Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Khas Rumah Idaman Bali Melestarikan Tradisi

Properti rumah jangan sampai mengubah arus budaya. Ciri khas rumah idaman Bali melestarikan tradisi yang bercorak, bermuatan atau berajaran Hindu harus diperhatikan. Kebanyakan orang Bali mengangkat tradisi di dalam pembangunan rumah. Ini yang membuat arus perubahan budaya global tidak melewati perumahan orang Bali.

rumah idaman bali
Sumber: Airbnb
 

Ada keunggulan tersendiri ketika ciri khas rumah idaman Bali tetap dilestarikan. Keunggulan wisata yang diharapkan, salah satunya. Wisatawan menikmati Bali bukan hanya menikmati pantai. Mereka menikmati Bali tentu menikmati kebanyakan pemandangan indah Bali, terutama yang berbau tradisi budayanya.

Bagaimana ciri khas rumah di Bali sebagai rumah idaman masyarakat Bali dalam rangka melestarikan tradisi Bali?

Ritual Sebelum dan Sesudah Membangun Rumah Idaman Bali

Masyarakat Bali mempercayai hari yang tepat dalam mengawali membangun pondasi rumah. Hari yang diyaknini adalah Senin, Rabu, Kamis dan Jumat. Hari ini adalah hari yang baik untuk membuat pondasi rumah idaman Bali.

Upacara atau ritual dalam membangun rumah seperti yang dilansir Medcom:

  • Upacara Ngruwak: upacara memohon izin para roh halus agar mengizinkannya. Di lakukan sebelum membangun
  • Upacara Nasarin: upacara agar rumah dan pemiliknya berpegang teguh pada filsafat Hindu. Dilakukan ketika peletakan batu pertama rumah.
  • Upacara Mamakuh: upacara untuk menyucikan dari kotoran dan menjadikan benda mati berubah jadi hidup. Dilakukan setelah selesai membangun rumah idaman.
  • Upacara Mlaspas: upacara pembersihan rumah agar layak ditempati dan pemberi kedamaian untuk penghuni rumah. sebagai upacara terakhir.
 

Harmonisasi Pada Rumah Idaman Bali

Konsep harmonisasi memang selalu nampak pada perumahan orang Bali. Konsep harmonisasi ini yang menyatukan hubungan antar manusia, alam dan tuhan. Ini menjadi dasar atau karakter dalam arsitektur rumah idaman di Bali.

Ciri khas harmonisasinya, biasanya, rumah di Bali dikelilingi taman yang khas, seperti dikelilingi pohon kamboja Bali, patung, pure atau lainnya. Rumah juga dilengkapi dengan ukuran kayu, bambu, batu alam yang menandakan rumah selaras dengan alam.

4 Aspek Utama Dalam Membangun Rumah Idaman Bali

Pertama, rumah idaman Bali harus memiliki ventilasi udara. Hal ini untuk lebih menyatu dengan alam. Udara yang keluar-masuk bisa sebagai penyatunya.

Kedua, rumah harus memiliki pondasi yang kokoh. Menurut Tri Loka, rumah ibaratnya tubuh manusia. Jadi, rumah dan manusia harus memiliki pondasi yang kokoh.

Ketiga, rumah idaman Bali dianjurkan memiliki halaman besar agar lebih terjalin hubungan yang harmonis antara penghuni dengan alam. Di dalam ini, nanti memiliki banyak bangunan seperti rumah, pure, dan yang lainnya.

Keempat, rumah idaman Bali memiliki tembok penjaga yang bertujuan untuk batas privasi dan menangkal energi negatif yang akan masuk ke dalam rumah.

Rumah Idaman Bali dalam Aturan Asta Kosala Kosali

Bisa dikatakan, Asta Kosala Kosali mirip dengan Feng Shui yakni aturan bagaimana membangun rumah untuk keberuntungan dan lainnya. Masyarakat Bali percaya bahwa sudut utara-timur bagian yang dianggap suci. Kebalikan dari arah itu yaitu barat-selatan, tentu dianggap rendah.

Seperti yang dilansir  Medcom, berpegang teguh pada Asta Kosala Kosali di dalam rumah idaman Bali tentunya mencakup delapan pedoman untuk desain arsitektur, yakni meliputi kuil, simbol, tahap membangun rumah dan juga satuan pengukuran.

Untuk masalah pengukuran rumah, ternyata tidak seperti pada umumnya pengukuran yakni menggunakan alat meteran. Alatnya menggunakan anggota tubuh si pemilik rumahnya seperti tangan, jari, dan lainnya. Hal ini dipercaya untuk membangun ruangan yang memiliki ikatan antara pemilik dengan bangunan rumah.

Begitulah gambaran besar mengenai ciri-ciri rumah idaman Bali yanh khas, dalam upaya melestarikan tradisi. Tentunya, ada banyak detail rumah Bali yang perlu dijelaskan kembali.

Posting Komentar untuk " Ciri Khas Rumah Idaman Bali Melestarikan Tradisi"