Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Punya Rumah Sendiri Tapi Tidak Punya Uang?

Banyak orang yang ingin punya rumah sendiri tetapi tidak punya uang. Memang, ini sudah menjadi alasan klasik. Apalagi, harga rumah atau pembangunan rumah makin mahal, terlepas perbedaan harga rumah di tiap daerah. Bila pengen, ingin punya rumah sendiri, bagaimana caranya?

Site:lenaedlund.wordpress.com


Masalah cara punya rumah sendiri memang berbeda untuk tiap orang. Mereka yang tidak punya uang tetapi memiliki tanah, tidak akan sama caranya dengan mereka yang tidak punya keduanya.

Namun dari banyak perbedaan cara, ada persamaannya yang sebagai pemersatu cara yaitu: sama-sama tidak punya uang.

Berfokus pada Kepemilikan Tanah

Berfokus pada kepemilikan tanah memang langkah yang penting. Hal ini dilakukan bila ingin punya rumah sendiri tapi tidak punya uang. Dengan memiliki tanah, seseorang sudah menyelesaikan sebagian permasalahan legalitas tanah seperti sertipikat tanah, IMB (sekarang sudah ganti) dan yang lainnya.

Bila seseorang sudah punya tanah untuk rumah, namun belum memiliki sertipikat dan dokumen legalitas lain, harus segera mengurusnya.

Bagaimana bila sudah punya tanah dan dokumen tananya? Seseorang memanfaatkan tanah untuk menempatkan bahan-bahan bangunan bila kondisinya aman. Ini dijadikan tempat persiapan memiliki rumah sendiri.

Masalahnya, tanah berharga mahal. Kalau misalkan mahal, seseorang bisa memilih lokasi tanah yang tidak memiliki potensi strategis untuk pembangunan properti. Ini catatan pentingnya.

Membeli Bahan Bangunan yang Tidak Rusak

Bahan bangunan sering mengalami kenaikan harga tiap tahun. Jangan sampai ditunda-tunda pembeliannya bila ingin membangun rumah dengan biaya kecil.

Hanya saja, seseorang membeli bahan bangunan yang sulit atau tidak bisa rusak. Bahan bangunan yang tidak atau sulit rusak adalah: batu besar, batu bata, pasir, batu kerikil, bambu atap genteng, reng. Hanya saja, perlu perencanaan bangunan terlebih dahulu agar diperkirakan pas untuk kebutuhan bangunan.

Pastikan terlebih dahulu, lokasi tanah di tempat yang aman. Bisa jadi, bahan bangunannya dicuri orang lain bila tidak aman.

Mengikuti Arisan Nominal Besar

Ada beberapa orang mengikuti arisan bertujuan untuk menambah modal membuat rumah. Ikut arisan bisa menjadi solusi meminjam uang orang lain. Seseorang bisa memilih arisan yang total hasilnya lebih dari 10 juta.

Hanya saja, mendapat uang arisan tidak bisa dipastikan waktunya. Bisa saja, peserta arisan mendapat jatah di akhir arisan. Tetapi setidaknya, seseorang bisa ikut arisan yang biasa bulannya sekitar 500.000+ agar bisa cepat selesai kurang dari 3 tahun. Barangkali, seseorang bisa mendapat diawal atau pertengahan.

Catatan: Mengikuti arisan ala sosialita bukan solusi terbaik. Mereka hanya menghabiskan uang arisan untuk pertemuan. Tujuan mengikuti arisan karena untuk mendapatkan uang pinjaman.

Menerima Tinggal di Rumah Orang Lain?

Tidak ada cara yang lain bagi orang yang tidak punya uang selain memperbesar rasa penerimaan. Karena hal ini, seseorang bisa dengan sukarela menempati rumah orang tua. Bila tidak bisa, seseorang bisa menempati rumah kontrakan murah dengan sukarela.

Walaupun seseorang menempati rumah mertua atau orang tua, setidaknya ia memiliki niat untuk memperlakukan rumahnya seperti rumah kontrakan. Hal ini sebagai wujud berterimakasih kepada orang tua atau mertua atas tempat tinggalnya.

Sesoerang bisa mencari rumah kontrakan murah sebagai solusi lain rumah. Bisa berukuran kecil agar berharga murah. Sekarang ini mencari kontrakan cukup mudah. Dengan mengandalkan internet, seseorang sudah bisa mendapatkan informasi rumah kontrakan murah terdekat.

Langkah di atas hanya sementara saja sebelum punya rumah sendiri.

Lebih Baik Membangun Rumah Sendiri untuk Mengontrol Pengeluaran

Bila ingin punya rumah sendiri, bisa dengan cara membeli lewat pengembang atau membeli rumah bekas.

Alangkah baiknya memiliki rumah hasil membangun sendiri. Jauh lebih bisa mengontrol pengeluaran. Pembangunanya bisa dicicil, dimulai dari fokus membangun pondasi, berlanjut pada pembuatan tembok dan setelahnya bagian atap.

Begitulah cara bila seseorang ingin punya rumah sendiri di saat tidak punya uang.

Posting Komentar untuk "Ingin Punya Rumah Sendiri Tapi Tidak Punya Uang?"