Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Rumah Tapak, Kelebihan, dan Kekurangan

Apakah anda selama ini belum pernah mendengar atau mengetahui pengertian rumah tapak? Bila belum pernah, di sini akan mencoba membahas tentang pengertian rumah tapak, kelebihan, dan kekurangan. Bila anda sudah pernah mengetahui istilah ini, bisa juga melihat penjelasan detailnya.

Sumber:kumparan.com
 
 

Pengertian Rumah Tapak dan Perbedaannya dengan Rumah Susun

a. Pengertian rumah

Pengertian rumah adalah bangunan untuk tempat tinggal atau bangunan yang memiliki sifat untuk tempat tinggal. Soalnya, ada beberapa rumah yang tidak digunakan untuk tempat tinggal melainkan untuk tempat penginapan sementara.

b. Pengertian tapak

Sedangkan pengertian tapak menurut KBBI adalah bidang kaki sebelah bawah. Kalau digunakan untuk pengertian rumah tapak, tapak bisa diartikan dengan bidang pondasi yang bagian bawah. Atau, bahasa lainnya, pondasi yang berpijak, bertumpu di atas pijakan.

c. Pengertian rumah tapak dan perbedaan dengan rumah susun

Dari pengertian rumah dan tapak, maka rumah tapak bisa dikatakan sebuah istilah semata. Istilah ini membangun pengertian untuk rumah tapak.

Jadi, arti rumah tapak adalah rumah yang berpijak, bertumpu atau berdiri langsung pada tanah (tempat pijakan) yang dimiliki oleh satu pemilik sekalipun memiliki 3 lantai. Pemilik memiliki hak milik pada tempat pijakan yaitu tanah.

Pengertian rumah tapak kebalikan dari rumah susun.

Rumah susun adalah rumah yang disusun vertikal walaupun hanya memiliki 2 atau 3 lantai. Unit di dalam lantai rumah susun dimiliki oleh beberapa orang, bergantung jumlah unit yang dibangunnya. Karena dimiliki beberapa orang secara vertikal, pemilik rumah susun tidak diberikan hak memiliki tempat tapak atau tempat pijakan yaitu hak tanah.

Kelebihan Rumah Tapak

Punya rumah sendiri yang sempurna kepemilikan rumahnya adalah punya rumah tapak. Mereka memiliki hak tanah dan bangunanya. Karena itu, mereka dibebankan pajak.

Berikut kelebihan punya rumah tapak hasil membeli atau membangun.


a. Tanah bisa dijadikan investasi

Tanah rumah tapak bisa menjadi investasi tersendiri di samping bangunanya. Ketika ada musibah yang menghancurkan rumah, tanah masih dalam keadaan aman dalam investasi. Ketika mau menjual tanah, harga jualnya masih utuh. Padahal, banguannya rusak.

b. Lingkungan yang lebih sehat

Apartemen atau rumah susun sering kali ada ruangan yang tidak bisa dijangkau matahari dan suasana lingkungan yang menyehatkan lainnya.

Bagaimana dengan rumah tapak? Tentunya, jauh lebih baik rumah tapak karena bisa tersorot sinar matahari dan lingkungan menyejukkan yang di sampingnya terdapat taman.

c. Lebih bebas

Asalkan anda memiliki tanah yang dibuat untuk rumah dan area taman, anda sudah memiliki area kekebasan untuk memanfaatkannya seperti menanam pohon, memelihara ikan, atau dijadikan tempat olahraga.

Di apartemen atau rumah susun, area tempat tinggal anda tidak dibolehkan untuk menamam pohon, memelihara ikan dan lainnya. Intinya, ada aturan yang terikat.

d. Pengeluaran rumah lebih sedikit

Pengenai pengeluaran bulanan memang bergantung aturan dari RT atau RW. Ada beberapa wilayah yang memang tidak memungut biaya apapun, termasuk biaya membuang sampah.

Tetapi kalau di apartemen atau rumah susun biasanya ada keharusan membayar bulanan.

Itu artinya, menghuni di rumah tapak jauh lebih murah daripada apartemen atau rumah susun.

Memang, rumah tapak memiliki beban pajak karena kepemilikan tanahnya. Hal ini wajar, karena setiap tanah pasti akan dikenai pajak.

Kekurangan Rumah Tapak

Beberapa kekurangan rumah tapak pun pasti ada walaupun sebenarnya rumah yang paling diminati banyak orang.

a. Lahan kosong mudah habis

Prinsip rumah tapak adalah bangunannya yang horizontal mengikuti lahan kosong yang ada, yang cocok untuk dibuat rumah. Makanya, rumah tapak sangat tidak cocok di daerah perkotaan padat pendudak, wilayah para perantau, wilayah bisnis.

Tentunya, semakin banyak rumah tapak, pengalihfungsian lahan semakin meluas. Kondisi ini bisa membahayakan di wilayah petanian, perkebunan.

b. Harga jualnya jauh lebih mahal

Mengapa rumah tapak mahal? Karena ada harga tanahnya. Bangunanya dibeli, tanahnya juga dibeli. Harga rumah tapak subsidi saja bisa menghabiskan banyak uang.

Kalau rumah susun atau apartemen, harga jualnya hanya pada bangunanya saja.

Demikianlah pembahasan mengenai rumah tapak,baik pengertian, kelebihan dan kekurangan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Rumah Tapak, Kelebihan, dan Kekurangan"