Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Rumah Dengan Cepat Setelah Banjir

Air banjir identik dengan air kotor karena tercampur tanah dan lainnya. Kalau air banjir masuk ke dalam rumah, kotorannya bisa saja memengaruhi kondisi warna sofa, tembok dan juga lantai. Bila tampilannya berubah menjadi jelek, bisa menurunkan nilai jual properti. Tentunya, anda perlu tahu cara membersihkan rumah dengan cepat setelah banjir agar tidak sampai menurunkan nilai properti.

Sumber: www.dogtas.com


Bersihkan Furnitur dan Perabotan Rumah Yang Terkena Air Banjir

Cara membersihkan rumah terlebih dahulu adalah mengeluarkan furnitur terlebih dahulu ke tempat yang kering tetapi jangan sampai terkena hujan. Ini cara untuk pembersihan furnitur itu sendiri dan membersihkan ruangan dalam rumah.

Furnitur yang harus terhindar dari terkena air harus segera dibersihkan. Pada awalnya memang membersihkan dengan menggunakan air. Tetapi, pembersihan ini untuk menghilangkan kotoran. Setelah dibersihkan dengan air, bisa dikeringkan kembali dengan kain atau sejenisnya.

Memang, agak sulit bila harus membersihkan sofa yang berbahan kain atau bahan yang mampu menyerap air. Tentunya,  kesulitan lainnya yaitu pembersihan ruangan dalam sofanya.

Cara membersihkan sofanya, terlebih dahulu dikeringan terlebih untuk memudahkan pembersihan di bagian luar.

Untuk pembersihan perabotan, bisa di atur seperti mencuci seperti keseharian mencuci. Tetapi, rata-rata perabotan berada di atas yang sebagian rumah tidak terkena air banjir.

Membuang Barang yang Sudah Rusak

Cara membersihkan rumah memang membersihkan air kotor, lumpurnya, dan juga membersihkan dari barang-barang yang sudah rusak akibat banjir. Hal ini untuk menghindari bau busuk, sarang kuman dan lainnya.

Pembersihan dari barang rusak untuk memudahkan dalam pembersihan lantai. Biasanya, banyak barang rusak yang berserakan di lantai.

Membersihkan Tembok Rumah Bekas Banjir

Cara membersihkan rumah harus di mulai dari bagian atas. Tentunya, area tembok yang perlu didahulukan pembersihannya. Kalau tembok sudah bersih, pembersihan lantai bisa berjalan. Kalau tembok masih kotor, bisa jadi lantai yang sudah bersih menjadi kotor kembali akibat pembersihan tembok.

Cara membersihkan tembok bekas banjir bisa menggunakan air jernih saja. Untuk cara cepat dan merata mempersihkan tembok, bisa menggunakan semprotan yang bisa untuk menyiram tanaman. Semprotannya tidak keras tetapi bisa menyebar luas. Tentunya, tidak sampai merusak tembok.

Bila ada wallpaper sebagai lapisan tembok, bisa dilepas terlebih dahulu. Barangkali ada air yang masuk di sela-sela wallpaper yang bisa berpotensi mengotori area dtembok. Bila memang pemasangannya rapet sehingga tidak ada sela-sela yang bisa dimasuki air, anda cukup membersihkan saja sampai terlihat bersih.

Membersihkan Lantai Dari Air dan Lumpur Sisa Banjir

Air banjir yang mengalir biasanya menyisakan sedikit air di rumah. Airnya pun keruh bercampur lumpur. Anda harus bertindak cepat membersihkan sebelum berubah menjadi bau.

Hilangkan air terlebih dahulu bila masih memiliki genangan dengan menggunakan ember atau sejenisnya. Atau, bisa mengusir keluar airnya.

Cara membersihkan rumah setelah airnya surut, bisa menggunakan serokan karet yang cukup efektif mengeluarkan air bahkan lumpur sampai lumayan kering. Bersihkan air kotornya sampai tidak bisa lagi diserok. Bila kesulitan menghilangkan lumpur, bisa menggunakan air jernih untuk mengusirnya.

Cara selanjutnya untuk membersihkan rumah setelah air terlihat habis adalah dengan mengeringkannya dengan kain atau kertas. Jangan dibasuh dengan air kembali untuk menghindar dari kekotoran berikutnya. Lantai kotor ketika terkena air bisa menjadi tambah kotor.

Biarkan kering terlebih dahulu lantainya agar menjadi debu.

Tahap akhir membersihkan rumah adalah menyapu untuk menghilangkan debu-debu bekas lumpur banjir. Lalu, anda bisa mengepelnya agar lantai menjadi wangi. Ada baiknya, anda memakai antiseptik dalam pengepelan agar bisa membunuh kuman atau bakteri bekas banjir yang bisa bertahan di lantai kering.

Cara cepat membersihkan lantai rumah tentunya harus bersama-sama dengan anggota keluarga anda. Ini cara cepatnya. Anda bisa membagi untuk tiap ruangannya.

Membenahi Kembali Seperti Sedia Kala

Pastikan lantai sudah kering. Bahkan, anda sudah membersihkan lantai dari debu dan juga mengepelnya. Setelah itu, anda membenahi kembali furnitur dan hal lainnya yang sempat untuk dibersihkan, dipindahkan.

Tentunya, anda bisa mempelajari, apa saja resiko akibat banjir, apakah bisa merusak properti atau tidak, bisa merusak furnitur atau desain interior atau tidak. Bagaimana menghadapi banjir untuk tahun depan, apakah mau mengalami proses membersihkan rumah yang sama atau tidak?

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Rumah Dengan Cepat Setelah Banjir"