Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Rumah Bekas dengan Pengajuan KPR

Bagaimana tips membeli rumah bekas dengan pengajuan KPR? Mungkin anda memiliki pandangan lain persoalan kata ‘bekas’ sehingga tidak ada pikiran untuk pengajuan KPR. Rumah bekas bukan identik rumah yang tidak layak pakai. Rumah bekas bisa dikatakan rumah yang sudah terpakai. Artinya, membeli rumah bekas sekedar berlawanan dengan membeli rumah baru.

Sumber: tribunnews.com



Berbeda dengan membeli rumah baru, membeli rumah bekas biasanya sudah berbentuk rumah. Hal ini yang membuat rumah bekas membutuhkan bukti langsung kelengkapan surat-surat atau dokumen lain persoalan rumah. Apalagi, rumah bekas yang akan dibeli akan dibayar dengan menggunakan KPR. Pengajuan KPR tentu perlu persyaratan yang lengkap, salah satunya persoalan status rumah bekas.

Mempertimbangkan Lokasi Sebelum Membeli Rumah Bekas

Bila anda masih sendirian, tidak perlu banyak mempertimbangkan dalam membeli rumah bekas. Berbeda bila anda sudah berkeluarga, apalagi sudah memiliki beberapa anak, mempertimbangkan lokasi sebelum membeli rumah bekas memang penting diperhatikan baik-baik.

Tidak semua lokasi rumah cocok dengan tradisi dan karakter anda. Ada lokasi rumah yang masyarakatnya rawan pertengkaran, perkelahihan dan konflik lainnya. Begitu juga sebaliknya. Ada lokasi yang masyarakatnya memang kurang setuju dengan tradisi dan karakter anda. Tetapi, apapun lokasinya, bergantung keputusan anda sendiri.

Setidaknya, memperhatikan lokasi rumah yang berkaitan dengan:

  • Jangkauan ke tempat pekerjaan
  • Jangkauan ke tempat pendidikan anak
  • Terpenuhinya kebutuhan pokok sesuai gaya hidup
  • Terpenuhinya keamanan keluarga


Memiliki Dokumen Lengkap pada Rumah Bekas

Dokumen lengkap biasanya bergantung dimana lokasi rumahnya. Di lokasi yang belum perlu memiliki sertifikat “Izin Mendirikan Bangunan” alias IMB tentu tidak diperlukan meminta dokumen ini karena biasanya tidak ada.

Tetapi, ada baiknya, anda meminta kelengkapan surat-surat yang memang harus ada yang berlaku pada rumah secara umum. Barangkali, ada rumah yang berinisiatif meminta surat IMB.

Bila memang belum memiliki kelengkapan dokumen, bank sendiri tentu sulit mencairkan KPR. Artinya, pengajuan KPR ditolak bank. Ada baiknya, dokumen yang belum ada, dilengkapi yang memang sebagai syarat agar rumah bisa dijadikan jaminan KPR.

Meninjau Langsung Sebelum Memutuskan Membeli Rumah

Meninjau langsung rumah untuk memutuskan apakah kondisi asli rumah bisa disetujui untuk dibeli atau tidak. Kalau misalkan kondisinya buruk, tetapi anda tidak mempermasalahkan, bisa dilanjutkan membeli rumah bekas. Jadi, meninjau langsung untuk memastikan kondisi aslinya disetujui atau tidak. Hanya saja, harga harus menyesuaikan kondisi rumahnya.

Bila harga rumah ingin lebih murah, anda bisa meniadakan pembelian furniture dan isi rumah lain yang tidak penting, tidak dibutuhkan.

Menghitung Biaya Berdasarkan Hitungan Rumah Baru

Penjual rumah bekas, apalagi orang yang menjualnya memang menginginkan keuntungan dari penjualan properti, akan memberlakukan biaya yang tidak murah. Padahal, anda menginginkan harga rumah bekas dengan harga yang jauh lebih murah.

Properti memang menyusut nilainya. Tetapi, penyusutannya pun tidak bisa diketahui bila tidak tahu harga berdasarkan rumah baru. Bisa jadi, penjual rumah memberikan harga sama persis dengan harga rumah baru. Padahal anda membeli rumah bekas berumur 5 tahun. Tentu, anda bisa rugi bila harga tidak sesuai dengan penyusutan nilai properti.

Persiapan Biaya untuk Mengurus Kepemilikan Rumah Bekas

Walaupun membeli rumah bekas, mengurus dokumen atau hal penting lainnya memang sama seperti membeli rumah yang baru dibangun. Otomatis, harganya sesuai pada waktu sekarang.

Berikut beberapa hal yang membuat anda harus mengeluarkan biaya.

  • Biaya Pengecekan Sertifikat
  • Pajak Penghasilan (PPh)
  • Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB)
  • Akta Jual Beli (AJB)
  • Biaya Balik Nama
  • Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)


Mengajukan KPR untuk Membeli Rumah Bekas

Mengajukan KPR untuk membeli rumah bekas sama seperti KPR untuk rumah baru. Pihak bank akan mensurvei rumah bekas yang akan dibeli. Nantinya, rumah diperkirakan harganya berapa untuk mengucurkan/mencairkan KPR. Bank juga akan mencairkan hanya sekitar 70% dari harga taksiran sesuai bank. Anda tetap membutuhkan uang DP untuk membeli rumah bekas dengan KPR.

Posting Komentar untuk " Tips Membeli Rumah Bekas dengan Pengajuan KPR"