Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Tembok Rumah Lembab, Berlumut dan Berjamur

Mengatasi tembok rumah lembab, berlumut dan berjamur harus segera diselesaikan. Perlu perawatan serius untuk mengatasi tembok seperti ini. Bila kebanyakan kondisi tembok yang lembab dan berjamur, bisa merusak keindahan dinding rumah. Terutama, bila tembok sudah berjamur bahkan berlumut, banyak yang tertarik dengan rumah anda.

Sumber:tapcohomedry.com

 

Jangan sampai nilai jual properti rumah menurun atau tidak ada peminat menyewa rumah. Untuk itu, perlu cara mengatasi tembok lembap, berlumut dan berjamur dan mencegahnya kembali kembali.

Mengatasi Tembok Rumah Lembab sebagai Pangkal Masalah

Mengatasi tembok rumah lembab karena terkena air hujan memang sulit dihindari. Bisa saja dengan menghamparkan atap teras yang lebih luas. Tetapi, tidak semua tembok bisa dilindungi dari terkena air hujan.

Air yang menyebabkan tembok lebab tidak selalu berasal dari air hujan. Kamar mandi yang jarang tersorot sinar matahari bisa menyebabkan tembok sekitarnya lembab. Atap bocor yang terkena tembok juga bisa menjadi penyebab.

Masalah ketika tembok rumah menjadi lembab adalah cat terkelupas atau berubah warna. Karena ini, perlu cat tembok yang anti air. Sepertinya, ini cara mengatasi tembok yang lembab ketika belum terjadi masalah serius.

Mengatasi Tembok Rumah Berlumut

Membiarkan rumah berlumut justru bisa memperparah tampilan tembok rumah. Lumut tidak akan berpindah tempat.

Sebagian orang akan menghilangkan lumut di tembok dengan cara mengerok lumut agar hilang dari tembok. Setelah itu, tembok dicat agar bekas lumut tidak terlihat. Dalam kasus tertentu, langkah seperti ini tidak efektif dalam menghilangkan lumut.

1. Menggunakan garam

Bila rumah sudah terlihat ada bentukan lumut, segera dihilangkan. Sebagian cara bisa mengandalkan air garam dalam menghilangkan lumut di tembok rumah.

Caranya: 3 sendok garam, 2 liter air mendidih, campurkan jadi satu.

Bila sudah jadi, siram air garam ke permukaan tembok. Lalukan beberapa kali untuk bisa menghilangkan sampai akarnya.

2. Menggunakan sabun cuci piring

Sambun cuci piring biasanya jauh lebih panas daripada sabun mandi. Sambun cuci tidak boleh digunakan untuk membersihkan kulit. Tetapi, sabun cuci piring bisa dimanfaatkan untuk mencuci tembok dari lumut-lumut. Konon, air sabun cuci piring jauh lebih efektif dari menggunakan garam.

Cara menggunakan sabun cuci piring seperti halnya menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci piring. Anda cukup memoles dengan sabun lalu menggosoknya.  

Mengatasi Tembok Rumah Berjamur

Di samping bisa mengeluarkan lumut, tembok rumah  juga bisa mengeluarkan jamur. Inti masalahnya kemungkinan karena faktor lembab. Dari sini bisa menyebabkan kemunculan jamur. Bila terlanjur ada jamur, bisa dihilangkan dengan modal seadanya.

1. Menggunakan air cuka

Air cuka bisa untuk menghilangkan jamur. Anda bisa memakai air cuka kalau di rumah menyediakannya. Menggunakan air cuka kalau permukaan tembok berjamur tidak luas. Kalau sudah menyebar, perlu memakai anti bakteri

2. Menggunakan Amplas

Menggunakan aplas tentu untuk menggosok tembok yang memiliki jamur. Ini untuk langkah pertama menghilangkan jamur. Kalau tidak digosok dengan amplas, jamur masih menempel di tembok.

Menggosok dengan amplas membuat tembok menjadi berpori. Uap air yang ada dalam tembok akan keluar.

3. Menggunakan Kaporit

Kandungan korin dalam kaporit berguna untuk menangkal jamur. Bahkan, kaporit mampu mencegah jamur datang kembali.

Setelah penggosokan dengan amplas, anda bisa melakukan proses memoles kaporit ke area tembok yang berlumut.

Setelah 24 jam didiamkan, anda bisa mengecet tembok. Gunakan cat tembok anti air agar bisa mencegah tembok lembab.

Permasalahan tembok rumah yang berlumut dan berjamur karena faktor tembok lembab. Karena itu, untuk mengatasinya, perlu upaya pencegahan tembok lembab.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Tembok Rumah Lembab, Berlumut dan Berjamur"