Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pondasi Rumah Mengamankan Harga Jual

Apa maksud cara membuat pondasi rumah mengamankan harga jual? Membuat pondasi rumah bertujuan untuk mengamankan bangunan rumah di bagian atasnya. Membuat pondasi yang tidak kuat bisa merusak rumah. Bila sudah rusak karena persoalan pondasi, nilai jual rumah menjadi turun. Jadi, cara membat pondasi harus bisa menjaga nilai jual rumah.

Sumber:reinbrechthomes
 

Karena membuat pondasi rumah sangat penting untuk keselamatan properti rumah anda, perlu cara bagaimana membuat pondasi yang kokoh, yang bisa menjaga properti rumah. Pada akhirnya, properti kokoh bisa menguatkan harga jual.

Cara Membuat Pondasi Rumah Sederhana


Walaupun anda membangun satu lantai, bukan berarti anda mengabaikan dalam membuat pondasi rumah. Hal ini banyak dilakukan pemilik rumah demi penghematan biaya. Padahal, efek penghematan biaya bisa mengakibatkan kemungkinan kerugian yang lebih besar.

1. Membuat pondasi dangkal lantai 1 

Rumah 1 lantai cukup membuat pondasi dangkal. Pondasi dangkal tidak dikisaran 30 cm. Ini tidak cukup. Pondas dangkal memiliki ukuran sekitar 60 cm atau 80 cm. Ini sudah cukup untuk mengokohkan rumah.

Pondasi dangkal yang langsung ke tanah biasanya tanpa menggunakan ceker ayam sebagai penguatnya. Atau, bisa menggunakan ceker ayam agar lebih mengamankannya. Pembuatan cor semennya berbarengan dengan pembuatan sambungan pondasinya.

2. Mengatasi keretakan pada batasan bangunan pondasi batu kali

Masalah pondasi rumah batu kali yaitu ketika tanpa kekuatan ceker ayam atau beton di atas tanah. Biasanya, bangunan batu kali untk meninggikan bangunan. Resikonya, bangunan batu kali tidak menyatu dengan bagian pondasi atas, ada bentukan celah keretakan. Ketika keretakan sambungan bangunan batu kali makin parah, bisa membahayakan bangunan rumah.

Untuk mengatasinya, perlu membuat pondasi baru di bagian yang bermasalah agar bisa menyatu kembali. Upaya ini untuk tidak semakin parah. Bisa jadi bangunan bisa miring bila tidak ditangani segera.

Cara Membuat Pondasi Rumah Lebih dari 2 Lantai

Semakin tinggi banggunan, kekokohan pondasi harus semakin meningkat. Pondasi yang digunakan harus pondasi ceker ayam atau istilah lainnya pondasi footplat.

Pondasi footplat ditemukan oleh Prof Sedyatmo seperti yang dilansir laman Kompas. Pada awalnya memang untuk menyiasati bagaimana membuat bangunan di tanah yang masih lembek. Lalu tercetus membuat pondasi yang sudah terkenal sekarang dengan sebutan unik: pondasi ceker ayam.

Jadi, bila rumah berencana ingin dibangun rumah beberapa lantai atau tanpa rencana pembangunan lantai bertingkat, pondasi ceker ayam jangan sampai diabaikan.

1. Menggunakan pontasi ceker ayam (footplat)

Untuk membuat pondasi ceker/cakar ayam atau disebut, memiliki kedalaman sampai 130 cm atau 2 meter. Ini untuk satu lantai. Semakin memiliki banyak lantai, kedalamannya harus memiliki lebih dari sekedar 2 meter. Bahkan kedalaman pondasinya ada yang 150 cm untuk membangun 2 lantai. Besi yang digunakan pun bukan besi kecil, bergantung bagaimana jumlah lantainya.

2. Kelebihan pondasi ceker ayam (Footplat)

Kelebihan pondasi ceker ayam sudah dirasakan banyak pembangunan properti. Mulai dari pembangunan lantai satu sampai dua lantai, pondasinya menggunakan pondasi footplat atau ceker ayam.

Penemuan pondasi cakar ayam justru bermula pada saat membangun bangunan di tanah yang masih lembek. Jadi wajar bila kelebihan footplat atau cakar ayam yaitu bisa dibangun di tanah yang kurang kokoh.

Kelebihan lain yaitu tidak membutuhkan drainase lagi. Sistem drainase biasanya untuk menangani masalah air. Artinya, ketika rumah terbangun kokoh tanpa pondasi. Ketika rumah menggunakan pondasi yang bagus, sikap anda bisa bebas.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pondasi Rumah Mengamankan Harga Jual"