Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jual Tanah Cepat Laku Tanpa Bantuan Bank

Cara jual tanah cepat laku memang bergantung jenis tanahnya, bagaimana lokasi dan target pembelinya. Bisa dikatakan, menjual tanah bersifat untung-untungan. Bisa saja mengandalkan bantuan bank sebagai cara cepat jual tanahnya. Tetapi, bagaimana cara jual tanah cepat laku tanpa bantuan bank?

Sumber:makaan.com

 

Kelebihan investasi tanah dalam jangka panjang memang menguntungkan karena tidak ada nilai properti yang turun karena belum ada bangunannya. Berbeda dengan tanah yang sudah ada bangunanya, nilai bangunan atau properti bisa turun seiring buruknya bangunan.

Tetapi, bila tanah mau mendapat keuntungan, harus dijual dengan penawaran harga yang tepat dalam mendapatkan keuntungan.

Jual Tanah Tanpa Perantara, Cepat dan Untung Besar

Investasi tanah pada saatnya nanti tentu harus dijual dengan cara jual yang mendapatkan untung besar. Bisa jadi, kerjasama bersama developer atau dijual pada orang yang membutuhkan tanah.

Cara jual tanah agar mendapat untung besar tentu harus tanpa perantara, dalam hal ini mengandalkan agen properti.

Cara jual tanah yang bisa cepat, bisa mengandalkan situs properti yang berfokus mengiklankan tanah dan bangunan.

Survei Harga Jual Tanah Sesuai Daerah

Kalau harga pembelian tanah awal seharga 50 juta, katakanlah, harus bisa dijual lebih dari 50 juta. Tentunya, setelah dikurangi beban pajak tanah. Hal ini kalau tanah investasinya ingin mendapatkan keuntungan.

Bila sedang butuh, keuntungan yang didapatkan bisa saja sedikit atau tidak mendapatkan sama sekali.

Tetapi, alangkah baiknya, penentuan harga tanah diawali dengan melakukan survei agar penentuan harganya seimbang namun tetap menguntungkan. Hal ini sebagai cara jual tanah dengan cepat.

Beberapa cara survei harga tanah di daerah setempat:

  • Melakukan survei tanah-tanah satu daerah cakupan wilayah desa
  • Mendatangi kantor pertanahanan (BPN) terdekat
  • Konsultasi dengan notaris tanah
  • Melihat njop tanah sebagai dasar harga murah


Penentuan harga yang tepat sesuai pasaran atau sesuai perhitungan ahli tanah, bisa sebagai cara cepat laku dalam jual tanah. Cara ini untuk tanah yang tidak terlalu luas ukurannya.

Harga jual tanah murah dari harga pasaran juga bisa menjadi cara cepat laku dalam jual tanah. Hanya saja, anda tidak mendapatkan keuntungan.

Tentukan Target Pembeli Sesuai Karakter Tanah

Tidak semua tanah dibutuhkan untuk membangun rumah. Bisa saja tanah dibutuhkan untuk kepentingan persawahan, perkebunan atau penjualan. Tetapi, rata-rata, tanah yang cepat laku dijual adalah tanah untuk kebutuhan membuat rumah.

Bila tanah anda berkarakter perkebunan, biasanya di wilayah yang masih sedikit penghuni, sulit mendapat peminat yang membutuhkan tanah untuk membuat rumah. Begitu juga sebaliknya.

Tetapi, anda bisa dikatakan beruntung bila menjual tanah yang cocok untuk dibangun rumah segera. Peminatnya banyak.

Tentukan saja siapa yang berkeinginan membangun rumah. Targetkan terlebih dahulu pada orang terdekat anda. Bahkan tanpa menawar tanah sekalipun, mereka bergegas untuk mendapatkannya bila sudah tersebar informasi jual tanah.

Lengkapi Dokumen Tanah Sebagai Pemilik Sah Tanah

Pemilik tanah sah adalah penjual tanah yang memang pemilik sah tanah dengan bukti sertipikat tanah tanpa masih terikat pembayaran cicikan tanah hasil pembelian tanah terdahulu. Kondisi tanah seperti ini bisa berpotensi cepat laku terjual.

Bila ingin bisa dipercaya sebagai pemilik sah tanah, si penjual tanah bisa membuktikan bahwa dirinya pemilik sah tanah di lembaga terkait seperti BPN, Badan Pertahanan Nasional. Di tempat ini bisa sebagai data valid kepemilikan tanah.

Pembayaran Sistem Cicilan Jual Tanah Cepat Laku

Terlepas beresiko atau tidaknya, yang jelas, cara jual tanah dengan pembayaran sistem cicilan bisa membuat tanah cepat laku terjual. Tanah terbilang mahal sekalipun dibutuhkan. Sistem cicilan membuat mereka akan berniat membeli sekalipun jauh lebih mahal haraganya.

Daripada tanah jatuh ke tangan orang lain, potensi investasi tahahnya hilang, lebih baik membeli tanah dengan sistem cicilan.

Posting Komentar untuk "Cara Jual Tanah Cepat Laku Tanpa Bantuan Bank"