seperti dari ruangan keluarga, ditambah untk kamar.
  • Memiliki tata ruang yang ideal, contoh, kamar mandi tidak dibuat di ruangan tamu.
  • Membiarkan rumah mendapatkan sirkulasi udara yang baik
  • Ukuran bangunan yang cukup sesuai jumlah penghuni
Hal di atas lalu diterapkan sebagai cara membuat denah rumah yang sederhana. Tentunya, membuat denah rumah sederhana sebagai gambaran asli rumah yang akan dibangun atau sesudah dibangunu.

Posting Komentar untuk "5 Cara Membuat Denah Rumah Sederhana"