Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Punya Rumah Dengan Gaji Kecil

Bagaimana cara punya rumah dengan gaji kecil? Setiap orang memang berkeinginan mempunyai rumah, bahkan rumah yang mewah. Namun, apa daya, gaji kecil membuat seseorang tidak bisa dengan mudah mempunyai rumah. Masalahnya, sekarang rumah sudah mahal. Lalu bagaimana solusi untuk bisa mempunyai rumah dengan gaji kecil?

Sumber: Tirto.id

 

Cara-cara Menyiasati Gaji Kecil Untuk Punya Rumah

Memahami kondisi keuangan terlebih dahulu harus anda lakukan sebelum memutuskan untuk membangun rumah. Selagi masih memiliki rumah orang tua atau mertua, anda masih memiliki waktu luang untuk punya rumah dengan gaji kecil.

1. Menyiapkan niat untuk menyisakan gaji untuk punya rumah

Semakin kecil gaji dari pekerjaan, semakin besar pula niat untuk punya rumah. Hal ini yang harus ditanamkan. Karena kalau gaji kecil tetapi niat punya rumahnya kecil, bisa menyebabkan sulit untuk usaha punya rumah. Karena anda merasa memiliki gaji kecil yang tidak mungkin bisa untuk punya rumah.

Memiliki gaji besar pun pada dasarnya harus mempunyai niat besar juga dalam usaha punya rumah. Karena berurusan dengan kualitas rumah yang mau dipilih.

2. Menghitung pengeluaran total per bulan

Sering kita tidak menghitung pengeluaran. Langkah ini bisa beresiko untuk keuangan di bulan berikutnya atau di masa depan. Anda bisa menghitung total pengeluaran, apapun pengeluarannya.

Sebagai misal, gaji anda sekitar 3 juta per bulan. Bila jumlah pengeluaran dihitung  total, berapakah hasilnya? Kalau misalkan lebih dari 2 juta, tentunya, apakah perlu untuk mengurangi atau tidak?

3. Pangkas pengeluaran yang bisa dipending

Anggap saja, anda mengeluarkan uang sampai 2500.000 untuk kebutuhan sehari-hari selama sebulan. Nah, pengeluaran yang sudah anda hitung totalnya, bisa untuk dipangkas lag. Misalkan sisa 500.000 belum cukup untuk usaha punya rumah dengan gaji kecil dalam jangka 5 tahun.

Anda perlu berkonsultasi pada pasangan anda mengenai pengeluaran yang perlu dipangkas terlebih dahulu. Anda bisa menentukan, sampai berapa besar jumlah sisanya setelah pengeluarannya dipangkas. Anggap saja, anda memutuskan untuk mengambil 1000.000 untuk usaha punya rumah.

4. Kumpulkan total bersih penghasilan gaji untuk usaha punya rumah

Setelah penghasilan bersih sudah ditentukan berapa, misal 1000.0000, anda bisa mengumpulkan untuk kebutuhan punya rumah. Anda bisa targetkan sampai berapa tahun pengumpulannya. Anggap saja, 5 tahun pengumpulan.

Pengumpulan uang bersih sampai 5 tahun guna menyiapkan bekal apabila anda memilih jalur kredit atau cicilan dalam pembelian rumah. Gunakan uang pengumpulan ini untuk mencicil rumah selama 5 tahun.

Tentunya, pengumpulan uang bersih masih tetap berjalan untuk kebutuhan cicilan rumah di tahun kemudian yakni untuk 5 tahun pelunasan.

5. Pilih rumah yang mau anda targetkan sesuai penghasilan bersih

Setelah itu, menentukan pembelian rumah sesuai cicilan per bulannya. Semakin mahal rumah, tentunya semakin lama juga angsurannya. Anda bisa memilih rumah, kalau ada, yang dijual seharga 120.000.0000. Nah, anda bisa menyelesaikan angsuran selama 10 tahun.
  • 5 tahun: cicilan uangnya dari tabungan uang bersih selama 5 tahun sebelum melakukan pembelian rumah.
  • 5 tahun: cicilan uang hasil tabungan yang baru untuk 5 tahun kemudian setelah pembelian rumah.

Lebih baik, anda mengandalkan rumah subsidi lewat KPR agar bisa dijamin transaksi cicilannya.   

Beberapa Cara Punya Rumah Dengan Gaji Kecil

Di sini, akan menjelaskan cara-cara yang bisa anda pilih dalam dalam usaha punya rumah dengan gaji kecil.

1. Membeli rumah orang tua yang telah meninggal

Bisa saja anda mendapatkan kesempatan punya rumah hasil warisan orang tua. Tentunya, rumah ini berasal dari warisan orang tua anda kepada anak-anaknya. Nah, anda bisa berunding dengan saudara kandung yang lain mengenai pembelian rumah. Nantinya, pembayaran bisa dibagi-bagi ke saudara kandung anda.

Biasanya, harga jual rumah orang tua atau rumah warisan bisa berharga murah sesuai kesepakatan ahli waris.

2. Mengandalkan KPR rumah bersubsidi

Bila memang mau mengandalkan KPR rumah bersubsidi, ada baiknya untuk memilih rumah inden. Karena, rumah inden bisa melakukan cicilan dengan nominal yang kecil.

Kalaupun anda ingin membeli rumah jadi, dengan tetap memberlakukan cicilan, anda sudah memiliki bekal uang sebesar kurang lebih 60.000.000. Ketika pengembang memiliki aturan cicil 10 tahun tetapi dalam nominal yang besar di awal, anda sudah siap membayar.

3. Membeli tanah kavling

Membeli tanah kavling adalah tanah yang siap untuk dijadikan rumah. Bila tanah bisa dicicil pembayarannya, anda sudah memiliki bekal banyak. Fokus yang dilakukan adalah mebuat pondasi. Anda tinggal membagi uang bersih untuk cicilan tanah dan juga membeli bahan-bahan bangunan membuat rumah.

Posting Komentar untuk "Cara Punya Rumah Dengan Gaji Kecil "