Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untung-Rugi Investasi Apartemen di Perkotaan

Sebelum membahas untung-rugi investasi apartemen di perkotaan, tentunya harus dipahami terlebih dahulu pemahaman investasi. Investasi bahasa sederhananya adalah menanam modal. Ibarat menanam biji pohon, investasi apartemen akan tumbuh menjadi pohon apartemen yang akan menghasilkan buah keuntungan. 

Sumber:Jawapost.com
 

Perencanaan investasi yang perlu diperhatikan dengan baik. Rencana jangka panjang biasanya menjadi solusi dalam investasi apartemen. Tentunya, investasi properti menjadi bagian rencana investasi lainya yang sedang dilakukannya. Alur kerjanya, dari membangun aset bisnis, menjadi membangun aset apartemen dan lainnya.

Untung Rugi Investasi Apartemen Kelas Pengembang

Yang menjadi peran penting dalam investasi apartemen adalah pihak developer atau pengembang. Tentunya, pihak pengembang bisa menjadi bagian dari investor. Begitu juga investor yang terlibat, bisa termasuk bagian dari pengembang walaupun dibalik layar.

Dimana penghasilan jangka panjangnya untuk pengembang? Tentunya, pemilik properti tetap dibebankan biaya yang di luar dari pembelian unit properti. Inilah penghasilan pengembang jangka panjang.

Keuntungan:

  • Keuntungan besar bila berhasil
  • Lebih mudah menjual atau menyewakan apartemen di kota strategis
  • Tidak membutuhkan tanah yang luas untuk membangun banyak unit
  • Sebagai penghasilan jangka panjang
  • Diminati banyak investor bermodal besar


Kerugian:

  • Bisa mendapat kerugian yang besar bila gagal
  • Resiko kerusakan properti bisa saja terjadi
  • Pembangunan apartemen gagal terbangun


Untung Rugi Investasi Kelas Pembeli Unit Apartemen

Pembeli unit apartemen adalah pembeli yang di luar pihak pengembang. Konsumen biasa bisa memiliki apartemen dengan membeli per unitnya. Setelah dibeli, apartemen bisa disewakan atau dijual kembali. Disini, sebagai pembeli apartemen pun bisa berinvestasi apartemen.

Keuntungan:

  • Bisa mendapat untung lebih tinggi bila membeli apartemen lantai atas
  • Sebagai investasi jangka panjang
  • Menghasilkan pasif income tanpa perlu membuat bangunan
  • Diminati para pekerja di kota besar

Kerugian:

  • Tidak memiliki harga jual tanah
  • Bisa sulit mendapatkan peminat bila berada di lantai bawah
  • Furnitur milik pribadi bisa berpotensi rusak
  • Beresiko mendapat penyewa yang susah membayar cicilan
  • Biaya perawatan apartemen bisa membesar tiap tahunnya di saat tidak ada penyewa


Cara Menghindari Kerugian Investasi Apartemen agar Untung Jangka Panjang

Cara menghindari kerugian, harus diawali dengan pengembang terlebih dahulu. Bagaimana pun, laku atau tidaknya apartemen, jadi atau tidaknya apartemen, bergantung dari pusatnya. Untuk itu, perhatikan terlebih dahulu bagaimana pembangunan apartemen.

Investor kecil yakni pembeli unit apartemen, hanya mengikuti kualitas apartemen yang sudah ada. Mereka hanya menawarkan unit apartemen kepada mereka yang membutuhkan.

1. Memilih lokasi yang ditempati para pekerja kelas atas

Apartemen, sekalipun murah, sebenarnya tempat untuk mereka yang memiliki penghasilan di atas 7 juta rupiah per bulan atau yang memiliki penghasilan besar. Hal ini yang membuat investasi apartemen memperhatikan lokasi. Lokasi yang strategis tentunya di lokasi pusat kota dan bisnis.

Jadi, ada baiknya, ketika memang tidak yakin akan lokasinya, jangan membangun investasi apartemen. Apalagi, apartemen berdekatan dengan rusunawa atau rusunami.

2. Menggalang dana dengan mengunggulkan kualitas investasi apartemen

Para investor akan melihat keuntungan investasinya ketika mengeluarkan modal untuk investasi apartemen. Banyak bangunan-bangungan mangkrak di Jakarta, bisa jadi itu apartemen yang gagal terbangun, kemungkinan karena permodalan macet di saat para investor menarik diri investasinya atau batal berinvestasi.

Maka perlu dikembalikan kematangan proyek yang tidak sekedar memikirkan lokasi tetapi juga manajemen dalam segi berbisnis apartemen.

3. Membangun manajemen bisnis apartemen yang baik

Investasi apartemen tidak sekedar memanam uang di dalam apartemen. Tetapi, bagaimana apartemen dibangun dengan sisi bisnisnya. Pengembang tidak sedang membangun investasi emas atau tanah yang bakalan naik seiring berjalanan waktu. Pengembang sedang membangun investasi apartemen yang membutuhkan market tepat sebanyak mungkin. Hal ini yang membuat perlu untuk membangun manajemen bisnis dalam investasi apartemen.

Pembangunan apartemen melibatkan para tim profesional dalam membangun investasi apartemen. Bahkan, tim pekerja bawahan pun ikut andil dalam bekerja profesional di dalam apartemen.

Dengan langkah investasi apartemen di atas, tentunya bisa untuk meraih keuntungan dam meminimalisir kerugian.

Posting Komentar untuk "Untung-Rugi Investasi Apartemen di Perkotaan "