Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Beli Rumah DP 0 Persen Agar Tidak Terjebak Cicilan

Apakah beli rumah DP 0 persen bisa sebagai solusi? Hal ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang sudah siap memiliki rumah dengan persiapan keuangannya. Artinya, anda memang membutuhkan segera di saat penghasilan masa depan lebih terjamin. Tentu, perlu panduan beli rumah DP 0 persen agar tidak terjebak cicilan dengan istilah DP 0%.

Sumber:sindonews.com

 

Seperti yang dilansir di laman Detik, kehati-hatian beli rumah DP 0 persen perlu dihadirkan. Hal ini bukan menjadi solusi final karena bisa berdampak pada utang pokok yang bisa saja makin semakin membesar. Bahkan biaya cicilannya yang tidak ideal untuk setiap bulannya.

Bisa saja, orang yang berminat beli rumah DP 0 persen adalah orang yang tidak memiliki biaya cadangan atau disebut tabungan yang khusus untuk pembelian rumah. Padahal, ada DP atau tanpa DP, harga jual tetap saja sama. Bahkan, resiko beli rumah DP 0 persen yaitu cicilannya jauh lebih besar.

Persiapkan Untuk Rencana Beli Rumah DP 0 Persen

Beli rumah DP 0 persen memang bermanfaat bagi mereka yang memang membutuhkan rumah dengan cepat tanpa harus menabung untuk kebutuhan pengumpulan uang DP yang biasanya sebesar 30%. Kalau harga rumah sekitar 200 juta, maka uang DP-nya sebesar 60 juta.

Untuk sebagian orang, 60 juta bisa saja terkumpul sampai 6 tahun. Ketika membutuhkan rumah dengan cepat, beli rumah dengan DP bukan solusi terbaik.  Perlu beli rumah DP 0 persen agar segera menempati rumah.

Ada beberapa faktor, salah satunya ada kecocokan rumah tinggal sehingga membutuhkan rumah sesegera mungkin dengan solusi tanpa DP. bisa saja kesempatan hilang bila menanti.

1. Persiapkan penghasilan bulanan dalam kondisi stabil

Pastikan anda memiliki penghasilan yang tetap yang sekitarnya dianggap mampu untuk mencicil rumah DP 0 persen. Bahkan, penghasilannya bisa mampu mencicil bila terjadi pembekakan biaya cicilan karena faktor pengembangan bunga.

2. Memiliki tabungan yang bisa membantu cicilan

Setidaknya, anda memiliki simpanan tabungan yang besarnya hampir separo dari beli rumah dengan DP atau berniat menabungkan. Hal ini untuk memberikan keyakinan bahwa anda siap mencicil. Uang tabungan bisa saja sebagai bekal persiapan bila ada pembekakan biaya cicilan karena faktor bunga.

3. Membeli rumah yang cicilannya setengah dari gaji pokok

Pastikan anda membeli rumah yang menyesuaikan penghasilan anda tiap bulannya. Sebagai misal, anda membeli rumah seharga 400 juta. Bila gaji anda sebesar 15 juta, bisa mengambil cicilan separuhnya seperti 8 juta atau sekitar 5 tahun pencicilan. Berbeda bila penghasilan anda sekitar 10 juta, bisa mengambil cicilan lebih lama lagi.

4. Siap untuk membayar cicilan pertama


Sekalipun beli rumah DP 0 persen, pada hakekatnya, anda tetap dibebankan biaya lain yang juga besar. Tentunya, karena tidak ada biaya DP, cicilan awal yang seharusnya besar, jadi menyusut. Hal ini karena anda memilih jalan beli rumah DP 0 persen.

Mengapa cicilan pertama lebih besar? Berikut beberapa pembayaran yang harus dikelaurkan:

  • Biaya bank
  • Akte jual beli
  • Bea balik nama
  • Dan sebagainya


Mungkin, cicilan per bulan yang seharusnya 8000.000 bisa membengkak menjadi 30 juta lebih. Hal ini wajar. Namun jauh lebih baik daripada sistem DP yang mungkin cicilan awalnya jauh lebih besar.

Penuhi Syarat untuk Beli Rumah DP 0 Persen

Beli rumah DP 0 persen memiliki proses yang sama seperti pengajuan KPR biasa. Hanya saja, perbedaannya pada DP yakni pembelian dengan 0% DP dan yang memiliki jumlah persen DP.

Pemenuhan syarat harus dilakukan guna untuk mendapatkan rumah tanpa DP, seperti yang dilansir pada laman Dekoruma, yaitu:

  • Warga negara yang sudah berusia 21
  • Memiliki jaminan penghasilan tetap
  • Catatan kredit sehat
  • eKTP (fotokopy) dan bila sudah menikah bisa beserta eKTP pasangannya.
  • Kartu keluarga (fotokopy)
  • NPWP pribadi (fotokopy)
  • Slip gaji 3 bulan terakhir
  • Surat kerja atau praktek
  • Rekening (fotokopy)
  • Surat nikah (bila sudah menikah) atau cerai
  • Akta posah harta kalau memang ada
  • Surat rekomendasi perusahaan


Mungkin, hal yang mengganjal dari syarat pengajuan rumah tanpa DP adalah surat rekomendasi perusahaan. Padahal, perusahaan tidak ada kaitannya dengan keinginan beli rumah DP 0 persen.

Posting Komentar untuk " Panduan Beli Rumah DP 0 Persen Agar Tidak Terjebak Cicilan"