Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Penginapan yang Ada di Tempat Liburan

Tempat liburan atau bisa disebut tempat wisata, biasanya ada jenis-jenis penginapan yang melengkapi tempat liburan, mulai dari hotel, villa dan sebagainya. Biasanya, tempat liburan yang tersedia beberapa jenis-jenis penginapan adalah tempat liburan yang memang bernuansa wisata alam.

Sumber:gunnisoncrestedbutte.com

 

Sebagian aktifitas liburan memang ada yang membutuhkan waktu khusus untuk melakukan istirahat di malam hari, seperti berlibur di puncak, di pegunungan, di pantai dan sejenisnya. Di sinilah beberapa jenis penginapan ditawarkan agar mereka bisa beristirahat sejenak tanpa perlu pergi jauh mencari penginapan.

1. Jenis Penginapan Hostel

Hostel adalah jenis penginapan seperti asrama. Jadi, ruangan tidur, kamar mandi dan lainnya memang diperuntukkan untuk bersama. Tempat tidur berbentuk bunk bed. Tidak heran, bila di dalam satu kamar terdapat beberapa traveler. Karena itu, harga sewa pun murah.

Memang, tempat tidur di hostel agak beresiko untuk keamanan. Tetapi, penginapan ini hanya untuk sementara, sekedar melepas penat di malam hari.

Jenis penginapan hostel bisa ada di kawasan wisata yang banyak dikunjungi anak muda. Bisa jadi sejenis hostel memang sengaja untuk dimanfaatkan kalangan muda. Walaupun begitu, ada juga penyewa yang sudah lanjut usia.

2. Jenis Pengiapan Bed & Breakfast

Bila anda ingin rumah penginapan, bisa mengandalkan jenis penginapan bed & breakfast. Memang, rumah penginapan ini agak mirip dengan villa. Bedanya dengan villa, bed & breakfast lebih kepada rumah penginapan yang menggunakan standar hotel, baik tempat tidur dan sarapannya. Kalau villa, penyewa mengatur sendiri tanpa standar hotel.

Jenis penginapan bed & breakfast banyak sekali di Bali. Bali memang kawasan top wisata yang terkenal dengan pantainya. Wisata pantai memang serasi disandingkan dengan jenis penginapan bed & breakfast.

3. Jenis Penginapan Guesthouse

Guesthouse sama seperti anda tinggal di rumah saudara anda sendiri. Penyewa berkesempatan tinggal bersama pemilik. Memang, penginapan seperti ini agak risih untuk mereka yang balum saling mengenal. Namun itulah fakta yang terjadi bahwa ada jenis penginapan guesthouse.

Namun apakah semua penginapan guesthouse akan tinggal bersama pemilik rumahnya? Terlepas ada pemilik rumah atau tidak, yang jelas, guesthouse hampir sama dengan bed & breakfast.

Perbedannya lebih kepada pengelolaan penginapan. Bed & breakfast menggunakan pengelolaan standar hotel. Sedangkan guesthouse lebih kepada pengelolaan ala pemilik rumah. Namun, penyewa tidak mendapatkan fasilitas di dalam guesthouse.

4. Jenis Penginapan Resort

Resort menghadirkan suasana penginapan yang natural. Lokasi resort kebanyakan di pinggir pantai atau pegunungan. Resort dibangun di atas tanah yang luas. Biasanya, bangunannya dikelilingi pepohonan dan pemandangan indah lainnya.

Sarana dalam resort sendiri banyak seperti kolam renang, taman bermain bahkan pusat perbelanjaan. Bisa dibilang, jenis penginapan resort mengutamakan fasilitas rekreasi.

5. Jenis Penginapan Villa

Apakah villa, guesthouse dan bed & breakfast memiliki kesamaan? Sekilas memang tidak ada yang berbeda. Perbedannya kemungkinan dalam segi cara menyewanya. Kalau villa, cara menyewanya lebih kepada bangunan seutuhnya. Hal ini yang membuat penyewa villa seperti di dalam rumah sendiri.

Hanya saja, banyak pemilik villa menentuan harga sewa villa lebih berfokus pada jumlah kamarnya dan per malamnya. Penyewaan seperti ini banyak diterapkan, khususnya villa di Bali. Biasanya villa berharga murah yang hanya mematok harga per kamar.

Terlepas dari bagaimana operasional, villa sendiri terbangun di kawasan yang hening, jauh dari keramaian. Walaupun begitu, villa dibangun di kawasan wisata seperti di Bali.

6. Jenis Penginapan Hotel

Ketika para turis ingin berkunjung ke Bali, yang paling pertama dipesan adalah hotel daripada tempat penginapan lainnya. Maka dari itu, wajar kalau di bali banyak sekali hotel. Hal ini untuk menampung banyak wisatawan asing dan juga lokal.

Hotel merupakan jenis penginapan yang paling populer di kawasan wisata. Alasannya, hotel memang serius diurus dengan manajemen perhotelan. Tim yang melakukannya juga hasil lulusan perhotelan.

Posting Komentar untuk " Jenis-jenis Penginapan yang Ada di Tempat Liburan"