Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Untuk Beli Rumah di Bali

Bagaimana cara menabung untuk beli rumah di Bali? Walaupun cara menambung kurang efektif dalam hal membeli rumah, perlu juga membahasnya barangkali ada sebagian orang yang menginginkan menambung dalam mendapatkan rumah idamannya di Bali.

Sumber: prospeku.com

 

Dalam kasus menabung untuk beli rumah idaman, perlu menghadirkan lokasi pembelian rumah guna menyesuaikan harga jual rumah, minimal tanah, agar jumlah menabungnya bisa terarah. Dalam ini, pemilihan lokasi Bali untuk rumah idamannya.

Menentukan Target Waktu Menabung untuk Beli Rumah

Cara menabung untuk membeli rumah, khususnya membeli rumah di Bali, bukan cara yang efektif untuk mendapatkan rumah. Mengapa? Karena membiarkan harga terus naik tiap tahun. Semakin lama menabung, rumah yang diinginkan semakin mahal.

Bila ingin menentukan target waktu menabung, setidaknya tidak membutuhkan waktu lama. Berapa tahun? Tentunya, ini bergantung kecepatan kenaikan harga sebuah rumah.

Di lokasi wisata di Bali, bisa jadi tiap tahun mengalami kenaikan harga rumah. Karena perkembangan kenaikan harganya cepat, otomatis jangka waktu menabungnya harus dipercepat.

Menambung Per Bulan Sesuai Kemampuan untuk Beli Rumah

Seorang pegawai sudah pasti memiliki gaji. Ini bisa jadi bekal menabung. 

Namun, pengusaha belum tentu memiliki gaji. Alangkah baiknya, pengusaha menggaji diri sendiri tiap bulannya agar bisa mengontrol pengeluaran yang tidak mengganggu bisnis. Dalam hal ini, pengeluaran untuk menabung tidak sampai sebagai gangguan perjalanan bisnis.

Menabung per bulan sesuai kemampuan erat kaitannya dalam target membeli rumah. Di Bali, anda mau membeli rumah tipe apa? Tentunya, semakin besar tipe rumah yang akan dibeli, jumlah penghasilan per bulannya seharusnya lebih besar agar bisa menabung lebih besar.

Bagaimanapun kondisi keuangan anda, tetap harus menabung uang sebagai cara untuk membeli rumah.

Jangan Menunggu Hasil Sempurna, Pilih Cara KPR Rumah

Cara menabung adalah mengangsur atau mencicil uang ke dalam tabungan sampai besar untuk kebutuhan tertentu. Proses ini, ada sistem cicilan walaupun tidak terikat pencicilan hutang apapun.

Sekilas, cicilan menabung agak seperti sistem cicilan dalam KPR. Perbedaannya hanya pada transaksi di awal, apakah sebagai tabungan atau cicilan hutang.

Karena cara menabung uang untuk beli rumah sama seperti ketika mencicil KPR rumah, bisa saja anda langsung beli rumah dengan cara KPR. Artinya, anda tidak menunggu lama memenuhi uang tunai agar bisa beli rumah tanpa KPR.

Dengan KPR, prosesnya akan sama dengan menabung yaitu pencicilan uang. Bila sama, mengapa harus menunggu sempurna dalam menabung untuk beli rumah?

Namun bergantung selera anda, apakah mau mengambil KPR atau tidak. Yang jelas, mengambil pembelian rumah hasil menabung jangan sampai menunggu sempurna.

Memperbesar Jumlah Tabungan untuk Beli Rumah Tipe Kecil

Pembahasan “memperbesar jumlah tabungan untuk beli rumah tipe kecil” adalah sebuah cara berpikir efektif semata.

Kalau memperbesar tipe rumah namun memperkecil jumlah tabungan, tentu akan memperlambat pembelian rumah. Kecuali, anda hanya berniat menabung semata, barangkali bisa sampai membeli rumah.

Umumnya, ada upaya mempercepat terkumpulnya uang dengan mengambil langkah pembelian rumah yang lebih murah yaitu tipe lebih kecil.

Seadainya anda mau beli rumah hasil menabung dengan harga 500 juta, berapakah jumlah ideal menabungnya? Anda bisa menentukan sendiri jumlah idealnya sesuai kemampuan dan niat anda.

Katakanlah, anda ingin mendapatkan uang 500 juta dalam waktu 5 tahun. 500 juta : 5 = 100 juta. 100 juta : 12 = 8 juta. Anda harus menabung uang sekitar 8 juta+ tiap bulan agar bisa terkumpul 500 juta dalam waktu 5 tahun.

Apakah jumlah uang tabungan sebesar 8000.000 adalah jumlah ideal? Tentunya, anda bisa memutuskan hal ini, sesuai kemampuan dan niat anda.

Namun, anda bisa mempercepat mendapatkan rumah dalam waktu 2-3 tahun dengan mengambil tipe yang lebih kecil dengan tetap mempertahankan jumlah uang tabungan tiap bulan. Anda bisa membeli rumah seharga 200 jutaan atau 300 jutaan.

Memperbesar Jumlah Tabungan untuk Beli Rumah di Lokasi Murah

Pembahasan ini sama dengan pembahasan di atas. Perbedannya lebih kepada antara membeli rumah dengan tipe kecil dengan membeli rumah di lokasi murah.

Bisa jadi, antar wilayah di Bali memiliki harga rumah yang berbeda walaupun pada tipe rumah yang sama. Tipe 36 misalnya. Bisa jadi, rumah tipe ini berharga yang berbeda. Di lokasi Seminyak, bisa saja seharga 500 juta, misalnya. Sedangkan di lokasi Ubud, bisa saja dihargai 300 juta. Ketika anda bebas memilih, bisa memilih rumah yang ada di Ubud daripada di Seminyak.

Disiplin dalam Menabung untuk Beli Rumah

Arti disiplin menabung tidak seperti aturan cicilan dalam KPR. Arti disiplin menabung bisa dilakukan dengan cara mengisi bulanan sesuai jumlah yang sudah ditentukan besarannya, terlepas telat atau rutin cicilan menabungnya. Bila ada bulan yang terlewat belum mengisi cicilan bulanan, bisa di bayar di bulan berikutnya.

Pada intinya, disiplin memang menjadi syarat penting untuk menabung memiliki rumah.

Posting Komentar untuk "Cara Menabung Untuk Beli Rumah di Bali"