Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Perusahaan Properti di Indonesia yang Terbesar

Perusahan properti di Indonesia memang sangat banyak. Banyak orang yang membutuhkan rumah namun tidak mau repot pengurusan tanah sampai pembangunan. Mereka ingin secara instan mendapatkan rumah. Dari banyak perusahaan, ada perusahaan properti di Indonesia yang terbesar.

Sumber:finansialku.com

 

Perusahaan properti di Indonesia yang terbesar tentu pada awalnya hanya perusahaan kecil yang mencoba memulai bisnis properti dengan target pembangunan kios. Pada awalnya juga hanya berfokus pada satu wilayah, misal menarget di salah satu wilayah Bali, Indonesia. Lalu secara konsisten mengembangkan perusahaannya sampai besar dan tersebar di wilayah Indonesia.

Berikut beberapa perusahan properti di Indonesia yang dianggap besar karena memiliki banyak properti yang berhasil dibangun.

1. Perusahaan Ciputra Development

Menurut Erick Tohir di dalam laman Tempo, Bapak Ciputra merupakan tokoh properti Indonesia. Hal ini wajar dikarenakan berbagai karya properti dan pengalamannya sudah berlangsung sejak 1981. Ciputra menjadi pengembang kelas kakap yang hadir mempengaruhi dunia properti di Indonesia.

Salah satu yang menjadi andalan perusahan properti Ciputra atau disebut Ciputra Grup adalah properti superblok Citra Plaza Nagoya di Batam. Kawasan properti yaitu Citra Maja Raya membangun banyak rumah murah untuk masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan 2600 hektar tanah.

2. Perusahaan Alam Sutera Realty

Pada awalnya, seperti yang dilansir Wikipedia, perusahaan properti Alam Sutera Realty bernama PT. Adhihutama Manunggal didirikan oleh Harjanto Tirtohadiguno dan keluarganya yakni pada tahun 1993. Setelah itu, berganti dengan nama PT. Alam Sutera Realty di tahun 2017.

Berfokus pada property developer atau pengembang properti, yakni terutama di Serpong, perusahaan properti Alam Sutera Realty berhasil membangun properti megah berupa beberapa mal dan bangunan lain di Serpong.

Produk properti Alam Sutra Realty antara lain Silkwood Residences, Alam Sutera, dan juga Alam Sutera Office Tower. Produk lainnya yakni pembangunan jalan tol Alam Sutra 15 km Jakarta-Perak yang membut PT. Alam Sutra Realty makin terkenal di Indonesia.

3. Perusahaan Lippo Karawaci

Seperti yang dilansir di laman Wikipedia, perusahaan Lippo Karawaci adalah merupakan anak perusahaan dari Lippo Grup, yang dibangun pada tahun 1990. Pada awalnya, perusahaan ini bernama Tunggal Reksakencana.

Keberhasilan perusahaan properti Lippo Karawaci yang pertama adalah membangun kota mandiri Lippo Village yang terletak di Curug dan Kelapa Dua dengan suppermal-nya. Berlanjut pada pembangunan Lippo Cikarang yang sebagai kawasan industri ringan.

Keberhasilan membangun properti tidak hanya pulau jawa. Lippo Karawaci pun membangun Tanjung Bunga di Makasar yang masih sebagai pengembangan kota mandiri.

4. Perusahaan Agung Sedayu Grup

Salah satu perusahaan properti besar dan terkenal adalah Agung Sedayu Grup. Nama perusahaan ini lebih familiar didengar dikalangan masyarakat umum karena sering dipromosikan lewat televisi di salah satu stasiun tv swasta. Feni rose yang sebagai presenter acara properti di televisi dalam mengenalkan produk unggulan Agung Sedayu Grup.

Pada awalnya, Agung Sedayu adalah kontraktor rumah pertokoan. Pada tahun 1991, Agung Sedayu mendirikan properti pertama yaitu Harco Mangga Dua, sebuah mal yang memang spesialis elektronik.

Setelah puluhan tahun, perusahaan Agung Sedayu Grup berhasil membangun banyak properti seperti: Harco Mangga Dua, Mangga Dua Square, City Resort Residences, Tendean Square dan masih banyak lagi.

5. Perusahaan Agung Pondoromo Grup

Sekilas, nama Agung Pondoromo Grup seperti bagian dari Agung Sedayu Grup. Tetapi, keduanya berbeda, tidak saling keterkaitan.

Agung Pondoromo Grup memulai membangun properti pada tahun 1969 yaitu properti perumahan di kawasan Simprug, Jakarta Selatan. Sebagian properti perumahan yaitu digunakan untuk masyarakat yang tidak mampu di luar Jabodetabek yaitu di Subang, Lebak dan Kresek.

Pada tahun 2014, Agung Pondoromo Grup alias APG membangun properti dalam hal pendidikan yaitu Pondoromo University di kawasan Central Park, Jakarta.

Setelah 10 tahun lebih, perusahan properti APG berhasil membangun lebih sekitar 50 properti. Kesuksesan ini yang membuat perusahaan APG menjadi salah satu perusahaan terbaik.

Posting Komentar untuk "5 Perusahaan Properti di Indonesia yang Terbesar"