Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Developer Rumah dari REI Bali

Tips memilih developer rumah memang mudah. Hanya saja, banyak orang yang masih tertipu dengan developer bodong. Hal ini pun terjadi di Tabanan, tahun 2018, yang membuat pihak REI Bali merasa geram pada oknum yang sudah melakukan penipuan. Karena itu ada beberapa tips memilih developer rumah dari REI Bali untuk bisa anda gunakan agar terhindar dari penipuan.

 

Sumber:99.co



Developer rumah bodong biasanya lebih menarget pada proyek rumah subsidi dalam menjalankan aksi. Rumah subsidi harga penawaran rumahnya cukup murah dengan cicilannya yang murah juga. Apalagi, developer rumah menawarkan jenis rumah inden, tentunya jauh lebih bisa dijangkau dalam pembeliannya.

Meningkatkan Kejelian Memilih Developer Rumah

Kelengahan dalam memilih developer rumah bisa saja terjadi sekalipun mengetahui bagaimana seharusnya memilih developer rumah. Faktor ini yang membuat korban penipuan developer bodong selalu saja ada. Untuk itu, REI Bali mengingatkan lebih jeli dalam memilih developer sebelum membeli rumah subsidi atau lainnya.

Biasanya, faktor ketidakjelian karena minimnya infomasi yang didapatkan. Kondisi ini dapat dimaklumi karena pembelian rumah cukup sekali saja untuk seumur hidup. Mereka bisa beranggapan, informasi sedikit persoalan membeli rumah masih bisa ditangani dengan baik.

Menanyakan Prihal Legalitas Developer Rumah dan Proyek Rumahnya

Mengetahui developer rumah tidak menipu atau tidak, bisa dibilang dengan cara yang mudah yaitu mengetahui status legalitas developer itu sendiri dan juga legalitas lainnya dalam pengerjaan proyek. Hal ini sesuai yang disarankan REI Bali dalam memilih developer rumah yang bisa dipercaya.

Hanya saja, penipu seperti sudah punya jurus agar si konsumen tidak mempertanyakan hal penting yang disarankan REI Bali yaitu mempertanyakan legalitasnya. Bisa jadi, mereka yang tertipu karena tidak enak untuk mempertanyakannya. Mereka beranggapan, bila bertanya legalitas dikhawatir sedang menuduh penipuan.

Walaupun konsumen sudah bertanya soal legalitas developer rumah dan legalitas lainnya yang lengkap, penipu bisa saja menjawab dengan enteng untuk meyakinkan seperti “izinnya masih dalam proses” atau kalimat sejenisnya.

Menurut REI Bali, bila sudah menjawab meragukan seperti itu, lebih baik menunda terlebih dahulu pembelian rumah walaupun developer memang sedang mengupayakan perizinan.

Cek Status Legalitas Developer Rumah

Perkataan developer rumah atau timnya bisa saja tidak sesuai kenyataan. Anda bisa percaya dengan developer bodong dengan fakta-fakta yang fiksi seperti legalitas yang dipalsukan dan sebagainya.

Untuk itu, bila mau, anda bisa mengecek legalitas developer walaupun untuk sebagian orang agak kesulitan.

Berikut cara mengecek legaitas developer:

1. Lewat sireng

Sireng adalah singkatan dari Sistem Registrasi Pengembang. Jadi, pengembang atau developer rumah yang ter-register bisa sebagai acuan atau modal dasar memilih developer.

Caranya cukup mudah untuk mengecek kevalidan legalitas pengembang:

  • Kunjungi situs sireng.pu.go.id
  • Klik NPWP atau nam pengembang/developr
  • Isi dengan keyword yang anda inginkan: NPWP atau nama developer

Dari sini, anda bisa mengetahui apakah pemilik NPWP sudah terdaftar atau belum. Kalau sudah terdaftar akan ditemukan nama developer, asosiasi, alamat dan status.

2. Lewat asosiasi

Setiap pengembang perumahan biasanya memiliki asosiasi seperti halnya REI Bali, yang tergabung dalam REI (Real Estate Indonesia). Untuk itu, untuk mengetahui legalitas pengembang perumahan, bisa menghubungi pihak asosiasi, contoh dalam hal ini REI.

Tentunya, anda bisa menanyakan terlebih dahulu asosiasi pengembang berasal dari mana. Hal ini untuk langkah pengecekan.

Lewat situs Sireng, ada beberapa asosiasi yang bisa dihubungi untuk menanyakan lebih lanjut soal pengembang perumahan yang tergabung dalam asosiasinya. Bila pengembang bergabung dalam REI, bisa menghubungi pihak REI.

Pembuktian Proyek Tidak Sekedar Memberikan Gambar

Kata pihak REI Bali, developer abal-abal, bodong, biasanya hanya memberikan gambar rumah tanpa kejelasan proyek. Bahkan, ada developer bodong yang tidak memiliki proyek sama sekali.

Untuk itu, anda bisa memfokuskan pada developer yang real memberikan gambaran rumah. Memberikan gambaran rumah bukan sekedar memberikan gambar, melainkan disertai penjelasan proyeknya.

Memilih Developer Rumah yang Sudah Bekerjasama dengan Bank

Untuk lebih meyakinkan, tips memilih developer rumah yang terpercaya yaitu melalui developer yang sudah bekerjasama dengan bank untuk pengkreditannya.

Beberapa developer rumah memang ada yang tidak diberikan kesempatan untuk bekerjasama dengan pihak bank. Masalah ini bukan bersoalan bodong atau tidaknya, berniat menipu atau tidak. Lebih kepada, developer belum memiliki nilai keuntungan yang bisa dipercaya bank.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Developer Rumah dari REI Bali"