Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Lelang Rumah Sitaan Bank untuk Mencari Rumah

Bisa jadi, tidak semua lelang rumah berasal dari bank. Tetapi, bila seputar lelang rumah sitaan bank untuk mencari rumah, benar-benar berasal dari bank. Informasi lelang rumah sitaan bank ditampilkan di situs milik masing-masing. Anda bisa mengandalkan informasi dari situs bank untuk melihat soal lelang rumah.

Sumber:cermati.com

Mengapa bank sering mengeluarkan lelang rumah sitaan? karena bank selalu mendapat rumah atau properti sitaan dari kreditur yang tidak bisa membayar lunas kredit, seperti KPR, ketika jatuh tempo pelunasan.

Info Bank Yang Menyediakan Lelang Rumah Sitaan

Informasi resmi seputar lelang rumah sitaan bank bisa didapatkan dengan mudah lewat situs milik masing-masing bank yakni di BRI dan Mandiri. Ada beberapa bank yang memiliki situs lelang bank dan ada yang tidak.

Disini hanya menjelaskan bank yang memiliki situs lelang properti.

1. Info lelang Bank BRI

Bank BRI menyediakan situs lelang bank BRI. Informasi sekarang, 24 Oktober 2021, sudah sekitar 462 lelang (2021-2022) dengan berbagai jenis properti atau jaminan hutangnya.

Untuk mencari properti rumah, bisa mencari melalui “jadwal lelang”. Anda bisa mencari secara manual rumah yang diinginkan.

Situs: https://infolelang.bri.co.id/

2. Info lelang Bank Mandiri

Bank Mandiri bisa menjadi alternatif mencari rumah lelah hasil sitaan bank. Cukup mengunjungi situs lelang rumah, anda akan mendapat informasi. Situs mandiri lebih mudah dalam mencari properti yang sesuai keinginan karena menu-menunya mencukupi, termasuk menu login.

Sudah sekitar 200 lebih jadwal lelang yang bisa anda manfaatkan untuk mendapat lelah rumah sitaan bank mandiri.

Situs: https://lelang.bankmandiri.co.id/

Cara Mencari dan Membeli Rumah Lelang Sitaan Bank

Anda tidak perlu khawatir dalam mencari rumah lewat lelang bank. Karena, proses untuk mendapatkannya tidak sulit dan juga tidak lama. Berikut bagaimana memanfaatkan lelang rumah dari sitaan bank.

  • Rumah sitaan bank yang akan dilelang bank dipublikasikan lewat website yang sudah disediakan. Dalam hal ini situs BRI dan Mandiri di atas.
  • Pihak yang berminat pada lelang rumah atau properti lain hasil sitaan bank harus mendatangi dan mendaftar di balai pemerintah atau swasta yang sudah disediakan KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang)
  • Melakukan survey pada rumah yang akan dilelang untuk menentukan tertarik atau tidaknya.
  • Membayar sekitar 20% atau 50% sebagai uang jaminan. Uang jaminan akan dikembalikan bila kalah. Jika menang, ini menjadi bagian dari pembelian properti.
  • Pelunasan segera di dalam 5 hari kerja, setelah peserta memangkan lelang.
  • KPKNL memberikan risalah lelang yang akan diserahkan ke pihak bank
  • Bank akan segera menyerahkan dokumen rumah atau properti lelang sesuai risalah lelang dari KPKNL


Dari penjelasan di atas, prosesnya mendapatkan rumah atau properti lelang hasil sitaan bank memang mudah. hanya saja, kemudahan ini tidak didukung dalam mendapatkan properti atau rumah yang diinginkan, baik bentuk properti atau lokasi properti.

Di luar proses lelang, pencari properti rumah memerlukan apa yang disebut “waktu beruntung”.

Keuntungan Membeli Rumah Lewat Jalur Lelang Rumah

Mungkin anda menginginkan informasi seputar keuntungan. Berikut beberapa keuntungan membeli dan mendapatkan rumah di lelang rumah dari bank.

1. Harga lebih murah

Mengapa memberi harga jual murah pada properti atau rumah sitaan bank yang dijual lewat jalur lelang rumah? Karena untuk menerik para peserta lelang yang pada akhirnya rumah terjual cepat.

2.    Berada di komplek perumahan

Biasanya, rumah lelang berasal dari komplek permahan. Hal ini bisa diartikan bahwa fasilitas rumah sudah terpenuhi dan siap digunakan.

Posting Komentar untuk "Seputar Lelang Rumah Sitaan Bank untuk Mencari Rumah"