Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Rumah di Bali Di Tinjau dari Beberapa Kepentingan

Fungsi rumah di Bali di tinjau dari beberapa kepentingan yang mengikat, menjadi tradisi dari generasi ke generasi, menjadikannya ciri khas dari Bali itu sendiri. Hal ini sudah lumrah terjadi di Indonesia, khususnya rumah di Bali. Kehilangan atau terputus rumah di Bali dengan unsur-unsurnya atau kepentingannya, seperti kehilangan Bali itu sendiri.

Sumber:steemitimages.com

 

Bagaimana fungsi rumah di Bali di tinjau dari beberapa kepentingan? Pembahasan kepentingan bisa berfokus pada fungsi rumah di Bali dan juga fungsi rumah secara umum.

Fungsi Rumah di Bali Mempertahankan Tradisi Bali

Ada korelasi antara membangun rumah dengan upaya pelestarian tradisi khas Bali. Ketika banyak masyarakat enggap membuat rumah khas Bali, otomatis, tradisi khas Bali akan semakin memudar. Sehingga, fungsi rumah memang untuk melestarikan tradidsi Bali, dalam pembangunan rumah yang menggunakan tradisi Bali.

Di dalam membangun rumah, dimulai dari pemilihan lahan sampai dengan rumah yang sudah jadi, orang Bali selalu mengadakan upacara ritual. Sehingga ketika banyak orang Bali membangun rumah, semakin banyak juga upacara ritual pembangunan rumah.

Hanya saja, tradisi Bali pada pembangunan perumahan developer, apakah masih menerapkan atau tidak? Perumahan developer juga mempengaruhi yang cukup serius persoalan tradisi khas Bali.

Fungsi Rumah di Bali untuk Ciri Khas Bali

Rumah idaman Bali tentu dengan ciri khas bangunannya. Yakni, rumah tradisional Bali hasil warisan leluhur yang turun-temurun sampai masa sekarang. Wajar bila rumah tradisional khas Bali sebagai rumah idaman. Ketika melihat rumah di Bali atau dimanapun, mereka sudah beranggapan bahwa jenis banguanannya berasal dari Bali atau khas Bali.

Kalau orang sudah bisa menentukan rumah yang dilihat sebagai rumah khas Bali, berarti rumah khas Bali berhasil dikenalkan dengan baik ke banyak mata orang.

Sehingga fungsi rumah yang sudah terbangun sebagai upaya membangun citra Bali, citra khas Bali. Karena dalam membangun rumah selalu mengedepankan rumah tradisional idaman Bali.

Fungsi Rumah di Bali untuk Daya Tarik Wisata

Fungsi melestarikan membangun rumah khas Bali, baik rumah arsitektur tradisional atau arsitektur bali modern, adalah untuk membangun daya tarik wisata. Bali memang sudah terkenal dengan wisata budaya, tidak hanya sekedar wisata pantai. Dalam hal ini tercermin pada bangunan rumah dan ritualnya.

Menjual daya tarik Bali untuk wisatawan yang paling nyata adalah lewat hal-hal yang berbentuk fisik (benda terlihat), terutama rumah-rumah di Bali. Ketika ada pementasan seni, tempat yang tepat untuk pertunjukkan tentu di dalam gedung/bangunan yang kental arsitektur Bali-nya.

Tidak aneh, bila banyak rumah villa di Bali modern yang tetap mendesain khas Bali.

Fungsi Rumah sebagai Tanggungjawab Melindungi Keluarga

Kali ini fungsi rumah di Bali lebih kepada fungsi umum rumah.

Sebagai kepala keluarga, tentu harus bertanggungjawab menyediakan rumah sebagai upaya melindungi keluarga. Ya, fungsi rumah memang untuk perlindungan, baik dari panas atau hujan. Perlindungan lain tentu agar hal privasi tidak diketahui orang lain, terutama saat berhubungan intim.

Sebagian masyarakat memiliki rumah namun jauh dari kesan layak huni, minim dalam memberikan perlindungan. Padahal, fungsi rumah adalah untuk melindungi keluarga. Namun, membangun rumah seperti ini sudah sebagai bukti pertanggungjawaban suami. Terpenting, rumah memberikan perlindungan sekalipun hanya saat tidur.

Fungsi Rumah untuk Investasi di Bali

Bagaimana fungsi rumah untuk investasi? Ketika rumah berada di kawasan wisata di Bali, tentu nilai investasinya mahal. Sepanjang tahun bisa saja mengalami kenaikan harga rumah. Kalaupun lambat dalam kenaikan harga rumah, penghasilan dari penyewaan rumah bisa diraihnya. Karena di Bali sendiri banyak wisatawan yang membutuhkan hunian rumah.

Posting Komentar untuk " Fungsi Rumah di Bali Di Tinjau dari Beberapa Kepentingan"