Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuka Rumah Penginapan agar Layak Dipublikasi

Apakah anda butuh tips membuka rumah penginapan agar layak dipublikasi? Pembahasan ini bisa untuk anda yang berniat menjadikan rumah pribadi sebagai rumah penginapan. Atau, anda sengaja membuka bisnis rumah penginapan profesional sehingga membutuhkan tips penting agar bisa untung dan terkenal.

Sumber:uniqhotels.com

 

Langsung saja, berikut beberapa tips bagaimana membuka rumah penginapan agar untung maksimal.

Memahami Kebutuhan Rumah Penginapan

Rumah penginapan berbeda dengan rumah kontrakan atau rumah sewa. Walaupun sebenarnya keduanya sama-sama menggunakan sistem penyewaan. Perbedaannya terletak pada pemanfaatannya. Rumah penginapan digunakan untuk menginap yang sifatnya sementara. Sedangkan rumah kontrakan atau rumah sewa digunakan untuk tempat tinggal.

Karena rumah penginapan digunakan untuk kebutuhan menginap sementara, perlu lokasi atau tempat yang strategis untuk membuka rumah penginapan.

Lokasi yang strategis untuk membuka rumah penginapan yaitu di lokasi wisata. Ini yang perlu diperhatikan ketika anda mau membeli atau membangun properti rumah penginapan.

Membuka Rumah Penginapan di Lokasi Wisata Strategis

Tidak semua kawasan wisata cocok untuk membangun rumah penginapan. Ketika banyak penginapan seperti villa, indekos dan penginapan pribadi lainnya di kawasan wisata, dengan penawaran harga minimal satu malam, di sinilah kawasan wisata yang cocok untuk membuka rumah penginapan.

Sebagai misal anda ingin membuka rumah penginapan villa di Bali. Secara umum, Bali sudah terkenal dengan wisata skala internasional. Hanya saja, apakah di salah satu tempat wisata yang ada di Bali memiliki banyak tempat penginapan pribadi atau rumah penginapan? Kalau tidak banyak, lebih baik anda mencari tempat wisata lain di Bali.

Pastikan rumah penginapan di area tempat wisata itu sendiri. Atau setidaknya, rumah penginapan bisa dijangkau kendaraan bermotor dalam waktu beberapa menit saja.

Merenovasi Bangunan Rumah yang Instagramable

Catatan melakukan renovasi apabila bangunan rumah belum diangap layak sebagai rumah penginapan. Hal ini bisa berpatokan pada desain rumah penginapan di tempat lain yang sudah berjalan.

Anda bisa merenovasi rumah penginapan yang instagramable yang membuat penyewa merasa percaya diri mempublikasikan rumah penginapannya. Hal ini penting untuk publikasi atau iklan gratis.

Sekarang ini era teknologi digital. Salah satunya kehadiran ponsel yang berfungsi sebagai kamera dengan kualitas terbaik. Kalau si penyewa merasa tertarik dengan rumah penginapannya, mereka tidak malu untuk mempublikasikannya. Hasil fotonya pun akan terlihat memukai. Ini menjadi poin plus tersendiri dalam mengiklankan rumah penginapan.

Pada intinya, renovasi rumah berguna untuk menampilkan rumah yang menarik, enak dipandang dan bisa membuat penyewa merasa pecaya diri mempublikasikannya.

Menentukan Pilihan Market Rumah Penginapan

Penentuan masalah market bergantung kesanggupan anda membuka rumah penginapan. Bisa jadi anda hanya sanggup untuk membangun rumah penginapan khusus untuk anggota keluarga. Kalau bisa menambah market seperti untuk pasangan suami-istri yang berbulan madu, ini jauh lebih baik dalam segi mendapatkan penghasilan berlipat.

Tetapi, ada baiknya membuka rumah penginapan lebih kepada untuk penginapan anggota keluarga. Minimal memiliki kamar untuk 5 orang. Hal ini jauh lebih baik karena harganya lebih terjangkau untuk si penyewa.

Ketika properti rumah penginapan ingin dijual, anda bisa menarget peminat rumah secara luas. Hal ini karena kebutuhannya untuk keluarga.

Pastikan suasana wisata memang mendukung untuk kebutuhan wisata keluarga. Tujuannya agar serasi dengan rumah penginapannya yang berfokus untuk market keluarga.

Mengikuti Harga Pasaran Rumah Penginapan

Mengikuti harga pasaran setidaknya agar mendapat perlakuan yang sama. Ketika banyak peminat rumah penginapan di lokasi wisata, rumah penginapan anda akan menjadi pilihan. Karena harganya mengikuti harga pasaran, mereka tidak ragu untuk memesan. Bahkan bisa menjadikannya tempat berlangganannya.

Mengikuti harga pasaran tidak harus selalu sama angkanya. Setidaknya, perbedaannya sekitar puluhan ribu. Bila rumah penginapan di tempat lain dihargai sekitar 200.000 per kamar per malam, anda bisa mematok harga seperti 180.000 atau 220.000 per kamar per malam.

Setidaknya, meriset rumah penginapan secara online perlu dilakukan. Ini untuk memastikan apa saja penawaran yang akan didapatkan penyewa sesuai harga yang ditetapkan.

Posting Komentar untuk "Tips Membuka Rumah Penginapan agar Layak Dipublikasi"