Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Rumah Susun untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Ada beberapa keuntungan rumah susun untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Tentunya, ini bukan hanya persoalan masyarakat penghuni rumah susun yang mendapat keuntungan. Lebih jauh, kehadiran rumah susun ada keuntungan tersendiri untuk beberapa hal. Pembangunan rumah susun sebagai solusi atas beberapa masalah di kota yang memiliki kepadatan penduduk.

Sumber:uproptiger.com


Berikut beberapa keuntungan jenis rumah susun untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

1. Rumah Susun Mengurangi Bangunan Rumah Pinggir Sungai

Pada awalnya, banyak rumah yang dibangun di pinggir sungai. Hal ini yang berpotensi memunculkan masalah tersendiri seperti sampah dan pemandangan tidak indah. Karena itu, pemerintah daerah menawarkan tempat di rumah susun.

Hal lain, di area sungai akan ada upaya melebaran sungai yang mengharuskan untuk penggusuran bangunan.

Dengan kehadiran rumah susun, banyak masyarakat yang terbantu. Lahan yang terbilang mahal bukan jadi permasalahan lagi kalau sudah berpindah ke rumah susun. Rumah di pinggir sungai pun semakin berkurang, bahkan tidak ada.

2. Rumah Susun Membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Jenis rumah susun yang khusus untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah adalah rusunami dan rusunawa. Karena ada beberapa jenis rumah susun yang bukan untuk kepentingan masyarakat berpenghasilan rendah.

Jadi, kehadiran rumah susun memang disengajakan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah.

Ada batas waktu pemanfaatan pada rumah susun. Selama tidak ada perkembangan penghasilan, masyarakat berhak menghuni. Namun, ketika ada perkembangan penghasilan menjadi lebih baik, masyarakat diminta untuk mencari rumah lain, seperti apartemen dan lainnya.

3. Solusi Mengatasi Penyempitan Lahan di Perkotaan

Rumah susun bukan hanya jenis rusunawa atau rusunami. Tetapi ada banyak jenis rumah susun seperti apartemen dan lainnya. Tujuannya bisa sebagai solusi untuk mengatasi penyempitan lahan.

Kalau tidak ada rumah susun, banyak lahan yang terpakai hanya untuk bangunan. Tentunya, kota padat penduduk akan semakin menipis ruang terbuka hijaunya. Mau tidak mau, solusi rumah susun harus hadir untuk mensiasati lahan agar tidak beralih fungsi, dari lahan hijau ke bangunan.

4. Terhindar dari Banjir

Masyarakat yang terbiasa berlangganan banjir akan teratasi dengan kehadiran rumah susun. Kalau rumah susun berpotensi terkena banjir, tentu bisa diatasi dengan membangun bendungan. Bangunan rumahnya tidak akan terkena banjir. Jadi, rumah susun memiliki keuntungan untuk terhindar dari langganan banjir.

Rumah susun terhindar dari banjir tentunya akan dirasakan langsung oleh masyarakat yang tinggal di rumah susun. Hal ini tidak akan dialami bagi masyarakat yang belum menikmati rumah sususn.

5. Keadaan Rumah Susun Jauh Lebih Aman

Komplek perumahan memang sering dihandui oleh penjahat malam atau biasa disebut maling. Karena itu, banyak pemuda melakukan ronda di pos kamling (keamanan lingkungan). Yang menjadi masalah, perumahan yang dimasuki maling adalah rumah masyarakat berpenghasilan rendah. Hidup sudah miskin, barang berharga mereka dicuri maling.

Berbeda bila masyarakat sudah tinggal di perumahan susun atau rumah susun,  lingkungan rumahnya memang bisa terkontrol. Ada pihak penjaga untuk mengawasi. Bangunanya pun bertingkat. Semakin tinggi lokasi rumah, semakin aman dari maling. Mereka yang berniat masuk ke rumah untuk mencuri pun merasa kesulitan. Hal ini menjadi poin plus tersendiri dari rumah susun.

6. Dekat Dengan Tempat-Tempat Penting Yang Dibutuhkan

Pemerintah dalam membangun rumah susun untuk masyarakat berpenghasilan rendah tetap memperhatikan aspek kepentingan yang lain seperti tempat pendidikan, bisnis, kesehatan, hiburan. Hal ini tentunya sangat disambut masyarakat. Karena tanpa didukung aspek kepentingan yang lain, hanya berfokus pada rumah susun, banyak masyarakat enggan menempati rumah susun.

Pemerintah bisa mengalami kerugian besar bila masyarakat banyak yang tidak tertarik.

Sebagai contoh sederhana, bagaimana pemilik rumah susun lantai atas ketika membutuhkan stok makanan? Hal ini tentu harus dijawab dengan menghadirkan tempat berbelanja.

Bagaimana anak-anak berangkat sekolah? Tentunya, mereka ingin bersekolah ke tempat yang dekat rumahnya. Hal ini memang perlu diperhatikan dalam membangun rumah susun.

Posting Komentar untuk "Keuntungan Rumah Susun untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah"