Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Rumah Kost untuk Penghasilan Tambahan

Mencari penghasilan tambahan dari properti bisa menggunakan rumah kost. Membangun rumah kost tidak membutuhkan perencanaan serius dan modal yang besar seperti royek properti komersial lainnya. Karena itu, tips rumah kost untuk penghasilan tambahan bisa dilakukan banyak orang yang memiliki tanah.

Sumber:malangtimes.com


Walaupun mudah dalam berinvestasi properti rumah kost, sudah seharusnya anda tetap memperhatikan bagaimana membangun rumah kost. Misalnya, rumah kost harus bisa menguntungkan, bisa sebagai penghasilan tambahan. Perhatikan juga, bagaimana rumah kost dalam peraturan daerah.

1. Pilih Lokasi yang Memiliki Banyak Kampus

Di lokasi kota, bukan kabupaten, biasanya memiliki banyak kampus. Bahkan, ada beberapa kampus yang letaknya berdekatan. Di sinilah lokasi yang bagus untuk membangun rumah kost.

Hanya saja, kepemilikan lahan atau tanah yang menjadi kendala. Bagaimana seharusnya? Agak sulit. Tetapi, tips membangun rumah kost di sini memang untuk mereka yang punya atau berkesempatan memiki lahan, tanah di lokasi yang memiliki banyak kampus.

Lokasi terbaik untuk rumah kost adalah yang sekiranya bisa menuju kampus dengan satu kali perjalanan menggunakan transportasi umum. Tentunya, lebih dekat dengan kampus, jauh lebih bagus.

2. Bersih, Nyaman, dan Aman

Tidak perlu desain yang bagus dalam membuat rumah kost. Anda bisa menyesuaikan dengan budget dan target mahasiswa. Cukup memenuhi tiga hal, bisa dilirik banyak mahasiswa:

a. Bersih

Bersih di beberapa sudut harus diperhatikan. Hal ini termasuk bagaimana desain rumah kost terhindar dari angin masuk yang membawa debu.

Untuk masalah bersih-bersih ruangan rumah kost, bisa diserahkan masing-masing penyewa.

b. Nyaman

Rumah kost yang nyaman perlu diperhatikan dalam hal desain rumah minimalis, warna cat dominan putih, ventilasi udara cukup, jumlah kamar mandi yang cukup, dan rumah kost sesama jenis. Juga kebutuhan tempat tidur yang umum digunakan pemilik rumah.

c. Aman

Aman bisa diartikan lingkungan rumah kost memang terbilang kondusif. Rumah kost harus memiliki pagar untuk melindungi dari maling. Samping rumahnya memiliki garasi untuk menyimpan motor ketika malam hari.

3. Sediakan Fasilitas Pendukung

Fasilitas biasanya yang diberikan gratis oleh pemilik kos. Fasilitas ruang tamu, fasilitas dapur, dan fasilitas meja makan serta perlengkapan makan sebagai fasilitas untuk semua penghuni. Rata-rata fasilitas gratis memang diperutukkan untuk semua penghuni rumah kost. Ini perlu dihadirkan dengan baik.

Bila ingin memberikan fasilitas wifi gratis, perlu dilihat dahulu biaya pengeluarkan wifi dan jumlah penghuninya.

4. Harga yang Bersaing

Sekarang ini, melihat harga sewa tempat kos makin mudah. Anda bisa melihat harga pesaing yang sesauai lokasi anda. Dengan mengandalkan internet, anda sudah bisa mengetahui berapa tarif sewa kamarnya.

Dalam menentukan harga sewa kamar kos, ada baiknya memang sesuai harga yang tidak jauh dari rumah kost pesaing yang memiliki kualitas yang sama.

5. Surat Perjanjian dengan Penyewa

Resiko menyewakan properti tentunya bisa terjadi kerusakan properti, lebih tepatnya furniture. Pemilik rumah kos pun tidak bisa menyediakan ruangan kosong. Kamar kost harus sudah tersedia, siap pakai. Kalau terjadi kerusakan, bukan sekedar rugi, tetapi juga berpotensi kehilangan penyewa kembali.

Rumah kos juga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini bisa berdampak pada si pemilik rumah kost bila terjadi masalah hukum.

Karena itulah, anda harus membuat surat perjanjian dengan penyewa kamar kos. Masalah isi surat perjanjiannya, bisa diatur sendiri.

Tetapi, bisa jadi, kebanyakan rumah kost untuk mahasiswa tidak memiliki surat perjanjian. Hal ini terkesan serius yang justru membuat takut penyewa. Biasanya, penyewa kamar kost adalah mahasiswa baru yang baru belasan tahun umurnya.

Untuk menyiasati, lebih kepada menyerahkan berkas atau dokumen yang dibutuhkan dan surat pernyataan bahwa si mahasiswa memang penyewa di rumah kost anda.

Posting Komentar untuk " 5 Tips Rumah Kost untuk Penghasilan Tambahan"