Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Tempat Kos untuk Mahasiswa

Di mana ada kampus, di situlah terdapat banyak tempat kos, mulai dari tempat kos harga murah sampai dengan yang mewah berharga mahal. Karena banyak tempat kos, bingung juga bagaimana memilih yang cocok. Bagaimana cara mencari tempat kos untuk mahasiswa?

boarding house
Sumber:flokq.com

 

Mencari tempat kos memang mudah. Kesulitannya mungkin terletak pada cocok atau tidaknya memilih tempat kos. Mereka biasanya ingin tempat kos pilihannya berdekatan dengan kampus. Sayang, tempat kos yang dekat biasanya sudah penuh. Terpaksa memilih tempat kos yang agak jauh. Inilah yang bisa menimbulkan ketidakcocokan.

Tanyakan ke Orang Terdekat yang Kuliah di Lokasi yang Sama

Seandainya ada orang terdekat menempati tempat kos di lokasi yang sama dengan anda, bisa dengan mudah menentukan pilihan tempat kos. Ini cara simpel mencari tempat kos.

Untuk masalah cocok atau tidaknya tempat kos yang ditawarkan, itu lain soal. Terpenting anda memiliki informasi yang sudah dirasakan langsung oleh penyewa tempat kos.

Sebelum Survei, Bisa Mencari Di Internet

Mencari tempat kos melalui orang terdekat bisa menjadi pilihan. Namun tidak semua orang bisa mendapatkan informasi yang cukup untuk menggambarkan beberapa kos-kosan selain yang lain, yang tidak ditempati orang terdekat anda.

Selera tempat kos anda bisa saja berbeda dengan orang terdekat. Karena itu, anda bisa mencari informasi lain di internet soal tempat kos.

Cara mencari tempat kos di internet:

  • Cari tempat kos di kampus “tertentu” (misal kampus UI)
  • Tentukan pilihan tempat kos yang diinginkan.
  • Pastikan informasinya lengkap, termasuk kondisi tempat tidurnya.
  • Bisa menggambarkan lingkungan tempat kos


Melihat Kemudahan Transportasi Lewat Map

Tidak semua perjalanan dari kampus atau dari tempat kos bisa dilalui dengan satu kali mengandalkan transportasi umum. Ketika tidak bisa dilalui hanya satu kali mengandalkan transportasi umum, tempat kos anda kurang bagus untuk dipilih.

Anda bisa mengecek menggunakan google map, barangkali bisa membantu dalam menilai kondisi transportasinya. Caranya, anda bisa menentukan titik lokasi kampus menuju tempat kos. Bagaimana perjalanan bila menggunakan transportasi umum. Bila mendukung dengan beberapa alat transportasi, bisa dipilih.

Kecuali anda akan berkomitmen mengandalkan driver online yang memudahkan sampai ke tempat tujuan, tidak perlu mengecek transportasinya.

Melakukan Perbandingan Harga Tempat Kos

Membandingkan harga memang penting. Hal ini untuk memastikan anda memilih tempat kos yang memang sesuai harganya. Artinya, bila tempat kos hanya layak berharga murah, tentunya penawarannya dengan harga murah.

Bila anda salah memilih tempat kos, seperti memilih tempat kos yang berharga mahal tetapi fasilitasnya kurang, tentunya bisa merugikan anda sendiri.

Memperhatikan Tempat Kos yang Mendukung Kehidupan Pribadi

Tidak semua tempat kos bisa anda tempati. Misal, tempat kos yang bercampur lawan jenis. Anda bisa saja tidak menyukai tempat kos yang seperti ini karena bisa merasa tidak aman.

Beberapa tempat kos yang dijadikan tempat perbuatan negatif pun banyak. Beberapa daerah bahkan menerapkan aturan pembangunan tempat kos agar bisa dikontrol perjalanannya. Hal ini yang membuat anda memperhatikan karakter tempat kos.

Tempat kos yang mendukung kehidupan pribadi memang tidak selalu menyangkut percampuran lawan jenis atau terpisah lawan jenis. Kebutuhan tempat beribadah pun menjadi perhitungan tersendiri. Intinya, menjadi pilihan anda sendiri mengenai yang mendukung kehidupan pribadi.

Mencoba Memilih Tempat Kos yang Membayar Bulanan

Sebagai mahasiswa baru, anda akan kesulitan menentukan pilihan tempat kos yang akan ditempati dalam waktu lama. Bisa jadi anda akan berubah pikiran tempat kos baru bersama teman-teman satu kelasnya. 

Karena itu, lebih baik anda memilih tempat sewa kost bulanan agar bisa berpindah setelah habis masa penyewaan bulanan. Bila sudah selesai, bisa berpindah ke tempat kos pilihan yang baru.

Survei Tempat Kos untuk Memastikan Kondisi Sebenarnya

Survei atau meninjau langsung ke lokasi bukan dalam rangka masih memilih-milih. Mengapa? Anda datang dari jauh ke lokasi kampus membutuhkan tempat tinggal. Kalau masih memilih-milih, anda akan kesulitan mendapatkan tempat kos ketika berada di lokasi. Bisa jadi, jalan keluarnya memilih penginapan hotel.

Tujuan survey adalah untuk memantapkan bahwa lokasi yang dituju memang sesuai penawaran yang ada di internet.

Posting Komentar untuk " Cara Mencari Tempat Kos untuk Mahasiswa"