Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kiat Menjadi Pengusaha Properti Ala Robert Kiyosaki

Bila mau menjadi pengusaha properti, anda harus memiliki rujukan kiat menjadi pengusaha properti ala Ropert Kiyosaki atau dari yang lainnya yang sudah sukses melakukannya. Namun rata-rata pengajaran properti dari orang kelas atas seperti Robert Kiyosaki sulit dipahami kalangan yang baru melek kosakata properti. Walaupun sulit dipahami, di sini akan mencoba membahas intisarinya.

Sumber: ideasvoice.com

 

Robert Kiyosaki adalah pengusaha, investor, sekaligus praktisi dalam hal properti. Juga pengajar persoalan melek finansial melalui buku internasional best seller-nya, Rich Dad Por Dad. Ia juga menulis buku seputar Retire Young Retire Rich yang sebagian isinya mengenai persoalan panduan properti.

1. Dari Kuadran Pengusaha Ke Kuadran Investor Properti

Seorang yang memiliki banyak kios yang disewa banyak orang, inilah contoh kecil pasif income dari kuadran investor. Contoh besarnya, tentu penyewaan hotel, apartemen dan yang lainnya. Pada dasarnya, langkah untuk bisa memiliki aset properti adalah dengan menjadi pengusaha terlebih dahulu, yakni pada kuadran bisnis (bisnis bersistem).

Robet Kiyosaki selalu menyarankan untuk membuat aset bisnis yang sebagai pasif income-nya. Ketika menjadi pengusaha properti, pada dasarnya sebagai pengalihkan penghasilan bisnis ke dalam aset properti. Ada dana berlebih untuk terjun ke dalam investasi properti.

Bisa saja modal jadi pengusaha properti dari hasil pinjaman bank atau investor sebagai leverage. Tetapi, cara robert kiyosaki harus memiliki penghasilan dari aset bisnis, dari kuadran bisnis.

2. Merubah Lokasi Menjadi Strategis untuk Investasi Properti

Memang, lokasi adalah inti penting untuk investasi properti. Sebagai pengusaha properti, membeli atau membangun properti harus melihat lokasi yang dianggap strategis. Namun, lokasi strategis properti memiliki definisi yang bisa beragam. Terpenting dari lokasi startegis adalah mindset bagaimana merubah lokasi menjadi strategis, dari hamparan tanah pantai hawai, berubah menjadi real estate.

Menjadi pengusaha properti dari kuadran bisnis tentunya memiliki uang berlebih dari aset bisnis. Pengusaha bisa membayar tim ahli untuk merencanakan investasi properti pada lokasi yang dianggap tidak strategis, lalu dirubah menjadi strategis.

3. Mampu Memahami Potensi Arus Kas Properti

Menurut Robert Kiosaki, properti rumah yang menurut orang rata-rata sebagai aset, sebenarnya bukanlah aset. Apalagi, properti rumah memiliki luas bangunan, tentunya, biaya beban atau liabilitasnya makin besar. Tapi menurut cara pandang orang kaya, kuadran investor, rumah bukanlah aset selagi tidak menghasilkan pasif-income.

Jadi, kiat menjadi pengusaha adalah mampu memahami potensi arus kas properti, apakah berpotensi sebagai liabilitas atau potensi sebagai aset yang menghasilkan pasif-income. Memahami persoalan potensi properti tentu harus dimulai dengan memahami detail pembangunan propertinya seprti apa.

Inti dasar pembelajaran menjadi pengusaha properti kelas investor tentu kemampuan membaca laporan keuangan. Hal ini bisa dikuasai dengan terlebih dahulu membangun aset bisnis.

4. Melakukan Investasi Properti Atas Nama Perusahaan

Menjadi pengusaha properti kelas investor harus memahami bahwa perusahaan bisa memiliki properti. Sebagai contoh gedung mall milik perusahaan tertentu. Tetapi di samping mall ada tempat penginapan hotel milik perusahaan yang sama. Ini yang dimaksud berinvestasi properti atas nama perusahaan.

Jadi, melakukan investasi properti atas nama perusahaan salah satu kiat jadi menjadi pengusaha properti yang makin kaya menurut Robert Kiyosaki.

Ungkapan menariknya: orang kaya tidak membayar pajak. Karena omsetnya sudah dikurangi untuk kepentingan atas nama perusahaan. Bahkan mereka tidak memiliki uang atas nama pribadi, menurut Robert Kiosaki. Termasuk rumah keluarga dan lainnya atas nama perusahaan. Ketika perusahaan bangkrut, bisa jadi sebagian rumah ikut disita. Hal ini karena aset properti atas nama perusahaan.

Tentunya, aturan perpajakan dan perusahaan tiap negara memiliki aturan yang berbeda.

Posting Komentar untuk "4 Kiat Menjadi Pengusaha Properti Ala Robert Kiyosaki"