Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Merawat Properti untuk Investasi Jangka Panjang

Merawat properti untuk investasi menguntungkan pada jangka panjang memang harus dimulai dari akar. Akarnya darimana? Tentunya dari pembangunan itu sendiri, apakah siap kokoh dalam jangka panjang atau tidak. Bila tidak siap kokoh, maka tips merawat properti untuk investasi jangka panjang seperti tidak ada gunanya.

Sumber: calebella.com
 
Lebih baik anda memutuskan dari sebelum memiliki properti, apakah properti rumah untuk kebutuhan investasi atau hanya untuk hunian. Atau, kebutuhan properti bisa investasi dan juga hunian.

Setelah memutuskan untuk menjadikan properti sebagai investasi, anda hanya membutuhkan sedikit aktifitas rutin untuk merawat properti untuk investasi jangka panjang.

Biarkan Properti untuk Tidak Ditempati

Sebenarnya, sia-sia bila memiliki properti namun tidak untuk ditempati atau jarang sekali menempati. Apalagi, properti di wilayah yang biaya PBB nya mahal. Secara nilai investasi, kondisinya bisa merugikan.

Kasus membiarkan properti untuk tidak ditempati memang sudah banyak terjadi. Biasanya, hanya properti cadangan. Mungkin ini bagian dari rencana investasi. Anda bisa menirunya dengan tetap dalam kontrol tiap bulan.

Memangkas Pengeluaran yang Tidak Penting dalam Merawat Properti


Merawat properti untuk investasi bukan menjadikan properti selalu baru. Cara ini membutuhkan uang tambahan. Justru, merawat properti harus mengontrol pengeluaran.

Untuk itu, diawal membangun rumah, perhatikan baik-baik kekokohan, kekuatan yang intinya agar properti kokoh selalu baru:

  • Membeli cat anti luntur dari hujan dan paparan matahari agar tahanlama
  • Mencegah air masuk dengan melebarkan etalasi atau alat lainnya
  • Pilih genteng keramik multiroof agar anti bocor dan anti lapuk
  • Terangi di bagian luar dengan memilih lampu kecil watt
  • Pagari rumah agar aman
  • Kosongkan rumah dari furnitur
  • Tutup penampungan air
  • Dan sebagainya


Nah, cara di atas adalah upaya untuk memangkas pengeluaran sehingga potensi investasi jangka panjang bisa menguntungkan. Lebih tempatnya, ada upaya penghematan pengeluaran.

Meminta Orang Kepercayaan Menjaga Properti

Tidak semua kepemilikan properti berada di dekat rumah anda. Anda pun hanya bisa memantau properti per bulan bahkan lebih. Selama anda pergi dari tempat properti, kondisinya tidak menjamin aman.

Anda bisa meminta orang kepercayaan untuk sekedar mengawasi agar properti tidak dirusak orang. Sebagai ucapan terimakasih, anda bisa memberi uang di setiap berkunjung. Orang ini pun yang bisa diandalkan untuk merawat properti seperti memotong rumput dan lainnya setiap anda ingin menempatinya.

Melindungi Properti dengan Asuransi Properti

Memiliki asuransi properti bisa anda tempuh apabila properti rumah atau lainnya memiliki ukuran besar di saat berada di daerah yang rawan bencana seperti di area laut. Langkah ini dianggap tepat sebagai upaya merawat properti untuk investasi jangka panjang. Dengan adanya asuaransi, wujud properti memiliki perlindungan hukum.

Mengecek Kondisi Atap Properti

Properti rumah, katakanlah, biasanya tidak lepas dari masalah bocor. Mengapa ada permasalahan bocor? Hal ini karena adanya atap yang dipasang dengan genteng dengan sambungannya. Ini yang menyebabkan atap bisa bocor.

Bila anda membeli properti rumah bekas atau rumah sudah berumur, memeriksa, mengecek atap memang langkah yang utama. Bila ada kebocoran yang tidak dipantau, bisa merusak bagian atap.

Membersihkan Ruangan Dalam Properti

Sekalipun properti tidak ditempati setiap hari, tetap perlu membersihkan ruangan dalam properti sebagai usaha merawat properti. Kondisi kotor ruangan dalam properti bisa terjadi karena sarang laba-laba, debu, bahkan kotoran tikus. Tentunya, ini menjadi pekerjaan yang sudah pasti menyebalkan.

Karena itu, ada baiknya, properti tidak perlu ditinggal pergi hanya beralasan ingin menjaga properti. Kecuali meninggalan properti dikarenakan bukan sebagai properti utama untuk kebutuhan tempat tinggal.

Merawat Properti dengan Membuka Penyewaan


Tidak ada kerusakan yang serius pada properti yang disewakan. Hal ini yang membuat anda bisa memilih jalan penyewaan dalam merawat properti. Dengan membuka penyewaan properti, katakanlah menyewakan rumah, justru bisa mengupayakan merawat dengan mengandalkan inisiatif para penyewa.

Terpenting, anda menemukan penyewa properti yang tepat agar bisa menjaga propertinya.

Posting Komentar untuk "7 Tips Merawat Properti untuk Investasi Jangka Panjang"