Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Investasi Properti Untuk Pemula

Bagaimana cara investasi properti untuk pemula? Apakah investasi properti selalu berkaitan dengan kepentingan pasif-income? Bagaimana cara bila investasi properti bukan untuk pasif income? Ada beberapa hal yang perlu dibahas untuk pemula dalam memulai investasi properti.

Sumber:forbes.com


Persoalan Investasi Properti Komersial dan Non Komersial

1. Cara investasi properti tanpa menghasilkan pasif income

Anda bisa saja menghasilkan keuntungan dengan cara investasi properti non komersial yakni tanpa harus menghasilkan pasif income. Bahkan, cara ini dianggap cocok untuk pemula karena tidak perlu repot berurusan dengan para pelanggan properti.

Namun, anda perlu investasi properti di lokasi yang perkembangan propertinya maju. Seperti melakukan investasi properti di Bali. Setelah ditentukan di Bali, pilih lokasi yang lebih spesifik yang dianggap maju.

Membangun rumah dari nol atau membeli rumah baru adalah cara terbaik berinvestasi properti. Kondisi propertinya masih baru. Anda bisa mempertahankan kebaruan dengan sedikit memanfaatkan propertinya.

Cara mendapatkan target investasi properti dengan rumah baru:
  • Mencari di pameran properti
  • Membeli kavling tanah untuk dibuat rumah
  • Mengandalkan proyek milik salah satu developer properti

Solusi bila kurang memiliki modal pembelian properti:
  • Mengandalkan KPR bank
  • Memilih rumah inden
  • Memilih developer yang menerapkan kredit
  • Mengamankan dalam pembelian tanah terlebih dahulu.
 

2. Cara investasi yang menghasilkan pasif income

Bila sudah cukup memahami soal masalah properti tahap pemula, langkah selanjutnya memilih cara investasi yang bisa menghasilkan pasif income. Dengan investasi yang menghasilkan pasif income, tidak perlu lagi mengandalkan harapan keuntungan di masa depan.

Cara yang cocok untuk pemula dalam investasi properti yang menghasilkan pasif income adalah diawali dengan mengambil properti dengan modal kecil yang potensi peminatnya banyak, baik kalangan bawah atau kalangan menengah. Salah satunya adalah kios atau rumah kos.

Setelah berhasil, anda bisa membangun investasi properti yang lebih tinggi lagi seperti penyewaan rumah, hotel, apartemen dan yang lainnya.

Mendapatkan properti untuk kebutuhan pasif income memang banyak tersebar di internet. Anda hanya butuh kejelian. Caranya dengan:
  • Mengandalkan agen untuk membantu pilihan properti komersial
  • Properti berada di kawasan yang tepat untuk menyewaan sesuai jenis properti
  • Membeli properti pada seseorang yang sedang membutuhkan jual cepat
  • Membeli properti yang bisa diminati banyak orang.
  • Properti yang sudah lebih dari 5 tahun (konon, perumahan tapak bersubsidi memberlakukan syarat minimal umur 5 tahun untuk dikomersialkan)

Mengatasi permodalan untuk membeli properti:
  • Mengandalkan KPR bank (disertai dokumen properti)
  • Memilih penjual yang menerapkan kredit/cicilan

Properti untuk kebutuhan menghasilkan pasif income membutuhkan pengetahuan berikutnya yakni soal perjanjian penyewaan. Tujuannya agar penyewa dan penyedia sewaan tidak menimbulkan permasalahan hukum.

Memperhatikan Perkembangan Harga Properti untuk Mengetahui Keuntungan

Baik properti komersial atau properti non komersial, harus tetap memperhatikan perkembangan harga properti. Ketika saatnya properti dijual, anda sudah memperhitungkan berapa keuntungannya.

Cara yang termudah melihat perkembangan nilai investasi properti khusus pemula adalah dengan melihat harga dari 5 tahun ke belakang. Berapa kenaikan harga properti selama 5 tahun? Melihat harga properti tentu diawali dengan melihat kenaikan harga tanah.

Dengan cara seperti ini, anda bisa menghitung jumlah kenaikan penjualan yang dikurangi beban-beban. Jika ternyata hasilnya minus, anda bisa memilih properti yang lain.

Berkeinginan Investasi Jangka Panjang

Apakah salah bila investor pemula langsung bermain ke dalam investasi properti? Tentunya tidak salah. Hanya saja, investasi properti adalah investasi jangka panjang. Maka, cara sukses investasi di dalam properti adalah bersabar, mau berinvestasi jangka panjang.

Masalahnya, semakin panjang masanya, biaya liabilitas, biaya beban akan semakin banyak. Mungkin, dengan ini, anda akan memilih investasi properti komrsil.

Posting Komentar untuk "Cara Investasi Properti Untuk Pemula"