Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Keramik Lantai Rumah

Tips memilih keramik lantai rumah adalah dengan terlebih dahulu menyadari bahwa investasi mahal rumah bisa terletak di keramik lantai, dan jenis lapisan lantai lainnya. Semakin bagus kualitas keramik yang dipilih, tentunya rumah semakin mahal. Kualitas keramik lantai yang berkualitas terbaik biasanya memiliki harga jual yang mahal. Apalagi, lapisan lantai terbuat dari batu alam seperti lantai marmer dan lantai granit, jauh lebih mahal lagi.

Tips Memilih Keramik Lantai Rumah
Sumber: madonamarbles.com


Memahami Perbedaan Keramik dan Batu Alam Untuk Lantai

Tips pertama yaitu memilih keramik lantai rumah harus bisa membedakan keramik lantai dan batu alam lantai.

Keramik sendiri hasil proses pembuatan secara sengaja oleh tangan manusia. Bukan seperti baru marmer, batu granit yang dihasilkan dari proses alam sehingga menjadi batu alam. Meski berbeda, baik keramik atau batu alam bisa digunakan untuk lapisan lantai.

Memang, dalam prosesnya, ada desain keramik lantai rumah yang memang menyerupai motif batu alam. Bahkan, keramik motif batu alam seperti solusi bagi mereka yang tidak memiliki biaya besar namun ingin menikmati keindahan karakteristik batu alam.

Anda tinggal bertanya, batu alam asli atau cuma keramik motif batu alam. Atau, membeli batu alam lantai ke toko batu alam.

Memilih Warna Keramik Yang Serasi

Tips kedua memilih keramik lantai rumah adalah memilih warna keramiknya yang selaras dengan warna lain yang ada di rumah. Intinya, warna tidak bertentangan dengan warna lain sehingga kesannya ruangannya berwarna-warni.

Memilih warna keramik lantai juga harus sesuai dengan kondisi ukuran ruangan rumah. Hal ini untuk memberikan kesan bagaimana kondisi ruangan untuk penghuninya.

Ruangan sempit bisa memakai keramik yang cerah seperti memilih warna krim atau pastel. Kalau dipasang di kamar mandi, ruangannya terasa luas karena dibantu kecerahan keramik.

Ruangan besar seperti ruang keluarga, bisa menggunakan warga yang gelap untuk memberikan kesan hangat. Namun, warna gelap keramik lantai lebih tepat untuk bagian teras karena didukung pencahayaan yang bagus.

Memilih Keramik Yang Sesuai Gaya Rumah

Tips ketiga dalam memilih keramik lantai rumah adalah keramik lantai harus sesuai dengan gaya rumah. Tidak cocok bila memilih keramik lantai model victoria yang memang rumit dan berat kalau kebutuhannya untuk rumah bergaya minimalis. Seharusnya, keramik lantai yang bisa memberikan kesan lapang dan namun sederhana ketika hunian bergaya minimalis.

Memilih Ukuran Keramik Sesuai Ukuran Ruangan

Tips keempat memilih ukuran keramik lantai rumah yang tepat sesuai keluasan ukuran. Di dalam ruangan, pasti ada ruangan luas dan sempit. Semakin luas ruangan, ukuran keramik semakin besar. Bila mau dipasang di ruangan sempit, misal kamar mandi, pemilihan ukuran keramik lantainya makin kecil.

Memilih Tekstur Keramik Lantai

Tips kelimat dalam memilih tekstur keramik lantai rumah memang bergantung dari selera anda. Tekstur keramik lantai memang berbeda-beda. Namun perbedaannya dibagi dua yaitu, keramik mengkilap dan keramik tidak mengkilap.

Bila anda memilih keramik lantai mengkilap, bisa dengan mudah dibersihkan. Bila memilih jenis keramik tidak mengkilap, memang perlu usaha agar kotoran bisa hilang. Hal ini perlu anda perhatikan juga.

Memilih Tukang Bangunan Yang Tepat

Mungkin, tips keenam yang mungkin bisa jadi kesimpulan beberapa tips di atas. Maksudnya, semua diserahin tukang bangunan. Atau, sekedar tips dalam memilih tukang bangunan yang bisa memasang keramik lantai rumah agar keramik yang tepat pilih dipasang oleh orang yang tepat piih juga.

Mungkin, anda mengira bahwa tukang bangunan yang sudah terbiasa membuat bangunan tembok, bisa juga memasangkan keramik lantai di rumah. Jangan sembarangan memilih. Hal ini berurusan dengan keawetan dan keindahan lantai rumah anda.

Jadi, pilihlah tukang bangunan yang sudah terbiasa memasang keramik lantai untuk beberapa ruangan rumah. Bagian teras sepertinya pemasangan keramik yang paling sulit karena rawan terkena air hujan. Bila tukang bangunan berhasil mengawetkan pemasangan di area teras, berarti layak untuk dipilih.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Keramik Lantai Rumah"