Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fasilitas Perumahan Subsidi yang Bisa Dinikmati Kaum Milenial

Apa fasilitas perumahan subsidi yang bisa dinikmati kaum milenial? Fasilitas yang akan didapatkan meliputi KPR bersubsidi dan juga tentang fasilitas yang ada di perumahan. Fasilias ini cocok untuk kalangan milenial yang belum memiliki banyak simpanan uang.

Sumber:Beritasatu.com
 

Kalangan milenial sudah banyak yang berumah tangga. Karena itu, mereka membutuhkan hunian sesuai kemampuannya yang tergolong MBR, Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Dengan membeli rumah subsidi di lingkungan perumahan, mereka bisa mewujudkan impiannya.

Fasilitas KPR untuk Perumahan Subsidi di Indonesia

KPR adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Sedangkan KPR bersubsidi adalah kredit yang dikhususkan untuk kalangan menengah-ke bawah. Biasanya, KPR bersubsidi disebut juga perumahan bersubsidi.

2 Fasilitas KPR di dalam perumahan subsidi sebagai berikut.

1. SBUM

SBUM singkatan dari Subsidi Bantuan Uang Muka. Fasilitasi ini membuat sebagian masyarakat berpenghasilan rendah terbantu dalam membeli rumah di perumahan bersubsidi dengan pembayaran uang muka.

2.    FLPP

FLPP atau disebut Fasilitasi Likuiditas Pembiayaan Perumahan yang dikeluarkan pemerintah lewat PURR. Bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah bisa memanfaatkan FLPP yang tujuannya agar bisa mengakses KPR untuk kepemilikan rumah di perumahan subsidi.

Seperti yang dilansir Republika, pemanfaatan FLPP lebih dominan dimanfaatkan kalangan milenial, perkotaan atau luar kota. Pemanfaatannya ke dalam rumah susun dan juga tapak.

5 Fasilitas Perumahan Subsidi yang Wajib Bisa Anda Ketahui

Bila anda sudah atau berniat memilih tinggal di perumahan subsidi, anda tidak perlu cemas. Pengembang pun memperhatikan kelayakan yang dianjurkan pemerintah lewat kementrian PURR. Memang, ada sebagian pengembang yang tergolong nakal seperti tidak mengantongi sertifikat layak fungsi (SLF).

Fasilitas perumahan tentu yang juga diharapkan karena biasanya bersifat gratis, walaupun fasilitasnya tidak begitu spesial.

1. Jalan Penghubung

Dalam di dalam rumah memang sangat vital. Karena ini yang bisa membuat orang merasa nyaman lalu-lalang.

Umumnya, pengaturan jalan agak bermasalah bila di lingkungan rumah biasa yang diluar penanganan pengembang perumahan atau perumahan bersubsidi. Di perumahan khususnya perumahan bersubsidi, jalan sebagai penghubung sudah diatur dengan baik.

Di dalam perumahan bersubsidi, fasilitas jalan memang bisa untuk lalu-lalang motor. Bisa juga dilalui mobil walaupun satu arah. Ukuran lebar biasanya 3 atau 6 meter.
   
Jangan khawatir ketika musim hujan. Jalan di perumahan subsidi juga sudah dilengkapi jalan yang sudah di paving block atau di cor.

2. Sistem Drainase

Perlu ada drainase yang memang mampu mengurangi air hujan masuk ke perumahan. Hal ini untuk menampung air hujan agar tidak menggenangi rumah. Pasalnya, bangunan rumah subsidi biasanya kurang kokoh. Biasanya menggunakan drainase terbuka.

Limbah rumah tangga pun perlu diatur dengan menggunakan sistem drainase tertutup. Jangan sampai aliran air keluar yang menyebabkan bau di sekitar perumahan subsidi.

3. Taman Bermain

Bagi mereka yang berekonomi rendah, taman bermain yang cocok adalah lapangan yang cukup untuk berlarian. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk bermain bola, bermain layangan dan permainan lari lainnya.

Sekarang ini pengembang berusaha membuat perumahan subsidi yang lebih menarik. Berbeda dari perumahan subsidi yang dahulu. Mungkin saja bagian dari aturan perumahan yang ditetapkan pemerintah yakni harus menyediakan taman bermain.

4. Ruang Terbuka Hijau

Aturan pemerintah lewat Dinas PURR untuk perumahan subsidi yang harus dilakukan pengembang adalah menyediakan ruang terbuka hijau yakni menanam pohon yang berdaun lebat hijau.

5. Tempat Ibadah

Biasanya, perumahan di bangun di tanah yang agak jauh dari lingkungan penduduk yang sudah ada. Hal ini yang membuat pengembang berinisiatif mendirikan tempat ibadah seperti musolla, gereja atau lainnya. Memang, pembangunannya agak merepotkan, karena bisa jadi memiliki banyak penganut yang berbeda.

Begitulah fasilitas perumahan subsidi yang cukup untuk memberikan kepuasan khususnya untuk para milenial

Posting Komentar untuk "Fasilitas Perumahan Subsidi yang Bisa Dinikmati Kaum Milenial"