Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor

Pada musim hujan, pemilik rumah merasa cemas karena hujan bisa membuat atap rumah bocor. Kalau atap rumah sudah bocor, tentunya cukup mengganggu aktifitas di rumah. Bahkan, kebocoran bisa merusak lapisan yang ditetesi air. Kalau ada titik kebocoran, rasanya, ingin segera ke atap untuk membenarkan kebocoran. Masalahnya, cara mengatasi atap rumah bocor bisa dikatakan agak sulit dalam menaikinya.

atap rumah bocor
Sumber:mydividedsky.com

 

Ada baiknya, sebelum membangun rumah, ketahui terlebih dahulu penyebab atap rumah bisa bocor. Hal ini untuk meminimalisir potensi atap rumah yang bocor. Bisa saja, anda salah membeli genting, reng atau salah memilih tukang.

Banyak atap yang bocor bisa menurunkan harga ketika berniat menjual rumah. jadi, anda perlu merawat atap dengan baik.

1. Salah Pemasangan Atap Genteng dan Cara Mengatasinya

Kalau ada kesalahan pemasangan atap atau genteng rumah, ini bukan kesalahan anda. Tetapi, ini kesalahan tukang yang masang genteng. Berarti si tukang kurang ahli dalam pemasangan, terutama di area talang (saluran air).

Cara mengatasi atap rumah bocor karena kesalahan pemasangan, bisa merapatkan kembali dengan cara:
  • Mengulangi kembali pemasangan genteng bila kebocorannya parah.
  • Menutupi dengan pelapis sampai sempurna di area talang bila kebocorannya di area talang
  • Lebih baik menggunakan reng bahan logam (metal) daripada bambu sebagai tumpuan genteng
  • Genteng multi roof solusi tepat untuk pemasangan sempurna kekinian
  • Memberikan alumunium untuk mengurangi panas dan mencegah rembesan air

2. Perubahan Posisi Karena Kondisi Alam dan Cara Mengatasinya

Hujan deras bisa menggeser posisi genteng. Biasanya, area genteng yang tergeser berada di bagian talang. Talangnya biasanya berisi lapisan penutup sebagai sambungan ke arah genteng lain. Tidak bisa ditutup genteng karena bentuknya segitiga, mengkrucut sebagai batasanya.

Semakin besar hujan, tentunya, akan merubah posisi genteng dengan mudah karena kurangnya pengerat antar genteng di area talang ini. Hal ini yang menyebabkan atap rumah bocor karena terbukanya di area lapisan penutup talang.

Gempa bumi ringan juga bisa menggeser posisi genteng sehingga ada celah yang menyebabkan air bisa masuk.

Cara mengatasi atap rumah bocor cukup mudah karena biasanya perubahan posisinya memang tidak banyak. Anda cukup menggeser-geser genteng ke posisi semula.

Tetapi, untuk mengatasi atap bocor karena gempa perlu perhatian khusus karena bagian yang bocor bukan sekedar pindah posisi. Bisa saja ada beberapa genteng yang retak. Kalau ada yang retak, perlu membeli genteng kembali. Bisa dengan cara menambalnya bila genteng terbuat dari metal (logam).

3. Banyak Tumpukan Sampah Dan Cara Mengatasinya

Jangan membiarkan pohon besar terus-menerus memberikan sampai daun untuk atap rumah anda. Hal ni bisa sebagai penyebab atap rumah menjadi bocor. Ketika banyak sampah, aliran air bisa terhambat untuk bisa jatuh. Karena tidak bisa jatuh dengan lancar, otomatis aliran air bisa ke arah lain yang biasanya menuju sela-sela genting. Akhirnya, air jatuh ke dalam rumah.

Biasanya, efek bocornya bisa deras sesuai pengalaman beberapa pemilik rumah. Jadi, atap penuh tumpukan sampah daun pohon tidak bisa diremehkan.

Cara mengatasi atap bocor karena tumpukan sampah:
  • Potong batang pohon yang memberikan sampah di atap rumah
  • Bersihkan atap rumah dari sampah daun pohon
  • Perbaiki posisi genteng barangkali ada yang berubah posisi
  • Menanam pohon di area yang tidak setinggi genteng

4. Kualitas Genteng Sudah Lapuk dan Cara Mengatasinya

Genteng yang sudah lapuk biasanya genteng yang sudah berumur lebih dari 20 tahun. Ketika genteng sudah lapuk, bisa tumbuh lumut. Dalam jangka waktu lama, lumut bisa memberikan efek licin yang membuat genteng bisa berubah posisi. Bertahun-tahun terkena air hujan juga ikut andil merubah posisi genteng. Akhirnya, atap rumah menjadi bocor.

Cara mengatasi atap rumah yang gentengnya sudah lapuk memang susah. Karena sudah lapuk, tidak bisa dinjak kaki. Padahal, posisi bocornya ada di tengah. Kaki harus melangkah ke area genteng yang harus diberesi. Masalahnya, gentengnya sudah lapuk.

Langkah yang harus dilakukan tentunya mengganti genteng. Anda bisa mengganti genteng kokoh dari keramik atau yang kuat lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor"